Activity

  • Gadis Anggraini posted an update 1 week, 2 days ago

    RIVIEW LINK IN
    LinkedIn merupakan situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis tertutama digunakan untuk jaringan profesional sampai September 2007 dan situs ini sudah memiliki 14 juta pengguna yang telah terdaftar, meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang ekonomi yang diklasifikasi menurut jasanya. LinkedIn ini didirikan pada bulan Desember 2002 oleh Reid Hoffman dan anggota tim pendiri dari Paypal dan Socialnet.com (Allen Blue, Eric Ly, Jean-Luc Vaillant, Lee Hower, Konstantin Guericke, Stephen Beitzel, David Eves, Ian McNish, Yan Pujante, Chris Saccheri). Kantor pusat dari LinkedIN ini di Sunnyvale, California dan kantor cabang dari LinkedIn ini tersebar di beberapa negara antara lain Omaha, Chicago, Los Angeles, New York, San Francisco, Washington DC, Sao Paulo, London, Dublin, Amstredam, Milan, Paris, Munich, Madrid, Stockholm, Singapura, Hong Kong Kong, Cina, Jepang, Australia, Kanada, India, dan Dubai.
    linkedIn sebagai plafrom medi sosial profesional yang telah ada sejak tahun 2003 dan menjadi tolak ukur dalam menilai pengalaman seseorang di dunia kerja. Baik itu pencari kerja ataupun yang menyediakan lapangan pekerjaan, mereka sama-sama menggunakan platform ini untuk bia mendapatkan yang terbaik dalam mencari pekerjaan bagi pencari kerja dan juga perusahaan yang menyediakan lowongan kerja bisa mendapatkan calon karyawan yang sesuai dengan kriterianya dengan memilih dari banyaknya pelamar yang bertalenta. Tidak hanya itu LinkedIn ini sangat berguna bagi para CEO, pemilik bisnis, atau wirausaha, LinkedIn merupakan sebuah teknologi yang menawarkan kecepatan dan kenyamanan di pasar saat ini dan menajdi sarana personal branding, profil LinkedIn dapat dimanfaatkan untuk memulai percakapan dengan orang-orang berdasarkan koneksi anda.
    Keuntungan yang didapatkaan jika memiliki akun LinkedIn bagi pengguna adalah
    1. Membangun profil profesional
    2. Memperluas koneksi
    3. Menjaga hubungan dengan teman lama
    4. Memudahkan dalam melamar pekerjaan
    5. Membuka peluang untuk direkrut oleh perusahaan
    6. Memperlihatkan keahlian
    7. Mendapat informasi dan inspirasi terbaru mengenai pekerjaan

    Untuk bisa mengakses LinkedIn kita perlu mendaftarkan akun kita pada platform ini agar bisa mengaksesnya. Berikut merupakan langkah-langkah untuk mendaftra akun pada LinkedIn :
    Pertama kita harus masuk kedalam website LinkedIn di http://www.linkedin.com , untuk bisa melakukan sing up dan mengisi data diri beserta password akun LinkedIn. Setelah berhasil mengisi data diri kemudian dilanjutkan dengan memverifikasi keamanan. Lalu setelah itu masukkan negara asal dan kode pos yang sesuai dengan domisili kita. Kemudian kita akan diarahkan pengisian form pekerjaan, jika kita mahasiswa langsung saja kita klik “saya mahasiswa”. Kemudian setelah itu kita mengisi form yang terdapat nama universitas, gelar, spesialisasi dan tahun periode kuliah. Setelah selsai kita klik lanjutkan dan mengisi kode verifikasi dari konfirmasi email. Kemudian jika sudah, langkah pendaftaran terakhir dan kita akan langsung diarahkan dalam halaman utama LinkedIn.
    Adapun untuk fitur-fitur yang terdapat dalam platform ini adalah

    1. Home, salah satu fitur yang terdapat dalam platform LinkedIn. Fitur ini merupakan beranda depan dalam menampilkan tampilan utama dari paltform LinkedIn yang akan mamunculkan postingan terbaru dari organisasi yang kita ikuti. Kita dapat mengurutkan pembaruan feed dengan terbaru atau lebih fokus dalam melihat informasi yang dikirim oleh organisasi yang kita ikuti.
    2. Jaringan saya, merupakan fitur yang dapat menambah kontak temanatau orang yang kita kenal. Dan juga dapat menambah kontak perusahaan atau instansi yang diinginkan.
    3. Pekerjaan, dalam fitur ini akan menampilkan informasi mengenai lowongan pekerjaan dari perusahaan yang kita ikuti dan juga dapat melamar lewat fitur ini. Jika seorang pengusaha yang membutuhkan pekerjaan dapat memposting pembukaan lowongan yang dibuat.
    4. Pesan, fitur ini akan membantu dalam melakukan komunikasi dengan kolega atau rekan dan peluang baru. Fitur ini sama dengan fitur pesan online pada facebook atau juga media sosial lainnya.
    5. Notifikasi, fitur ini berfungsi untuk menampilkan pemberitahuan mengenai update an terbaru mengenai postingan informasi terbaru.
    6. Profil akun, fitur ini merupakan layanan yang dimana merupakan akun profile kita dan kita bisa mengatur akun kita melalui fitur ini.
    7. Menu keluar, ini merupakan menu log out atau keluar dari laman/platform LinkedIn.
    Penjelasan diatas merupakan fitur-fitur yang ada dalam platform LinkedIn. Namun jika kita telah memiliki akun LinkedIn ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam penggunaannya. Platform LinkedIn tidak bisa disamakan dalam bermain di facebook. LinkedIn hadir untuk membantu dalam menjalin networking anatar pengguna. Namun untuk masalah sharring foto dalam platform ini sangat tidak disarankan karena platform ini digunakan untuk kegiatan profrsional dalam urusan pekerjaaan. Pantangan yang harus dihindari dalam memanfaatkan akun LinkedIn ini yakni yang pertama adalah tidak memasang foto profil dengan foto anak ataau juga menggunakan foto yang aneh, gunakan foto yang sopan dan jelas seperti foto ktp. Yang kedua adalah tidak oversharing maksudnya adalah kita di anjurkan untuk tidak terlalu banyak mengunggah postingan dalam platform ini. Yang ketiga adalah tidak boleh menyerang user lain. Keempat adalah menyaring sejumlah koneksi, pilih bebrapa koneksi yang memang anda kenal. Kelima adalah profil harus jelas, karena platform ini digunakan untuk orang-orang yang ingin mencari dan membuka lowongan pekerjaan yang sifatnya serius.
    Dalam penggunaan atau memanfaatkan sebuah website atau media sosial kita harus bijak dan bisa mengolah dan memanfaatkan dengan baik.

    Referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/LinkedIn