Activity

  • Arina Rusyda Hartono posted an update 5 days, 10 hours ago

    Tugas 6 Ekonomi Pembangunan
    Kota memiliki karakter yang modern dan dinamis, sedangkan karakter desa adalah lamban dan tradisional. Membangun pedesaan menjadi penting agar setidaknya dapat mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial terutama pada masyarakat desa. Namun pada kenyataannya, masyarakat desa yang berusaha mencari pekerjaan di kota itu relatif sangat banyak karena jauh lebih menjamin dibandingkan di desa. Hal ini dapat menyebabkan kurangnya tenaga kerja di desa, tersisa penduduk yang hanya bertumpu pada sektor pertanian, dikelola dengan sistem tradisional serta bergantung pada musim dan kondisi lahan.
    Menurut saya, cara membangun desa yang efektif adalah memberdayakan masyarakat yang mempunyai kelebihan ilmu untuk melakukan pembinaan kepada warga sekitar, di bidang apapun itu. Bisa juga dilakukan dengan kembalinya para mahasiswa perantau ke daerahnya masing-masing dan turut membantu pembangunan desa karena dibutuhkan orang yang berkompeten untuk membuka pikiran masyarakat desa untuk menjadi lebih baik. Misalnya, pembinaan ibu-ibu desa untuk membuat karya daur ulang yang memiliki nilai jual, pembinaan dalam mengelola dan memasarkan usaha desa.
    Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah menumbuhkan rasa cinta pada daerah masing-masing. Dengan tumbuhnya rasa tersebut, maka keinginan untuk membangun desanya akan lebih tinggi. Hal tersebut juga akan berpengaruh pada pengendalian arus urbanisasi. Apabila masyarakat yang merantau untuk mencari ilmu ataupun mencari pengalaman di kota, namun setelah paham dengan konsepnya mereka kembali ke desanya masing-masing. Maka terjadi pengendalian arus perpindahan masyarakat desa ke kota atau biasa disebut urbanisasi.