Activity

  • Arina Rusyda Hartono posted an update 2 weeks, 1 day ago

    TUGAS 5 Ekonomi Pembangunan
    Demografi adalah bonus yang dinikmati suatu negara sebagai akibat dari besarnya proporsi penduduk produktif, dimana rentang usia 15-64 tahun dalam evolusi kependudukan yang dialaminya. Indonesia diprediksi akan mendapat bonus demografi di tahun 2020-2030, dimana penduduk dengan umur produktif sangat besar sementara usia muda semakin kecil dan usia lanjut belum banyak.
    Bonus demografi merupakan kesempatan emas bagi suatu bangsa jika mampu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, diperlukan berbagai upaya untuk memanfaatkan kesempatan tersebut. Bonus demografi akan termanfaatkan dengan baik jika pertumbuhan penduduk usia kerja yang merupakan pasokan tenaga kerja mendapatkan pekerjaan yang produktif, dan kemudian bisa menabung untuk diinvestasikan terhadap bangsa sehingga memicu pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan kesejahteraan.
    Apabila sudah dimanfaatkan dengan baik, maka bonus demografi akan memberikan manfaat. Diantaranya adalah roda ekonomi akan terus berjalan tumbuh pesat dan siap bersaing dalam dunia internasional.
    Dalam mempersiapkan datangnya bonus demografi yang akan menjadi jendela kesempatan bagi bangsa Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian bangsa, selain diperlukan pendidikan dan kesehatan untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja yang sesuai dengan kemampuan dan ketrampilan yang mereka miliki, pemerintah juga perlu menyediakan lapangan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dari tenaga kerja tersebut mulai dari sekarang.
    Namun, apabila pemerintah tidak mempersiapkan perencanaan dan pemanfaatan dengan baik maka bisa jadi akan menjadi masalah bagi bangsa Indonesia. Diantaranya adalah terjadinya pengangguran yang besar dan akan menjadi beban negara.