Activity

  • Ni Luh Putu Ita Suwarningsih posted an update 4 weeks ago

    Tugas Manajemen Pemasaran
    1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pemasaran
    Jawab :
    Pemasaran secara sederhana dapat diartikan sebagai pertukaran. Baik itu jasa ataupun barang yang di pasarkan, tentu pertukaran haruslah memiliki/memenuhi nilai yang diinginkan oleh masing-masing pihak yang menukarkan dan tentu memiliki nilai yang seimbang menurut pemilik barang yang akan di tukar. Jika sebelum adanya uang orang melakukan barter, di jaman sekarang dalam pemasaran orang menukarkan barang atau jasanya dengan uang. Pemasaran adalah tentang mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan manusia dan sosial. Atau definisi sederhana yang sangat realistisnya adalah memenuhi kebutuhan secara menguntungkan. Menurut Peter Drucker, ahli teori manajemen terkenal, mengatakan bahwa “tujuan pemasaran adalah untuk mengetahui dan memahami pelanggan dengan sangat baik sehingga produk atau layanan tersebut cocok untuknya dan menjualnya sendiri.
    2. Jelaskan kebutuhan menurut maslow dan pilihlah jika anda menjadi wirausaha akan memenuhi kebutuhan yang mana?
    Jawab :
    a. Kebutuhan menurut maslow :
    1) Kebutuhan Fisiologis, yang merupakan kebutuhan paling dasar pada manusia. Antara lain ; pemenuhan kebutuhan oksigen dan pertukaran gas, cairan (minuman), nutrisi (makanan), eliminasi, istirahat dan tidur, aktivitas, keseimbangan suhu tubuh, serta seksual.
    2) Kebutuhan rasa aman dan perlindungan, dibagi menjadi perlindungan fisik dan perlindungan psikologis. Perlindungan fisik, meliputi perlindungan dari ancaman terhadap tubuh dan kehidupan seperti kecelakaan, penyakit, bahaya lingkungan, dll. Perlindungan psikologis, perlindungan dari ancaman peristiwa atau pengalaman baru atau asing yang dapat mempengaruhi kondisi kejiwaan seseorang.
    3) Kebutuhan rasa cinta, yaitu kebutuhan untuk memiliki dan dimiliki, memberi dan menerima kasih sayang, kehangatan, persahabatan, dan kekeluargaan.
    4) Kebutuhan akan harga diri dan perasaan dihargai oleh orang lain serta pengakuan dari orang lain.
    5) Kebutuhan aktualisasi diri, ini merupakan kebutuhan tertinggi dalam hierarki Maslow, yang berupa kebutuhan untuk berkontribusi pada orang lain atau lingkungan serta mencapai potensi diri sepenuhnya.
    b. Kebutuhan yang akan dipenuhi jika menjadi wirausaha adalah kebutuhan fisiologis, yang merupakan kebutuhan dasar dari manusia. Karena kebutuhan-kebutuhan fisiologi pasti dibutukan karena merupakan kebutuhan dasar. Sehingga merupakan peluang yang cukup besar dalam wirausaha, seperti makanan, wisata kuliner memang tidak pernah ada matinya, karena semua orang butuh makan. Selesai makan orang butuh minum, sehingga bisnis ini merupakan sesuatu yang cukup menjanjikan dalam kewirausahaan.

    3. Usaha yang akan anda buat untuk memenuhi kebutuhan tersebut?
    Jawab :
    Usaha yang akan saya buat adalah berjualan makanan sehat, seperti salad buah, bubur ayam, dan lain sebagainya. Usaha yang diperlukan adalah bagaimana kita mampu menghasilkan produk makanan yang lezat dan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Makanan merupakan kebutuhan dasar setiap mahluk hidup di dunia ini, karena tanpa makan mahluk hidup kan mati. Selain makanan, yang dekat dan tidak terpisahkan adalah minuman yang tentunya juga sehat dan segar. Selain makan dan minum usaha yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan fisiologi adalah istirahat tidur, dan aktifitas dasar lainnya. Namun sebelum saya memulai usaha diatas hal yang perlu saya perhatikan adalah hasil dari risert dan observasi yang saya lakukan. Agar target pasar jelas dan produk yang saya jual sesuai dengat pasar.