Activity

  • Nabilla Anindita posted an update 2 months, 1 week ago

    Web hosting pelanggan terbanyak, Masterweb ?!

    Masterweb merupakan salah satu web hosting terbesar sekaligus termasuk tertua di Indonesia, sejak tahun 1998 masterweb mulai membuka layanan web hosting. Di situsnya, Masterweb mengklaim sebagai perusahaan webhosting nomer 1 di Indonesia. Nomer 1 dari segi apa?

    Setelah saya telusuri, klaim itu didasarkan dari 2 website luar yang menunjukkan statistik jumlah pelanggan Masterweb. Jadi dalam hal ini klaim masterweb lebih tepatnya adalah sebagai web hosting dengan pelanggan terbesar di Indonesia.

    Pertanyaannya adalah, Masterweb sebagai salah satu web hosting dengan pelanggan terbesar di Indonesia, apakah juga merupakan web hosting terbaik di Indonesia? Mari kita cari tahu.

    Untuk paket shared hosting, masterweb menyediakan 2 pilihan server, yaitu Indonesia dan Singapura. Lokasi server Singapura cocok dipilih jika pengunjung website Anda bukan hanya dari Indonesia, atau bila website Anda membutuhkan koneksi dengan layanan berbasis luar negeri (analistik, online chat, dsb).

    Tapi perlu dicatat, server Singapura juga memiliki batasan data tranfer luar negeri seperti halnya server Indonesia.

    Kelebihan Masterweb :

    “Unlimited” bandwith dalam negeri

    Bahkan pada paket shared hosting masterweb termurah yang hanya Rp 9.000 / bulan (kontrak 1 tahun), Anda akan mendapatkan bandwith dalam negeri “tanpa batas”. Walau tentu saja dengan batasan-batasan lainnya Anda tidak bisa menggunakan paket termurah ini untuk website dengan pengunjung yang cukup besar, tapi setidaknya Anda tidak perlu memikirkan batasan bandwith.

    Perlu Anda ingat, bandwith tanpa batas ini hanya berlaku untuk dalam negeri, bandwith luar negeri dibatasi sesuai dengan pilihan paket. Begitu juga dengan kapasitas penyimpanan. Tapi hal ini sangat wajar mengingat harga langganan yang cukup murah.

    Backup harian

    Fitur backup website amatlah penting, karena Anda tidak bisa memprediksi apa yang terjadi nanti. Misalnya jika hard disk server web hosting Anda rusak, maka sudah dipastikan Anda akan kehilangan semua file website Anda. Dengan adanya fitur backup, setidaknya Anda bisa mengembalikan file website Anda.

    Menariknya disini Masterweb memberikan fasilitas backup harian bahkan untuk paket shared hosting termurah. Sebagian web hosting hanya memberikan fasilitas backup mingguan atau bahkan tanpa fitur backup otomatis sama sekali. Dengan adanya fitur backup harian ini, tentu akan memberi rasa aman bagi Anda yang memilih untuk menggunakan web hosting Masterweb.

    3 pilihan panel

    Salah satu fitur unik dari Masterweb adalah Anda bisa memilih 3 control panel berbeda, bahkan untuk hosting Linux, Anda bisa memilih antara cPanel, Plesk ataupun Spanel.

    Saran saya lupakan soal Spanel, gunakan cPanel atau Plesk, karena 2 panel itu yang banyak digunakan, terutama cPanel.

    Banyak pilihan layanan

    Sebagai salah satu web hosting tertua, Masterweb memiliki banyak pilihan layanan, mulai dari tentu saja shared hosting hingga cloud server ataupun dedicated server. Banyaknya pilihan layanan ini memudahkan Anda bila suatu waktu website Anda semakin ramai, Anda cukup mengupgrade ke layanan yang lebih tinggi tanpa perlu pindah web hosting.

    Berpengalaman

    Sebagian dari Anda, terutama perusahaan, tentu tidak ingin menempatkan website Anda pada web hosting yang masih minim pengalaman. Disini pengalaman Masterweb tidak perlu diragukan lagi. Puluhan tahun Masterweb bergerak di bidang web hosting.

    Masterweb telah menangani beragam website kecil hingga website besar. Bila Anda mencari web hosting berpengalaman, Masterweb bisa Anda masukkan dalam daftar.

    Kekurangan Masterweb

    Tidak ada detail spesifikasi server

    Saatnya membahas kekurangan dari Masterweb. Salah satunya adalah tidak ada detail server yang digunakan. Mengetahui spesifikasi server yang digunakan adalah hal yang sangat penting, karena spesikasi server berperan sangat besar untuk menentukan seberapa cepat / stabil website Anda.

    Jangankan spesifikasi server, saya juga tidak menemukan informasi tentang batasan alokasi untuk shared hosting, misalnya batasan entry processes, php limit dan sebagainya. Bahkan ketika saya mengecek paket VPS, tidak ada infomasi jumlah core CPU yang akan kita peroleh, apakah itu 1 core atau 2 core, bahkan informasi kecepatan processor juga tidak ada.

    Hal ini menimbulkan pertanyaan, kenapa Masterweb tidak memberikan informasi lebih soal ini? Tidak adanya detail informasi server dan alokasi sumber daya ini perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan memilih menggunakan Masterweb.

    Tidak ada jaminan Uptime

    Sebagian besar web hosting memberikan jaminan uptime, karena ini merupakan media promosi yang sangat menarik. Walau garansi uptime tidak menjamin website Anda selalu online sesuai dengan yang tertulis, tapi setidaknya ini memberikan gambaran, seberapa sering website Anda akan down (offline), dan ketika down, Anda bisa mengajukan klaim untuk mendapatkan diskon atau semacamnya sesuai yang dijanjikan pihak web hosting.

    Disini Masterweb sebagai salah satu web hosting terbesar, tidak memberikan jaminan uptime sama sekali. Seperti halnya tidak adanya informasi spesifikasi server, tidak adanya jaminan uptime ini menimbulkan “kecurigaan” bagi saya. Kenapa?

    Minimum Kontrak

    Semua paket shared hosting personal Masterweb memiliki minimum kontrak 1 tahun. Hal ini masih bisa dimaklumi mengingat harga per tahunnya cukup murah. Tapi pada paket bisnis dengan harga perbulan dikisaran 100 ribu Anda tetap harus berlangganan minimal 3 bulan. Pada kisaran harga ini beberapa web hosting lain memperbolehkan Anda berlangganan secara bulanan.

    Baru pada paket bisnis dengan harga sewa hampir 2 juta per bulan, Anda di perbolehkan untuk membayar bulanan. Kecuali Anda yakin tidak akan berpindah hosting, berlangganan dalam durasi lama cukup riskan.

    Tidak ada jaminan uang kembali

    Beberapa web hosting memberikan jaminan uang kembali entah itu 30 hari atau lebih. Hal ini menimbulkan rasa aman, karena seandainy Anda tidak puas dengan layanannya, selama masih masa garansi, Anda bisa meminta full refund.

    Masterweb tidak memberikan jaminan uang kembali, ditambah dengan durasi kontrak yang cukup lama, 3 bulan keatas, maka hal ini perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan memilih Masterweb sebagai web hosting website Anda.