Activity

  • Berliana Radhini I posted an update 4 months, 2 weeks ago

    APA ITU PELAYANAN PUBLIK?

    Pelayanan publik secara harfiah terdiri dari dua kata yaitu pelayanan dan publik, keduanya dapat didefinisikan menjadi satu kesatuan. Esensi dari pelayanan (service) itu sendiri baik di sektor publik maupun sektor swasta adalah suatu proses yang terdiri dari serangkaian tindakan, interaksi, aktifitas penting untuk menyampaikan jasa kepada pelanggan dimana dalam penyampainnya ini terdapat tujuan menghasilkan keuntungan. (Fisk,et.al,1993 dalam Mindarti, Lely Indah). Sedangkan, publik didefinisikan sebagai masyarakat yang sekaligus menyangkut segala persoalan atau problematika yang dihadapi masyarakat. Selain itu, Menurut Peni Suprapto kata publik juga diidentikkan sebagai negara atau pemerintahan (state/government). Maka dari kedua definisi tersebut, pelayanan publik adalah pemberian layanan yang dilakukan oleh pemerintah sebagai penyelenggara negara untuk memenuhi kebutuhan masyarakat (publik) sesuai dengan peraturan yang berlaku.

    Definisi yang selaras dengan definisi sebelumnya, yaitu menurut M.Chazienul Ulum pelayanan publik dapat dimaknai sebagai suatu aktivitas yang dilakukan pemerintah dalam mengurus segala hal yang dibutuhkan masyarakat. Sedangkan, menurut Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009, pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setipa warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik.

    Pelayanan publik merupakan hak dasar warga negara yang telah tertuang pada UU No 25 tahun 2009 sebelumnya, bahkan dalam Undang-undang tersebut pelayanan publik merupakan hak bagi penduduk negara Indonesia. Masyarakat berhak untuk mendapatkan pelayanan prima, sebab government terbentuk oleh masyarakat untuk masyarakat. Tujuan dari pelayanan publik adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan tidak terpisahkan dari kewajiban negara untuk mensejahterakan rakyatnya. Terdapat dua urgensi pelayanan publik yaitu
    1. Baik buruknya pelayanan publik secara umum dapat mempengaruhi dan menentukan daya saing suatu bangsa atau negara.
    2. Deskripsi atau gambaran umum pelayanan publik dari birokrasi suatu bangsa merefleksikan sekaligus berkontribusi pada modal sosial (social capital)

    Berkaitan dengan adanya Undang-Undang No 25 tahun 2009 sebagai dasar hukum dari penyelenggaraan pelayanan publik memiliki tujuan untuk menciptakan batasan dan hubungan yang jelas agar tidak saling tumpah tindih satu sama lain, yang kedua adalah terwujudnya sistem penyelenggaraan pelayanan yang sesuai dengan asas-asas umum pemerintahan yang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat, dan ketiga agar sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan menciptakan perlindungan dan kepastian hukum bagi masyarakat. Pelayanan publik dipilah menjadi 3 kelompok yaitu kelompok pelayanan administratif, kelompok pelayanan barang, dan kelompok pelayanan jasa. Ketiga kelompok pelayanan tersebut ditujukan untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat dan untuk kepentingan umum.

    Secara umum, penyelenggaraan pelayanan publik di Indonesia masih memiliki potret buram dan kelemahan di berbagai aspek pelayanan, yaitu dari segi kualitas Sumber Daya Manusia sebagai para penyedia layanan maupun secara prosedur layanan yang tersedia. Selain itu, banyak pelayanan yang belum sesuai dengan aspirasi dan ekspektasi masyarakat yang dapat disampaikan secara langsung maupun melalui media massa yang disebut public complaint. Sehubungan dengan itu, pemerintah dan penyedia pelayanan publik lainnya hendaknya menentukan Standar Pelayanan Publik sehingga dapat menjamin keberlangsungannya secara baik. Standar tersebut merupakan tolok ukur yang digunakan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan pelayanan serta sebagai acuan dari penilaian kualitas pelayanan yang diberikan sebagai bentuk dari penunaian kewajiban penyedia pelayanan kepada masyarakat, agar tercipta pelayanan yang cepat, berkualitas, mudah, terjangkau dan terukur.

    DAFTAR`PUSTAKA
    Ulum, M. Chazienul. 2018. Public Service: Tinjauan Teoretis dan Isu-Isu StrategisPelayanan Publik. Malang:UB Press
    Suprapto, Peni dan M, Liga Alam. 2008. Paradigma dan Implementasi: Pelayanan Publik. Malang:Kanisius
    Mindarto, Lely Indah. 2016. Manajemen Pelayanan Publik. Malang:UB Press