peer-to-peer file sharing with utorrent



Filed under : IT, Kuliah

BitTorrent adalah protokol yang mendukung praktek peer-to-peer file sharing dan digunakan untuk mendistribusikan sejumlah besar data yang melalui Internet . BitTorrent adalah salah satu protokol yang paling umum untuk mentransfer file besar dan telah diperkirakan bahwa, secara kolektif, peer-to-peer jaringan telah menyumbang sekitar 43% sampai 70% dari semua lalu lintas internet Tetapi, torrent tidak menggunakan protokol yang sama dengan protokol internet standar. Maka dibutuhkan suatu program khusus untuk mengakses torrent, seperti uTorrent.

uTorrent adalah sebuah software downloader semacam Internet Download Manager tapi dengan ber-ekstensi .torrent. UTorrentmerupakan salah satu protokol sharing file yang memungkinkan mendownload sebuah file yang berukuran besar dengan menggunakan bandwidth internet yang minimum. Program ini telah aktif dalam pembangunan sejak rilis pertama pada tahun 2005. uTorrent ini tersedia untuk Microsoft Windows , Mac OS X dan Linux.

Cara kerja uTorrent adalah memaksimalkan kecepatan transfer dengan mengumpulkan potongan-potongan file yang akan di-download dan mendownload potongan-potongan tersebut secara simultan dari orang-orang yang sudah memilikinya.

uTorrent sebenarnya penyebutan atau nama alternatif dari ╬╝Torrent (micro Torrent). Program ini adalah sebuah klien bagi-pakai file protokol torrent yang dikenal luas oleh para pengguna protokol tersebut. Ukuranya yang kecil adalah salah satu keunggulan utama uTorrent.

Untuk para pecinta Film Gratisan biasanya mendownload menggunakan uTorrent ini karena walaupun koneksi internet minim bisa mendownload Film secara cepat dan bisa di-Resume tanpa pengulangan download kembali.

Semoga info ini bermanfaat ^_^

utorrent,pdf