Final Copa Del Rey 2012 Athletic Bilbao VS FC Barcelona



Filed under : Olahraga

postingan kedua saya akan membahas tentang Final Copa Del Rey tahun ini. Saya sangat bersemangat untuk membahas hal ini, karena salah satu club yang bertanding adalah club dukungan saya, it’s El Barca. Tapi sebelum saya membahas pertandingan saya akan membahas dulu tentang Copa Del Rey.

Copa del Rey adalah sebuah kompetisi sepak bola tahunan yang diperuntukkan untuk klub-klub sepak bola Spanyol. Nama lengkapnya adalah Copa de Su Majestad El Rey Don Juan Carlos I, berdasarkan nama Raja Spanyol yang memerintah saat ini, Juan Carlos I.

Kompetisi ini dimulai pada tahun 1902, ketika itu Carlos Padrós, yang kemudian menjadi presiden klub Madrid FC mengusulkan diadakannya kompetisi sepak bola untuk menandai dimahkotainya Alfonso XIII. Empat klub yang mengikuti kompetisi ini adalah: FC Barcelona, Club Espanyol de Foot-Ball, Club Vizcaya, dan New Foot-Ball de Madrid. Club Vizcaya berhasil mengalahkan FC Barcelona di babak final sekaligus menjadikan klub tersebut sebagai klub yang pertama menjuarai Copa del Rey.

Sebelum ada bentuk pertama dari La Liga yang muncul pada tahun 1928, kompetisi ini merupakan kejuaraan nasional. Tahun demi tahun, berbagai macam format, seperti pemakaian babak penyisihan grup juga pernah dipakai. Tidak seperti Piala FA, yang berhak masuk Copa del Rey dibatasi. Hanya tim dari La Liga (Divisi Utama), Seguda A, 23 tim dari Segunda B dan tim yang menjuarai Divisi Tercera yang berhak mengikuti kompetisi ini.

Babak-babak awal, kompetisi memakai sistem one-off game (1 pertandingan) dengan tim yang berada di peringkat atau divisi yang lebih rendah diberikan home advantage (tuan rumah). Babak 32 besar sampai babak semifinal, kompetisi ini memakai sistem 2 pertandingan (kandang-tandang). Sementara babak final adalah menggunakan one-off game, tapi di tempat netral. Tim yang juara berhak mengikuti Piala Super Spanyol dan Piala UEFA musim depannya.

Untuk pelaksanaan Final kali ini yang akan digelar di Estadio Vicente Calderón – Madrid, pada hari Sabtu, tanggal 26 Mei 2012 pukul 3:00 WIB. partai Final akan mempertemukan 2 team yang terbanyak menjuarai event ini masing-masing Athletic Bilbao (23) Vs Barcelona (25).

Sepanjang sejarah Copa del Rey, Barcelona dan Athletic Bilbao sudah enam kali bertempur di partai final Copa del Rey. Barcelona memenangi empat laga, sementara Athletic Bilbao dua.

Partai final pertama terjadi pada tahun 1920. Kala itu Barcelona sukses menghempaskan Bilbao dengan skor 2-0. Adalah legenda El Barca, Paulino Alcantara yang memastikan kemenangan setelah Vicente Martinez mencetak gol pembuka.

Berikutnya, partai bertajuk balas dendam hadir di final 1932. Athletic Bilbao yang menghempaskan rekan sedaerah Barcelona, Espanyol, dengan agregat 12-1 di laga semifinal, datang dengan optimisme tinggi. Hasilnya gol tunggal Agustin Sauto Arana atau lebih akrab disebut Bata menjadi kunci keberhasilan pasukan Basque.

Sepuluh tahun kemudian, 1942, kala itu, dengan label Copa del Generallismo, Barcelona membutuhkan perpanjangan waktu untuk membunuh Athletic Bilbao. Gol terakhir Martin membuat El Barca menang 4-3. Partai ini nyaris menjadi milik Bilbao karena hingga 10 menit terakhir, kedudukan masih 3-1 untuk mereka.

Tahun 1953, lagi-lagi keduanya bersua. Kali ini Barcelona kembali mengukir kemenangan. Laszlo Kubala sang pencetak gol terbanyak Barcelona sepanjang masa, turut menyumbang 1 gol untuk hasil 2-1 di Stadion Chamartin, Madrid.

Sekian lama tak bersua, 31 tahun kemudian, tahun 1984, keduanya kembali berlaga di stadion kota Madrid. Santiago Bernabeu menjadi saksi kemenangan tipis 1-0 Bilbao untuk menyedikitkan agregat pertemuan menjadi 3-2.

Lagi-lagi butuh waktu panjang bagi Barcelona dan Bilbao untuk sepakat bersua di final. Musim 2008/2009, musim pertama rezim Pep Guardiola menguasai Spanyol dengan tangan besi gelar demi gelar, keduanya berhadapan.

Kali ini skor tertelak yang pernah ada dalam sejarah pertemuan mereka di final Copa del Rey pun tecipta. 4-1 dipatrikan Lionel Messi dkk. untuk menjadi patok pertama kerakusan Barcelona era Pep memboyong gelar demi gelar.

Pertemuan kembali pada musim ini jelas akan menjadi duel panas. Barcelona dengan sederetan pemain mudanya akan berhadapan dengan pasukan lokal rakyat Basque yang berangkat ke lapangan dengan semangat berani mati. Siapakah yang layak menang?

Head to Head Barcelona vs Athletic Bilbao:
1 April 2012 : Barcelona 2 – Athletic Bilbao 0 (La Liga)
7 Nov 2011 : Athletic Bilbao 2-2 Barcelona (La Liga)
21 Feb 2011 : Barcelona 2-1 Athletic Bilbao (La Liga)
6 Jan 2011 : Athletic Bilbao 1-1 Barcelona (Copa del Rey)
22 Des 2010 : Barcelona 0-0 Athletic Bilbao (Copa del Rey)
26 Sept 2010 : Athletic Bilbao 1-3 Barcelona (La Liga)

Lima Pertandingan Terakhir Barcelona :
13 Mei 2012 Real Betis 2– Barcelona 2 LL
6 Mei 2012 Barcelona 4 – RCD Espanyol 0 LL
3 Mei 2012 Barcelona 4 – Málaga 1 LL
30 Apr 2012 Rayo Vallecano 0 – Barcelona 7 LL
25 Apr 2012 Barcelona 2 – Chelsea 2 UCL

5 Pertandingan Terakhir Athletic Bilbao:
10 Mei 2012 Atletico Madrid 3 – Athletic Bilbao 0
6 Mei 2012 Athletic Bilbao 0 – Getafe 0
3 Mei 2012 Athletic Bilbao 0 – Real Madrid 3
29 Apr 2012 Real Zaragoza 2 – Athletic Bilbao 0
27 Apr 2012 Athletic Bilbao 3 – Sporting 1 LE

 

El Barca says :

Cesc Fabregas meyakinkan kalau Barcelona sudah amat siap untuk laga final Copa del Rey melawan Athletic Bilbao pada Jumat (25/5). Bintang El Barca itu pun menyatakan timnya masih terus termotivasi untuk mengakhir musim 2011-12 dengan sebuah trofi.

Tim Catalan gagal meraih gelar Liga BBVA yang justru jatuh ke tangan Real Madrid. Mereka juga sudah tak lagi memainkan laga resmi sejak pertandingan liga terakhir yang berakhir imbang 2-2 melawan Real Betis pada 12 Mei lalu.

Meski begitu, Fabregas yakin Barca tetap akan siap baik secara mental maupun fisik. Namun, eks pemain Arsenal itu juga memperkirakan akan mendapat perlawanan sengit saat menghadapi Bilbao nanti.

“Kami sudah bersiap untuk final. Sebenarnya, tidak normal untuk menunggu partai final selama itu, tapi semangat dan kegembiraan untuk bermain telah membantu kami selama menunggu. Aku yakin mereka tidak lebih termotivasi daripada kami. Kelaparan kami akan gelar belumlah pudar,” ucap Fabregas.

“Kami akan bermain melawan tim spektakuler yang kami kagumi. Mereka memiliki harapan, hasrat, dan selalu menatap maju. Mereka mengingatkanku terhadap tim-tim Inggris, dengan sepak bola yang amat langsung. namun, mereka juga mengandalkan permainan umpan,” imbuh dia.

 

Bilbao says:

Andoni Iraola menyuarakan keyakinannya, Athletic Bilbao bisa mengalahkan Barcelona di final Copa Del Rey pada Jumat (25/5) mendatang. Meski lawan yang dihadapi merupakan salah satu tim terkuat dunia, Iraola tak gentar.

Finalis Europa League ini memang melaju ke final dengan perjalanan tak terlalu sulit. Setelah mengalahkan Real Oviedo, Albacete, Mallorca, terakhir mereka membungkam tim kasta ketiga, Mirandes dengan agregat 8-3 di semifinal.

“Kami mungkin lebih beruntung dengan hasil imbang daripada di Eropa, yang lebih keras,” kata Iraola kepada AS. “Pada akhirnya, tidak ada yang ingat hasil imbang, kami hanya akan mencoba untuk memenangkan turnamen.”

Final akan menjadi pertandingan terakhir Josep Guardiola sebagai pelatih Barcelona, ​tapi Iraola percaya bahwa Los Leones bisa membuat kejutan kejutan, dengan menaklukkan El Barca.

“Kami akan bermain melawan tim yang hebat. Tapi secara fisik, kami siap dan kami adalah klub hebat. Jurang antara kedua belah pihak telah menyempit. Gol pertama akan sangat penting,” pungkasnya.

Prediksi Susunan Pemain Barcelona vs Athletic Bilbao:
Barcelona : Valdes-Puyol, Pique, Mascherano, Busquets, Fabregas, Iniesta, Xavi, Pedro, Alexis, Messi.

Athletich Bilbao : Iraizoz-Iraola, Amorebieta, Aurtenetxe, Martinez, Iturraspe, Susaetta, Herrera, De Marcos,Muniain,Llorente.

Berikut Prediksi Skor Barcelona vs Athletic Bilbao menurut Blog Terkenal:

prediksi amriawan.blogspot.com : 1-2 Untuk Barcelona
prediksi kang-jaya : 2-0 Untuk Barcelona
prediksi dunia-bola.net : 3-1 Untuk Barcelona
prediksi timonadiyoso.blogspot.com : 2-1 Untuk Barcelona
prediksi khafid.com : 3-1 Untuk Barcelona
prediksi menurut prediksibola.asia adalah : 2-1 untuk kemenangan Barcelona

Itulah informasi mengenai Copa Del Rey , kedua tim dan Prediksi skornya. Saya berharap El Barca memenangkan partai Final ini dan menjadi kado bagi Pep untuk pertandingan terakhirnya.

Bagaimanakah  Prediksi Skor pada final kali ini menurut agan semua, Athletic Bilbao atau Barcelona yang akan memperoleh gelar juara, silahkan agan-agan berkomentar disini….

Sumber : amriawan.blogspot.com