Activity

  • mawaddah chika dea kirana posted an update 5 months ago

    Penggunaan Internet Pada Perpustakaan
    Perpustakaan sebagai salah satu lembaga penyedia jasa layanan informasi yang diharuskan untuk berkembang sesuai dengan perkembangan zaman yang semakin maju serta dibarengi dengan adanya penyebaran informasi yang semakin pesat. Perpustakaan sebagai agen perubahan atau agen pembangunan harus dapat memberikan sebuah sajian informasi yang lebih kreatif dengan sistem pelayanan yang lebih efektif dan efisien. Oleh karena itu di setiap perpustakaan atau lembaga informasi berusaha untuk mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi yang berguna untuk membangun dan memberdayakan civitas akademikanya agar dapat bersaing didalam era globalisasi dan perkembangan sebuah informasi yang sangat pesat di saat ini. Perpustakaan setiap tahunnya akan berkembang seiring dengan perkembangan jaman dan kebutuhan dari pemustakanya jadi koleksi diperpustakaan akan meningkat dan gedung perpustakaan juga harus berkembang seperti bertambah lebar dan besarnya gedung perpustakaan mengikuti kebutuhan pengguna agar merasa nyaman di dalam perpustakaan. Dan di perpustakaan juga harus menyediakan fasilitas untuk menunjang kebutuhan pemustaka seperti fasilitas internet untuk pencarian koleksi perpustakaan yang lebih efisien dan efektif.
    Internet itu sendiri adalah sebuah jaringan komunikasi global yang menghubungkan ribuan jariangn komputer dan perangkat elektronik lainnya. Jika terdapat internet pada perpustakaan sangat berperan dalam memberikan informasi sesuai dengan kebutuhan pemustakanya. Adanya internet di perpustakaan pemustaka dapat dengan mudah berkomunikasi, mencari sebuah literatur di internet, mencari sebuah koleksi dengan mudah,cepat dan tepat. Internet saat ini sangat dibutuhkan sekali di era digitalisasi karena koleksi pada perpustakaan saat ini pun terdapat koleksi digitalnya yang dapat diakses dengan komputer masing masing yang telah terhubung dengan internet yang ada. Koleksi digital perpustakaan berupa e-book dan journal yang telah dilanggan oleh perpustakaan perguruan tinggi . keuntungan dengan adanya internet juga dirasakan oleh pustakawannya yaitu dengan adanya internet mempermudah pekerjaan pemustaka dengan menginput koleksi perpustakaan kedalam sistem otomasi perpustakaan dengan cepat, mudah dan tepat.
    Isitilah provider yang sering dijumpai bila pemakai komputer menghubungkan komputer dengan jaringan internet terdapat ICP,INP dan ISP. Jenis layanan jika menggunkan internet dapat mengakses WEB perpustakaan dapat mengakses journal langganan perpustakaan, dapat mengirim tugas melalui E-mail, dapat mengakses layanan multimedia seperti www, dapat mengakses newsgroup dan lain-lain. Adanya internet di perpustakaan menciptakan beberapa dampak seperti dampak positif dan dampak negatifnya. Disini saya akan menjabarkan beberapa dampak positif terlebih daahulu untuk sebuah peprustakaannya yaitu :
    1. Adanya istilah perpustakaan digital karena koleksinya pada perpustakaan saat ini terdapat koleksi elektronik seperti karya ilmiah mahasisa akhir yang dapat diakses online, journal langganan perpustakaan, koleksi e-book perpustakaan. Meskipun masih belum sepenuhnya perpustakaan Indonesia berubah menjadi perpustakaan digital dan masih di sebut sebagai perpustakaan Hibrida yaitu terdapat koleksi cetak dan koleksi elektronik di sebuah perpustakaan tersebut.
    2. Adanya kecerdasan buatan dengan menggunakan internet. Di internet dapat mengakses kebutuhan literasi pengguna dengan sangat mudah,cepat dan tepat. Berkembangnya informasi yang semakin pesat di era digital saat ini.
    3. Internet dijadikan sebagai sarana untuk mempromosikan sebuah perpustakaan seperti pada perpustakaan kabupaten Banyuwangi yang menyediakan koleksi digital mengenai budaya dan sejarah yang terdapat di kawasan Banyuwangi. Perpustakaan tersebut mempromosikan sebuah daerah sekaligus mempromosikan koleksi perpustakaan.
    Ada pula dampak negatifnya dari penggunaan sebuah internet pada perpustakaan sebagai berikut :
    1. Di perpustakaan perguruan tinggi banyak sekali yang mengakses fasilitas internet pada perpustakaan yang mengakibatkan kesulitan dalam mengakses internet yang dirasakan oleh pemustaka.
    2. Pengguna perpustakaan yang sudah sepuh atau sudah tua jarang sekali membaca dengan menggunakan komputer mereka lebih memilih membaca literatur koleksi cetak karnea terlalu lama didepan komputer membuat mata lebih cepat lelah, ini dirasakan bukan hanya user yang sudah sepuh saja tetapi banyak dari kalangan remaja juga tidak suka membaca terlalu lama di depan komputer dan memilih koleksi cetaknya
    3. Jika menggunakan internet maka merajalela pula plagiarisme dengan mengcopy paste karya orang lain tanpa mengkutip nya terlebih dahulu. Dan jika mengadakan koleksi elektronik pada perpustakaan terkendalanya dengan masalah hak cipta dari penulisnya.
    Studi kasus pemanfaatan aplikasi internet pada perpustakaan seperti yang sudah dilakukan oleh MLibrary Perpustakaan Universitas Gadjah Mada hadir di Research Week UGM, 13-17 November 2013. Sivitas akademika UGM dapat mengaktifkan perangkat mobil berbasis android dari versi android 2.3.3 (Gingerbread) ke atas untuk tetap terhubung dengan Perpustakaan UGM. Fasilitas apa saja yang didapatkan jika mengkases Mlibrary UGM tersebut seperti yang dibawah ini :
    1. Download aplikasinya pada google Playstore kemudian login terlebih dahulu agar
    2. Dapat menikmati fasilitas melihat koleksi buku yang sudah dikelompokkan sesuai dengan katagorinya.
    3. Dapat melihat berita, acara, pengumuman up to date dari perpustakaan UGM
    4. Informasi perpustakaan sudah lengkap pada aplikasi ini jadi tidak perlu keperpustakaan lagi.
    5. Melihat lokasi perpustakaan UGM melalui aplikasi google maps
    6. E-resources jika anda telah menggunakan aplikasi MLIBRARY dapat membuka journal yang telah dilanggan oleh perpustakaan UGM.
    Bagaimana cara mendapatkan akun MYLIBRARY ?
    1. Melakukan aktivasi keanggotaan pada bagian layanan perpustakaan UGM
    2. Pada saat melakukan aktivasi keanggotaan perpustakaan akan mendapatkan sebuah email dengan subyek dan pasword anggota yang berisikan sebuah informasi layanan online yaitu link Aplikasi Android, link Aplikasi Iphone,Link OPAC, Username dan password dapat digunakan untuk login pada MyLibrary
    3. Jalankan aplikasi Mlibrary UGM tersebut pada perangkat mobail anda.