diffrent of 2 way handshake and 3 way handshake



Filed under : IT, Kuliah

Kali ini saya akan membahas tentang 2-way handshake dan 3-way handshake.

Apa itu 2-way handshake? Dan apa itu 3-way handshake?

2-way handshake adalah sebuah cara untuk menghubungkan server dengan server lain, atau server dengan client, atau juga client dengan client lain. Dimana dalam 2-way handshake terjadi 2kali berjabat tangan (handshake). Dan 3-way handshake sama seperti 2-way handshake, yaitu cara untuk menghubungkan server dengan server lain, atau server dengan client, atau juga client dengan client lain. Dimana dalam 3-way handshake terjadi 3kali berjabat tangan (handshake).

Apa perbedaannya?

Dalam 2-way handshake sebagai contoh ada server dan client. Sebuah server akan melakukan SYN terhadap client (sebagai handshake pertama). Setelah itu client menkonfirmasi dan mengirim ACK/non ACK terhadap client sebagai balasan(sebagai handshake kedua). Dan setelah itu konektivitas terjadi jika server menjawab dengan ACK.

Kemudian dalam 3-way handshake sebagai contoh ada server dan client. Seorang client secara memulai permintaan SYN terhadap server(sebagai handshake pertama). Lalu server akan membalas dengan ACK/non ACK dan melakukan SYN terhadap client jika ACK (sebagai handshake kedua). Setelah itu client menkonfirmasi dan mengirim ACK/non ACK terhadap client sebagai balasan(sebagai handshake ketiga). Dan setelah itu konektivitas terjadi jika semuanya terACK.

Itulah penjelasan tentang 2-way handshake dan 3-way handshake. Semoga dengan penjelasan secara singkat ini beguna untuk kita semua, terutama untuk saya sendiri. Dan sampai ketemu di postingan saya selanjutnya.  🙂

2-way handshake and 3-way handshake.pdf