Activity

  • Oline thasya harahap posted an update 4 months, 1 week ago

    MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK
    Oline Thasya Harahap / 185030701111009
    Kelas A / Ilmu Perpustakaan

    Dalam kamus Bahasa Indonesia (1990), pelayanan publik dirumuskan sebagai berikut : a. Pelayanan adalah perihal atau cara melayani. b. Pelayanan adalah kemudahan yang diberikan sehubungan dengan jual beli barang dan jasa. c. Pelayanan medis merupakan pelayanan yang diterima seseorang dalam hubungannya dengan pensegahan, diagnosa dan pengobatan suatu gangguan kesehatan tertentu. d. Publik berarti orang banyak (umum).
    Pelayanan publik merupakan segala bentuk layanan baik dalam bentuk jasa maupun barang yang ditujukan kepada masyarakat untuk membantunya menyelesaikan dan mempermudah segala urusannya yang menjadi tanggung jawab instansi pemerintah di pusat, daerah, BUMN, dan BUMD yang telah ditentukan dalam peraturan perundang-undagan.
    Pernyataan di atas juga didukung oleh pernyataan A.S Moenir (1995:7) yang menyatakan bahwa “Pelayanan umum merupakan suatu usaha yang dilakukan kelompok atau seseorang atau birokrasi untuk memberikan bantuan kepada masyarakat dalam rangka mencapai suatu tujuan tertentu”.
    Adapun pendapat lain yaitu menurut Inu Kencana Syafi’ie, dkk (1999:18) yang menyatakan bahwa pengertian pelayanan publik adalah “Sejumlah manusia yang memiliki kesamaan berfikir, perasaan, harapan, sikap dan tindakan yang benar dan baik berdasakan nilai-nilai norma yang mereka miliki”.
    Pendapat lainnya yaitu menurut Sinambela (2011:5) pelayanan publik diartikan sebagai pemberian layanan (melayani) keperluan orang atau masyarakat yang mempunyai kepentingan pada organisasi iti sesuai dengan aturan pokok dan tatacara yang telah ditetapkan.
    Sedangkan di dalam Undang-undang No 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik, mendefinisakan bahwa pelayanan publik adalah kegiatan atau serangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan 16 perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik.
    Pelayanan umum tidak selamanya diberikan oleh pemerintah, tetapi dapat pula diberikan oleh BUMN bahkan oleh swasta. Demikian pula objek yang dilayani dapat bersifat individual dan sekelompok masyarakat sebagai suatu keseluruhan. Pelayanan umum yang diberikan oleh pemerintah kepada warga negara sebagai individu tanpa melupakan pemberi dan penerima layanan yang lain.