Activity

  • Arina Rusyda Hartono posted an update 2 months, 2 weeks ago

    TUGAS 1 (Individu)
    Ekonomi Pembangunan

    Harapan saya dengan mempelajari ekonomi pembangunan ini saya bisa mengetahui permasalahan-permasalahan yang dapat menghambat kemajuan ekonomi serta solusi terbaik untuk permasalahan tersebut agar setidaknya bisa mengurangi dari diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Selain untuk meningkatkan pendapatan perkapita, menurut saya penting juga untuk memperhatikan pembangunan berkelanjutan. Karena Indonesia itu kaya, mulai dari keindahan alam, hasil pertanian maupun perkebunan yang bisa menjadi sumber pendapatan maka pembangunan berkelanjutan itu sangat penting. Selain untuk memenuhi kebutuhan di masa sekarang namun tetap memperhatikan kebutuhan di masa yang akan datang juga. Apabila kita bijak dalam memanfaatkan alam dan mengeksploitasinya dengan tidak berlebihan, alam pun akan mendukung kegiatan-kegiatan manusia.
    Contohnya, penggundulan hutan jati yang dieksploitasi secara besar-besaran untuk membuat berbagai jenis furniture rumah tangga akan menyebabkan hutan menjadi gundul. Dan apabila tidak segera ditanami kembali pohon-pohon jati yang sudah dirusak tersebut, bisa dengan mudah terjadi banjir, punahnya keanekaragaman hayati, dan hilangnya kesuburan tanah. Dari kasus ini juga tidak memperhatikan pembangunan berkelanjutan, mereka akan kehilangan kesempatan untuk memanfaatkan produk di masa yang akan datang. Selain itu, untung yang mereka dapat tidak seberapa jika dibandingkan dengan mengganti rugi keadaan hutan gundul tersebut ditambah dengan sudah tidak bisa memanfaatkan hasil hutan karena sudah rusak.
    Oleh karena itu, kita sebagai warga Indonesia yang menginginkan negaranya maju harus memikirkan potensi, prospek perkembangan, hambatan serta resiko yang mungkin dihadapi pada masa yang akan datang. Sehingga tidak hanya mementingkan kepentingan saat ini, namun juga memikirkan kepentingan di masa yang akan datang. Jadi, ekonomi pembangunan ini salah satunya juga mempelajari usaha-usaha untuk menaikkan pendapatan perkapita yang terjadi secara terus menerus selama jangka panjang.