Sebelum saya membahas permasalahan “Jika tidak ada Jaringan Komputer” , Saya akan menyampaikan sedikit definisi Jaringan Komputer itu adalah Jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer berjumlah banyak yang terpisah-pisah akan tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya. Dua buah komputer misalnya dikatakan terkoneksi bila keduanya dapat saling bertukar informasi. Bentuk koneksi dapat melalui: kawat tembaga, serat optik, gelombang mikro, satelit komunikasi Ini adalah definisi umum yang sering kita dengar tapi menurut saya pribadi Jaringan Komputer itu adalah suatu jalur yang dimana terdapat proses dan server serta perangkat perangkat tambahan lainnya agar bisa dinamakan Jaringan Komputer.

Selanjutnya saya akan masuk kedalam pembahasan yang telah ada yaitu “Jika tidak ada Jaringan Komputer”. Jaringan komputer itu ada karena adanya server server yang harus saling terhubung satu dengan yang lainnya , apabila server server tersebut tidak terhubung dengan server yang lainnya maka mereka tidak bisa berfungsi semana mestinya. Contohnya Printer , Printer tidak akan berfungsi apabila tidak kita sambungkan dengan PC atau Laptop , pengertian tidak berfungsi disini adalah , Printer pada umumnya berfungsi sebagai alat cetak , fotocopy dan scanning kita bisa menggunaan fasilitas fasilitas tersebut jika kita menghubungkannya dengan PC atau Laptop.

Jaringan komputer menjadi penting bagi manusia dan organisasinya karena jaringan komputer mempunyai tujuan yang menguntungkan bagi manusia. Resource sharing/ berbagi sesumber seluruh program, peralatan dan data yang dapat digunakan oleh setiap orang yang ada dijaringan tanpa dipengaruhi lokasi sesumber dan pemakai. Contoh yang dapat saya simpulkan : Staff BIRO Akademik mengirimkan daftar mahasiswa baru ke perpustakaan dalam bentuk print out dengan langsung mencetaknya di printer perpustakaan dari komputer di BIRO akademik. Atau sebaliknya staff perpustakaan mendapatkan langsung file daftar mahasiswa baru yang disimpan di komputer staff BIRO akademik.

Jadi menurut saya jika tidak ada Jaringan Komputer maka sumber daya yang tidak akan bermanfaat sebaimana mestinya. Banyak sumber daya yang sangat tergantung kepada Jaringan Komputer , bahkan sumber daya tersebut tercipta karena adanya Jaringan Komputer , sebagai contoh printer, CPU, memori, harddisk ini adalah media sumber daya yang tercipta karena adanya Jaringan Komputer, Sarana Komunikasi seperti surat elektronik, instant messaging, chatting sangatlah penting diera sekarang dengan adanya jaringan komputer akan lebh memudahkan kita sebagai user dalam berkomunikasi dengan user lainnya walaupun jarak jauh atau bahkan belahan dunia , dan yang terakhir yang paling penting adalah Akses Informasi browsing dengan adanya fasilitas ini kita tidak hanya mengandalkan media radio , majalah ataupun koran akses informasi bisa kita unduh dimana saja , karena fasilitas browsing ini informasi lebih terupdate , lebih banyak dan luas , kita bisa tau informasi diberbagai belahan dunia dengan mengakses informasi tetapi hal tersebut tidak dapat kita nikmati apabila tidak terdapat Jaringan Komputer.

Dan bayangkan saja apa yang terjad jika Jaringan Komputer tidak ada. Kita akan sangat sangat mengalami hal yang berat , dalam pemanfaatan sumber daya , komunikasi dan yang terpenting adalah akses informasi. Karena kita hidup tidak hanyaperlu makan dan minum , selain kedua hal tersebut banyak hal menunjang kita untuk terus hidup atau menjalani kehidupan ini. Dan Jaringan Komputer salah satu yang kita butuhkan untuk menjalini kehidupan ini, Karena fasilitas fasilitas yang ada karena Jaringan Komputer sangat diperlukan untuk menunjang kinerja lingkungan yang ada.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.