Activity

  • Gadis Anggraini posted an update 1 week, 2 days ago

    RIVIEW ACADEMIA.EDU

    ACADEMIA.EDU merupakan salah satu situs jejaring sosial milik Amerika di bidang akademik, awal kemunculan ACADEMIA.EDU ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan dalam menyebarluaskan hasil karya ilmiah atau penelitian yang akan membantu dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan memiliki akses yang terbuka serta bisa full text. Namun dalam menggunakan platform ini harus memiliki sebuah akun atau membuat profil akun terlebih dahulu sebelum menggunggah karya, memilih bidang yang diminati dan kemudian pengguna dapat menelusuri informasi sesuai dengan apa yang ia butuhkan.
    ACADEMIA.EDU di manfaatkan oleh para akademisi untuk berbagi makalah penelitian kepada publik dan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan akademisi. Para akademisi menggunakan platform ini selain digunakan untuk berbagai informasi hasil penelitian mereka, namun juga memantau analisis yang mendalam di sekitar pengaruh penelitian mereka, dan juga melacak penelitian akademisi yang mereka ikuti. Academia.edu diluncurkan pada bulan september 2008 yang didirikan oleh Richard Price. Pesaing academia.edu adalah researchgate, google cendekia, dan mendeley. Academia edu memiliki jumlah pengguna yang sangat besar dibandingkan dengan jejaring lainnya. Tercatat pada tahun 2016 academia edu telah memiliki sekitar 34 juta pengguna yang terdaftar di academia edu. Kemudian di ACADEMIA.EDU ini mengklaim bahwa mendukung sains terbuka atau gerakan akses terbuka khususnya pada distribusi
    Kehadiran ACADEMIA.EDU ini membawa manfaat yang sangat luarbiasa bagi pengguna yang membutuhkan informasi dan juga bagi pengguna yang ingin mengunggah karyanya di platform ini. Namun untuk bisa mengakses fitur-fitur tertentu dari situs dan layanan dan untuk bisa memposting konten anggota di situs atau melalui layanan anda harus mendaftar untuk membuat akun dan menjadi anggota dari ACADEMIA.EDU. Untuk mendaftarnya dapat langsung melalui situs atau dengan masuk ke akun google anda atau melalui akun media sosial anda seperti facebook. Namun jika mendaftar dengan akun sosial media informasi pribadi anda akan secara otomatis terdaftar dalam ACADEMIA.EDU. Semua informasi yang ada di media sosial seperti foto profile, profil anda akan otomatis muncul di akun ACADEMI.EDU anda. Tentu saja anda masih bisa melalukan pengaturan akun sehingga akun sosial media anda tidak akan sama dengan akun ACADEMIA.EDU anda.
    Manfaat dari penggunaan ACADEMIA.EDU bagi pengguna adalah
    1. Salah satu jenis platform atau jejring sosial tetapi lebih khusus untuk membahas tentang penelitian atau hal-hal yang berkaitan dengan akademik.
    2. Dapat membaca hasil penelitian yang di publish oleh peneliti di menu home website academia.edu
    3. Selain membaca paper juga dapat di download secra gratis
    4. Dapat juga sharring informasi akademik di website.
    5. Dapat mengirimkan CV dan serta di tawarkan pekerjaan sesuai dengan keilmuan kita di Menu JOB Board.
    6. Memiliki alat analisis khusus yang dapat memantau berapa banyak artikel milik pengguna yang dibaca atau didownload orang lain.
    7. Tempat Publikasi ilmiah gratis.

    Dalam website Academia edu terdapat beberapa fitur pendukung yang dapat di manfaatkan, berikut fitur yang ada dalam academia edu

    Gambar diatas merupakan tampilan dari website academia.edu, terdapat beberapa menu yang ada dalam academia edu.
    1. Home, menu home sebagai beranda untuk menampilkan artikel atau hasil penelitian dari para peneliit yang telah diikuti.
    2. Analytics, merupakan fitur yang digunakan untuk mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan hasil penelitian kita. Didalam menu analytics terdapat beberapa fitur lagi : overview, profile visitors, impact, paper, CV, countries, keywords, external link,
    3. Grants, merupakan fitur yang akan membantu dalam menemukan bantuan ilmu humaniora dan sosial serta beasiswa (berbayar)
    4. Mentions, merupakan fitur yang digunakan untuk menemukan makalah yang menyebutkan akun academia kita.
    5. Upload, merupakan fitur yang digunakan untuk mengupload paper atau hasil dari penelitian.
    6. Messages, merupakan fitur yang digunakan untuk melihat pesan yang dikirimkan ke kita.
    7. Notifications, merupakan fitur yang digunakan untuk pemberitahuan mengenai orang-orang yang menemukan paper kita.
    8. Profile, digunakan untuk melihat paper orang-orang yang telah kita beri bookmarks, menemukan teman-teman, histori dari paper yang telah kita baca, pengaturan akun, dan pengayuran akun

    Gambar diatas merupakan tampilan dari website academia.edu