Activity

  • Sekar A Nuswantari posted an update 8 years, 9 months ago

    Sales Promotion

    Sales promotion, sebuah istilah yang tidak asing lagi bagi orang-orang yang bergelut di bidang marketing atau pemasaran. Apakah itu pemasaran? Pengertian pemasaran secara umum adalah kegiatan penjualan produk secara berlebihan yang bertujuan untuk mengetahui dan memahami pelanggan secara baik, sehingga produk tersebut cocok dan menjual dirinya sendiri.
    Lalu, apakah hubungan sales promotion dengan pemasaran/ marketing? Sales promotion bisa diartikan promosi penjualan. Inti dari kegiatan promosi ini sebenarnya adalah mengkomunikasikan kepada calon konsumen, manfaat atau alasan mengapa harus membeli produk yang ditawarkan. Dari inti ini, kita bisa melihat bahwa sales promotion dengan marketing adalah suatu hal yang berhubungan.
    Secara tidak langsung, sales promotion memiliki peran dalam pemasaran. Sales promotion pada dasarnya merupakan ukuran pencitraan sebuah perusahaan. Ini juga berpengaruh pada pembentukan merk jangka panjangnya. Meskipun sebenarnya sales promotion adalah alat jangka pendek untuk memicu tindakan jual beli, namun terbukti pengaruhnya cukup besar dalam proses pembentukan merk jangka panjang.
    Sales Promotion: Merupakan suatu bujukan langsung yang menawarkan insentif atau nilai lebih untuk suatu produk pada sales force, distributor atau konsumen langsung dengan tujuan utama yaitu menciptakan penjualan yang segera.

    Definisi promosi penjualan menurut institute of sales promotion in England:
    Promosi penjualan terdiri dari serangkaian teknik yang digunakaan untuk mencapai sasaran-sasaran penjualan/ pemasaran dengan menggunakan biaya yang efektif, dengan memberikan nilai tambah pada produk atau jasa baik kepada para perantara maupun pemakai langsung, biasanya tidak dibatasi dalam jangka waktu tertentu.
    Kegiatan sales promotion memiliki beberapa tujuan, yaitu :
    1.Peningkatan uji coba dan pengulangan pembelian
    Untuk menarik perhatian calon konsumen baru, alat dari sales promotion dapat menurunkan resiko dari konsumen yang berusaha mencoba sesuatu yang baru.seperti menawarkan harga yang murah atau buy one get one free.
    2.Peningkatan frekuensi dan kuantitas
    Untuk menaikkan frekuensi dari pemebelian, Hal pertama yang harus dilakukan perusahaan adalah menghitung frekuensi pembelian secara teratur, pada pesanan utuk mengatur suatu tujuan, lalu harus menyusun strategi yang akan membuat konsumen akan membeli produk lebih sering.
    3.Menghitung penawaran-penawaran dari pesaing
    Pergunakan frekuensi yang berhubungan tinggi dengan para pesaing pada kategori produk tertentu.
    Contohnya: Perusahaan-perusahaan penerbangan berusaha untuk memberikan penawaran-penawaran menarik. Garuda airlines membuka devisi City link memberikan harga murah untuk penerbangan ke Surabaya, itu dimaksud untuk mengimbangi lion air yang juga memberikan harga yang murah.
    4.Membangun data konsumen dan peningkatan ingatan konsumen
    Dengan menggunakan Promosi untuk membangun pusat data yang berhubungan dengan informasi konsumen. Dengan begitu perusahaan dapat merencanakan program-program reward dan memelihara hubungan dengan konsumen, yang terutama sekali adalah memilih yang paling menguntungkan perusahaan.
    5.Cross-selling dan perluasan dari penggunaan dari suatu merk
    Konsumen yang sudah terbiasa dengan suatu merk dan percaya, itu sudah cukup untuk membuat pembelian berulang, jika menjual kepada konsumen suatu produk lain tetapi dibawah merk yang sama atau yang membuat produk tersebut adalah perusahaan yang sama dapat lebih efektif dari pada menjual kepada konsumen yang tidak terbiasa dengan merk.
    6.Memperkuat brand image dan memperkuat brand relationship
    Sebuah contoh kasus, restoran cepat saji Mc Donalds selalu menarik perhatian anak-anak kecil. Mengapa sebagian anak kecil selalu sangat tertarik bila diajak pergi ke Mc Donalds? Mc Donald mempunyai cara yang sangat jitu untuk memperkuat brand imange dan brand relationsip. Salah satu contohnya, ada sebuah paket makanan untuk anak-anak yang memberikan hadiah mainan-mainan tokoh film kartun Walt Disney, ataupun tokoh film terbaru.
    Sales promotion pada dasarnya dibagi tiga jenis, yaitu :
    1. Consumer promotion, termasuk di dalamnya antara lain: pemberian sample secara gratis, pemberian kupon, pemberian hadiah, kontes dan sebagainya.
    2. Trade promotion, antara lain berupa: potongan harga, pemberian produk secara gratis dalam jumlah tertentu, dealer sales contest dan sebagainya.
    3. Sales force promotion, yang meliputi ‚ÄĚpemberian bonus, pemilihan salesman terbaik dan lain-lain.
    Sales Promotion juga memiliki beberapa karakteristik, yaitu :
    1. Komunikasi. Bertujuan untuk mendapatkan perhatian, dan biasanya memberikan informasi sedemikian rupa sehingga membuat konsumen tertarik pada produk yang dipromosikan.
    2. Insentif. Bersifat menyatukan kesepakatan, dukungan dan dorongan yang mempengaruhi konsumen secara positif dalam menilai suatu produk.
    3. Mengundang. Bersifat menggugah dan mengundang minat konsumen untuk segera membeli produk yang dipromosikan.