Activity

  • Arina Rusyda Hartono posted an update 2 months ago

    TUGAS 2 (Individu) Ekonomi Pembangunan
    Seperti yang sudah kita tahu bahwa ciri-ciri yang membedakan dari negara maju dan negara berkembang terletak pada 3 aspek yaitu pendidikan, pendapatan dan kesehatan. Pada negara maju tingkat pendidikan tinggi, pendapatan perkapita nya juga tinggi, dan kesehatan masyarakatnya tinggi sehingga angka kematian rendah. Namun pada negara berkembang itu sebaliknya, pendidikan masih rendah yang bisa mempengaruhi kualitas manusianya, pendapatan perkapitanya pun masih rendah yaitu dibawah USD 12.000, dan tingkat kesehatannya masih rendah juga yang menandakan bahwa angka kematian yang tinggi.
    Menurut saya proses dari negara berkembang menjadi negara maju harus tetap dilaksanakan. Apabila Indonesia terus menjadi negara berkembang itu menandakan bahwa pertama tingkat pendidikan di Indonesia masih rendah dan berpengaruh terhadap angka buta huruf yang masih tinggi. Kedua, kesejahteraan masyarakat yang belum merata. Dikarenakan orang yang kaya akan semakin kaya dan yang miskin akan semakin miskin, itu mengakibatkan ketimpangan yang masih relatif tinggi. Ketika kualitas manusia masih rendah dikarenakan pendidikan yang masih rendah pula. Apabila kualitas manusianya masih rendah akan sulit untuk mendapat atau membuka lapangan pekerjaan. Lalu pendidikan juga akan berpengaruh terhadap pengelolaan sumber daya alam yang ada. Bahkan bisa sampai tidak dapat mengelolanya sehingga memilih bekerjasama dengan negara maju untuk mengelolanya. Ketiga, apabila tingkat kesehatan masih rendah maka berpengaruh terhadap angka harapan hidup di suatu negara.
    Ketika suatu negara itu sudah menjadi negara maju belum tentu juga akan sepenuhnya menguntungkan karena apabila sektor industri dan jasanya meningkat akan mengakibatkan sulitnya bekerja di bidang usaha lainnya dikarenakan persaingan yang ketat. Namun apabila Indonesia menjadi negara maju sangatlah menguntungkan, karena sudah tidak perlu bekerja sama dengan negara lain untuk mengelola sumber daya alamnya yang melimpah. Apalagi kalau pemerintahnya sangat peka terhadap ketimpangan dan menomersatukan kesejahteraan masyarakatnya dan menerapkan Cinta Produk Indonesia. Sehingga kekayaan alam milik Indonesia akan banyak diekspor ke negara lain. Dari bahan mentah hingga produk barang-barang asli buatan Indonesia. Namun masyarakatnya digalakkan untuk selalu mengkonsumsi barang-barang produk dalam negeri.