Activity

  • Faris Setiawan posted an update 2 weeks, 2 days ago

    MENGUNJUNGI BAPAU TELO DAN PT. YAKULT INDONESIA PERSADA

    KELOMPOK 3 :
    MUHAMMAD ULUL ALBAB 175020200111038
    BAGUS YOSI PRATAMA 175020200111043
    FARIS SETIAWAN 175020201111014
    LUTH FIANA EKA PRATAMA 175020201111031
    BAIQ YUNITA RAHMAH 175020201111039

    Kamis, 28 Maret 2019 Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya mengadakan Company Visit atau kunjungan lapangan ke Bapau Telo dan PT. Yakult Indonesia Persada. Company visit ini diikuti oleh tiga kelas yaitu, kelas Perilaku Organisasi yang diajarkan oleh Bu Nadiyah, kelas Laboratorium Kewirausahaan yang diajarkan oleh Pak Sigit dan kelas Manejemen Internasional yang diajarkan oleh Pak Erfan selaku dosen Manajemen FEB UB. Dalam kunjungan tersebut banyak hal yang bisa kami pelajari dan ambil manfaatnya. Salah satunya mengenai bagaimana mengubah atau membangun image bahan baku yang biasa saja menjadi mempunyai nilai yang lebih. Itulah yang kami pelajari saat berkunjung ke pabrik Bapau Telo.

    Saat berkunjung kami disambut dengan ramah oleh karyawan di sana. Diarahkan menuju venue dengan baik untuk menjelaskan sejarah dan perkembangan usaha Bapau Telo. Ada beberpa poin yang dapat kami ambil dari pemaparan materi yang disampaikan pihak Bapau Telo. Pertama, pendiri Bapau Telo yaitu pak unggul memiliki konsep atau pemikiran bahwa dia harus menjadi orang petani, dengan tujuan bagaimana dia dapat memiliki bisnis yang bergerak dari hulu hingga ke hilir. Kedua, bagaimana cara membranding image bahan atau suatu produk yang kurang memiliki nilai seperti telo ini. Untuk pak unggul membuat olahan makanan modern ini dari bahan dasar telo dan memasarkannya dengan memanfaatkan tekonologi (internet & sosmed).

    Telo sebagai bahan baku utama produk ini diproduksi atau ditanam sendiri. Setelah itu diolah menjadi beberapa jenis olahan makanan, seperti bapau telo, pia telo, kue-kue basah yang bahan dasarnya dari telo, bolu kukus telo dan ice cream telo. Untuk saat ini bapau telo masih memfokuskan pengembangan produknya hanya pada pengolahan makanan. Karna belum ada sumber daya yang memadai untuk mengelola telo menjadi produk kecantikan atau farmasi (obat obatan). Namun tidak menutup kemungkinan nantinya akan mengembangkan produk kearah sana.

    Selain ke Bapau Telo. Kami juga mengunjungi PT. Yakult Indonesia Persada, Mojokerto. Sama halnya dengan di Bapau Telo, di PT. Yakult sendiri juga menyambut kami dengan sangat ramah serta memberikan pelayanan dan fasilitas yang sangat baik pula. Kami diberikan beberapa materi yang berkaitan dengan sejarah Yakult (company profile) dan bahan-bahan pembuatan Yakult. Selain itu kami juga diajak berkeliling untuk melihat proses produksi Yakult, mulai dari pembibitan bakteri, ruang pelarutan, ruang pencampuran, ruang kulturan hingga proses pengemasan dan pengepakannya.
    Bakteri Lactobacillus Casei Shirotai Strain yang terdapat dalam kandungan Yakult ditemukan oleh Dr. Minoru Shirota pada tahun 1930. Seperti kita tahu bahwa PT. Yakult merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produsen minuman probiotik dengan menggunakan bakteri Lactobacillus Casei Shirotai Strain. Hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa bakteri tersebut baik untuk sistem pencernaan manusia, khususnya pada usus halus dan mencegah diare akut pada anak kecil. Dalam satu botol Yakult terdapat kurang lebih 6,5 miliyar bakteri Lactobacillus Casei. Untuk itu dengan mengkonsumsi Yakult tiap hari akan membantu sistem pencernaan kita berproduksi dengan baik dan tentunya baik juga untuk kesehatan.

    Dalam mendistribusikan produknya PT. Yakult memiliki dua cara. Pertama, Direct Sales, melayani pendistribusian ke tempat penjualan Yakult dalam sekala besar seperti supermarket, swalayan minimarket, took-toko, kantin, dan gerai lainnya. Kedua, yakult lady adalah para ibu rumah tangga yang terlebih dahulu dibimbing untuk menjalankan misi mengirimkan Yakult dengan kualitas terbaik langsung kepada pelanggan.

    Kesan yang sangat baik ditujukan untuk company visit kali ini, banyak hal yang dapat bisa dipelajari. Selain itu juga menambah wawasan kami mengenai bagaimana sistem produksi, pemasaran dan distribusi yang dilakukan suatu perusahaan.