MPLS

Multiprotocol Label Switching (disingkat menjadi MPLS) adalah teknologi penyampaian paket pada jaringan backbone berkecepatan tinggi. Asas kerjanya menggabungkan beberapa kelebihan dari sistem komunikasi circuit-switched dan packet-switched yang melahirkan teknologi yang lebih baik dari keduanya. Sebelumnya, paket-paket diteruskan dengan protokol routing seperti OSPF, IS-IS, BGP, atau EGP. Protokol routing berada pada lapisan network (ketiga) dalam sistem OSI, sedangkan MPLS berada di antara lapisan kedua dan ketiga.

cara kerja MPLS dibagi menjadi 2:

Control Plane

Control plane proses ini bertanggung jawab untuk melakukan binding label MPLS ke rute-rute yang ada dalam routing table kemudian mendistribusikan rute-rute yang sudah berlabel tersebut ke router yang dapat menjalankan MPLS.

Data Plane

Data plane ini mempunyai kemiripan pada layer 3 switching. Perbedaannya adalah pada data plane melakukan forwarding paket berdasarkan label. Forwarding paket ke tujuan ditentukan berdasarkan informasi yang ada pada LFIB.

MPLS control plane bertanggung jawab untuk menjaga dan memelihara LFIB. IP routing protokol harus berjalan pada semua MPLS node untuk pertukaran informasi routing IP dengan semua node pada jaringan MPLS. Ketika paket IP sampai di LER (ingress router), dilakukan proses klasifikasi paket ke dalam Forward Equivalence Class (FEC). Klasifikasi paket ke dalam FEC dapat dilakukan berdasarkan destination IP address ataupun berdasarkan nilai dari IP Precence pada header paket IP. Semua paket yang diklasifikasikan ke dalam FEC yang sama akan mendapat perlakuan yang sama juga, misalnya dengan meneruskan paket ke jalur tertentu. Jika pengklasifikasian sudah selesai, maka paket data diberi label (label imposition/pushing) sesuai dengan klasifikasi FEC, sehingga klasifikasi paket hanya dilakukan di sisi edge. Sedangkan untuk di sisi core (LSR) dilakukan dengan:

i. Melakukan label lookup (melihat label) terhadap paket yang datang

ii. Menentukan outgoing interface dan outgoing label paket data tersebut

iii. Melakukan penukaran label antara paket yang datang dengan outgoing label yang sesuai (label swapping) dan selanjutnya mengirimkan melalui outgoing interface tertentu.

iv. Ketika paket sudah mencapai sisi edge (egress router), maka label paket akan dihapus (label disposition/popping).

Komponen MPLS :

 

  • Label Switched Path (LSP): Merupakan jalur yang melalui satu atau serangkaian LSR dimana paket diteruskan oleh label swapping dari satu MPLS node ke MPLS node yang lain.
  • Label Switching Router: MPLS node yang mampu meneruskan paket-paket layer-3
  • MPLS Edge Node atau Label Edge Router (LER): MPLS node yang menghubungkan sebuah MPLS domain dengan node yang berada diluar MPLS domain
  • MPLS Egress Node: MPLS node yang mengatur trafik saat meninggalkan MPLS domain
  • MPLS ingress Node: MPLS node yang mengatur trafik saat akan memasuki MPLS domain
  • MPLS label: merupakan label yang ditempatkan sebagai MPLS header
  • MPLS node: node yang menjalankan MPLS. MPLS node ini sebagai control protokol yang akan meneruskan paket berdasarkan label.

Sumber: http://digilib.ittelkom.ac.id/

download file: MPLS.pdf

categories IT, Kuliah | comments Comments (15,988)

apa yang ada di dalam router

kali ini kita akan membahas tentang router. lebih detailnya adalah apa yang ada di dalam router. router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkam paket data melalui sebuah jaringan  menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing ini terjadi pada lapisan 3.

Fungsi kunci dari router adalah menjalankan algoritma routing / protokol dan meneruskan datagram yang masuk ke link luar. Router terdiri dari 3 bagian, yaitu line termination, link layer protokol, dan lookup, forwarding queueing. Line termination adalah tempat pemberhentian data, link layer protokol adalah tempat penerimaan data dan lookup, forwarding queueing adalah tempat pencocokan data dan penerusan data ke luar.

Switching fabric adalah mentransfer paket dari buffer input ke output buffer yang tepat. Ada 3 tipe switching fabric. Pertama switching via memori, kedua via bus dan terakhir via interconnection networks.

Switching via memori adalah generasi pertama dari router. Komputer tradisional dengan switching dibawah kontrol langsung paket CPU disalin ke memori sistem. Tapi kecepatannya dibatasi oleh bandwith memori.

Switching via bus adalah datagram dari memori port input ke memori port output melalui shared memori. Dalam hal ini kecepatan switching dibatasi oleh bandwith bus.

Switching via interconnection network adalah cara untuk mengatasi keterbatasan bandwith bus. Awalnya dikembangkan untuk menghubungkan prosesor di multiprosesor. Dalam via ini fragmenting datagram menjadi panjang sel yg tetap.

Buffering diperlukan saat datagram tiba dari fabric lebih cepat daripada tingkat transmisi penjadwalan. Scheduling discipline diantara antrin datagram untuk transmisi. Buffering saat arrival rate via switch melebihi kecepatan output line. Delay dan kehilangan akibat overflow buffer output port. Rumus buffering adalah

 

Fabric lebih lambat dari penggabungan port input saat input antrian, antrian delay dan hilang akinat lupa input buffer. Head Of the Line (HOL) blocking adalah antrian datagram di depan antrian mencegah yang lain dalam antrian bergerak untuk maju.

untuk mendownload file ini :

Apa yang ada dalam router.pdf

 

thankz udah mampir gan. 😉

categories IT, Kuliah | comments Comments (21,920)

diffrent of 2 way handshake and 3 way handshake

Kali ini saya akan membahas tentang 2-way handshake dan 3-way handshake.

Apa itu 2-way handshake? Dan apa itu 3-way handshake?

2-way handshake adalah sebuah cara untuk menghubungkan server dengan server lain, atau server dengan client, atau juga client dengan client lain. Dimana dalam 2-way handshake terjadi 2kali berjabat tangan (handshake). Dan 3-way handshake sama seperti 2-way handshake, yaitu cara untuk menghubungkan server dengan server lain, atau server dengan client, atau juga client dengan client lain. Dimana dalam 3-way handshake terjadi 3kali berjabat tangan (handshake).

Apa perbedaannya?

Dalam 2-way handshake sebagai contoh ada server dan client. Sebuah server akan melakukan SYN terhadap client (sebagai handshake pertama). Setelah itu client menkonfirmasi dan mengirim ACK/non ACK terhadap client sebagai balasan(sebagai handshake kedua). Dan setelah itu konektivitas terjadi jika server menjawab dengan ACK.

Kemudian dalam 3-way handshake sebagai contoh ada server dan client. Seorang client secara memulai permintaan SYN terhadap server(sebagai handshake pertama). Lalu server akan membalas dengan ACK/non ACK dan melakukan SYN terhadap client jika ACK (sebagai handshake kedua). Setelah itu client menkonfirmasi dan mengirim ACK/non ACK terhadap client sebagai balasan(sebagai handshake ketiga). Dan setelah itu konektivitas terjadi jika semuanya terACK.

Itulah penjelasan tentang 2-way handshake dan 3-way handshake. Semoga dengan penjelasan secara singkat ini beguna untuk kita semua, terutama untuk saya sendiri. Dan sampai ketemu di postingan saya selanjutnya.  🙂

2-way handshake and 3-way handshake.pdf

categories IT, Kuliah | comments Comments (12,427)

Reliable Data Transfer & Pipelining

kali ini kita kan membahas secara singkat tentang RDT dan pipelining.

Transmission Control Protocol (TCP) adalah sebuah protokol pada layer transport yang bersifat conection oriented, dimana TCP menjamin bahwa data yang dikirimkan pasti diterima oleh receiver dengan benar, itulah yang disebut reliable data transfer. Jadi, Reliable data transfer adalah sebuah cara pengiriman data pada protokol TCP/IP. Ada macam-macam RDT, diantaranya RDT 1.0, 2.o, 2.1, 2.2, 3.0. dan kali ini kita akan membahas RDT 2.1,2.2, dan 3.0.

Pada saat proses RDT 2.1 ini pengertian secara singkatnya adalah pihak pengirim mengirimkan data, kemudian menunggu balasan berupa ACK/NACK. Pihak penerima akan mengirimkan ACK/NACK. Jika ada corrupt maka penerima menerima ACK/NACK kemudian mengirim ulang paket. Jika tidak ada error maka akan dilanjutkan dan pengirim akan mendapatkan ACK/NACK.

 

dan pada saat proses RDT 2.2 ini penjelasan secara singkatnya adalah hanya ACK yang digunakan dan jika ada ACK yang terduplikasi maka paket akan dikirim ulang.

 

Kemudian pada saat proses RDT 3.0 ini pengertian secara singkatnya adalah data dan ACK dikirim berurutan, jika ada error kemungkinan yang terjadi adalah paket data/ACK yang corrupt atau hilang. Akan tetapi tidak ada duplikasi.

 

dan yang akan kita bahas yang kedua adalah Pipeline. Pipeline adalah kerja paralel, dimana komputer mengerjakan 2 atau lebih bagian dari instruksi secara bersamaan tetapi dalam tahap yang berbeda yang dialirkan secara kontiniu pada unit pemrosesan. Dengan cara ini, maka unit pemroses selalu bekerja.

kelemahan pipeline dengan menggunakan Selective Repeat.adalah:

  • Pengirim dapat mempunyai paket dalam jumlah banyak di dalam pipelining.
  • Penerima mengirim ACK secara individu untuk setiap paket.
  • Pengirim mempertahankan waktu untuk setiap paket yang tidak atau bukan ACK.

untuk file .pdfnya klik rdt_pipelining

categories IT, Kuliah | comments Comments (14,173)

Messi dan Ronaldo di El Classico ke-222

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Keduanya senantiasa dibanding-bandingkan. Fans masing-masing bintang, sama-sama mengklaim salah satu lebih baik daripada yang lain. Ada hal unik di El Clasico ke-222 kemarin.

Dua juru tembak Barcelona dan Real Madrid yang seakan bermusuhan ini tampil layaknya dua sahabat. Kala Ronaldo meringis kesakitan karena cedera di bahunya, King Leo menunjukkan kekhawatirannya pada ‘sang rival’. Dan CR7 menghargai sikap sportif Messi.

Lionel Messi vs Cristiano Ronaldo. Demikian yang senantiasa menjadi headline berita dalam tiga-empat tahun terakhir. Sejak CR7 diboyong Real Madrid dengan harga 94 juta Euro pada tahun 2009-10, ‘perseteruan’ antara keduanya tak terhindarkan lagi. King Leo adalah ikon Barcelona, yang pada masa kini, disebut sebagai klub terbaik dunia. Dan Ronaldo, berada di Real Madrid, pesaing terkuat Barca di Liga Spanyol dan Eropa.

Kompetisi antara Messi vs Ronaldo pun berlanjut. Keduanya selalu mencuri perhatian dunia; dan membuat penyerang hebat mana pun, menjadi minor. Puncaknya musim lalu, kala King Leo mencetak 73 gol dan Ronaldo 60 gol. Jumlah fantastis untuk sepakbola modern yang demikian ketat, sekaligus membuat para penyerang maut di antero dunia, hanya bisa bermimpi untuk mendekati level keduanya.

Senin lalu, Messi dan Ronaldo kembali bertemu. Di El Clasico pekan ketujuh Liga Spanyol (El Clasico ke-222), keduanya sama-sama mencetak dua gol untuk membuat Barcelona bermain imbang 2-2 dengan Real Madrid.

Dua raja bertemu. Dan dua raja ini sama sekali tak menunjukkan api permusuhan seperti yang disebut kebanyakan media. Ada sebuah momen kala Ronaldo untuk kesekian kali mengalami masalah di bahunya. Ketika itu, Messi melihat bahu ‘sang rival’.

Messi mengucapkan beberapa kata kepadanya sambil menutupi mulut (bicara dengan menutupi bagian mulut adalah sesuatu yang terbiasa dilakukan Messi di lapangan). King Leo menanyakan apakah Ronaldo baik-baik saja.

Respons positif pun diberikan CR7 dengan memberikan anggukan bahwa ia tak apa, sambil mengedipkan mata dengan senyum tipis sebagai bentuk penghargaan atas perhatian Messi.

Messi dan Ronaldo. Keduanya mungkin bisa disebut sebagai rival dalam urusan membantu tim masing-masing bersinar. Namun, ‘persaingan’ tersebut tak membawa keduanya terlibat sebuah permusuhan. Sebuah pelajaran berharga tak hanya bagi fans keduanya, atau fans Barca dan Madrid, tetapi juga pada semua penggila sepakbola. #FootballRespect

🙂

 

sumber: news.manycome.com

categories Olahraga | comments Comments (20,128)

peer-to-peer file sharing with utorrent

BitTorrent adalah protokol yang mendukung praktek peer-to-peer file sharing dan digunakan untuk mendistribusikan sejumlah besar data yang melalui Internet . BitTorrent adalah salah satu protokol yang paling umum untuk mentransfer file besar dan telah diperkirakan bahwa, secara kolektif, peer-to-peer jaringan telah menyumbang sekitar 43% sampai 70% dari semua lalu lintas internet Tetapi, torrent tidak menggunakan protokol yang sama dengan protokol internet standar. Maka dibutuhkan suatu program khusus untuk mengakses torrent, seperti uTorrent.

uTorrent adalah sebuah software downloader semacam Internet Download Manager tapi dengan ber-ekstensi .torrent. UTorrentmerupakan salah satu protokol sharing file yang memungkinkan mendownload sebuah file yang berukuran besar dengan menggunakan bandwidth internet yang minimum. Program ini telah aktif dalam pembangunan sejak rilis pertama pada tahun 2005. uTorrent ini tersedia untuk Microsoft Windows , Mac OS X dan Linux.

Cara kerja uTorrent adalah memaksimalkan kecepatan transfer dengan mengumpulkan potongan-potongan file yang akan di-download dan mendownload potongan-potongan tersebut secara simultan dari orang-orang yang sudah memilikinya.

uTorrent sebenarnya penyebutan atau nama alternatif dari μTorrent (micro Torrent). Program ini adalah sebuah klien bagi-pakai file protokol torrent yang dikenal luas oleh para pengguna protokol tersebut. Ukuranya yang kecil adalah salah satu keunggulan utama uTorrent.

Untuk para pecinta Film Gratisan biasanya mendownload menggunakan uTorrent ini karena walaupun koneksi internet minim bisa mendownload Film secara cepat dan bisa di-Resume tanpa pengulangan download kembali.

Semoga info ini bermanfaat ^_^

utorrent,pdf

categories IT, Kuliah | comments Comments (16,739)

kejahatan dalam jaringan dan cara membuat keamanannya

Pada zaman sekarang ini dunia IT berkembang dengan sangat pesat. Sekarang banyak kejahatan yang digunakan dalam dunia maya yang terjadi. Berikut beberapa contohnya:

Dalam hal keamanan jaringan, spoofing merupakan sebuah situasi di mana seseorang atau sebuah program menyamar menjadi orang lain dengan memalsukan data untuk melakukan tindakan ilegal. Spoofing sendiri banyak macamnya, misal IP spoofing yang dilakukan untuk memalsukan IP Address yang biasanya dilakukan oleh para pelaku kejahatan cyber. Contoh lain adalah Webpage spoofing, di mana pada kasus ini terjadi duplikasi sebuah website. Yang umum terjadi adalah penduplikasian website sebuah bank guna memperoleh data nasabah dengan cara menampilkan tampilan login palsu sehingga pengguna harus memasukkan datanya untuk mengakses situs tersebut. Namun pada saat pengguna memasukkan datanya, pelaku menyimpan data tersebut kemudian menampilkan kesan untuk pemasukan data salah sehingga harus diulang padahal saat itu pengguna diarahan ke situs yang asli.

  • Phising erat kaitannya dengan spoofing, karena phising juga digunakan untuk memperoleh data seseorang untuk tujuan ilegal. Biasanya phising dilakukan dengan mengirim e-mail yang isinya berupa pemberitahuan telah memenangkan sebuah undian dengan syarat mengirimkan data pribadi.
  • Pharming merupakan serangan hacker ke Domain Name Servive (DNS) yang bertujuan mengarahkan lalu lintas sebuah website ke website palsu. Pharming masih berhubungan dengan phising karena sama-sama bertujuan untuk memperoleh data pribadi pengguna internet. Pharming dapat dicegah dengan melindungi DNS menggunakan software pengaman karena spam filter tidak dapat melindungi dari pharming.
  • Cookies merupakan kumpulan data yang diberikan oleh sebuah webserver saat kita ingin mengakses sebuah web melalui browser. Cookies yang tersimpan dalam komputer dapat mempercepat akses ke website yang dituju. Namun, cookies juga membuat spyware untuk menyebar untuk masuk ke komputer. Cookies digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk merekam data. Misalnya jika kita menggunakan jejaring sosial, cookies bisa disisipkan melalui celah komentar untuk mendapat akses ke akun kita.
  • Spyware merupakan jenis malware yang dapat terinstal pada komputer dan mengumpulkan informasi tentang pengguna dan komputernya atau digunakan untuk memonitor penggunaan komputer. Spyware juga dapat menginstal software tambahan secara otomatis yang kemudian bertujuan untuk mengarahkan aktivitas web browser. Spyware juga dikenal digunakan untuk mengubah pengaturan komputer sehingga kecepatan koneksi menjadi lambat atau terputusnya koneksi bahkan menon-aktifkan suatu program.
  • Snooping berasal dari kata dasar snoop yang berarti mengintai. Dalam hal sistem keamanan komputer, snooping merupakan kegiatan mengakses data orang lain atau perusahaan secara tidak sah. Kegiatan ini mirip dengan penyadapan atau melihat aktivitas pengguna komputer. Saat ini snooping dapat dilakukan menggunakan software untuk memonitor aktivitas pada sebuah jaringan. Meskipun memiliki pandangan negatif, snooping dapat digunakan untuk hal positif lain, misalakan pemerintah dapat melakukan snooping untuk mencegah tindak kejahatan dengan memantau lalu lintas jaringan.
  • Spam merupakan penyalahgunaan pesan elektronik yang digunakan untuk mengirim suatu iklan atau berita secara massal dan bertubi-tubi sehingga membuat pengguna suatu situs merasa tidak nyaman. Spam bahkan terkadang digunakan untuk penipuan. Spam tidak hanya dalam bentuk e-mail, namun juga terjadi dalam bentuk pengiriman pesan singkat ke perangkat ponsel. Spam merebak karena biayanya yang murah dan tidak membutuhkan mailing list.

 

menurut David Icove, bahwa 4 tingkat yang harus diperhatikan jika kita ingin membuat keamanan jaringan :
1. Fisik / Physical Security
2. Manusia / Personel Security
3. Data, media , teknik dan komunikasi
4. Kebijakan dan prosedur

Implementasi 4 tingkat keamanan tersebut terhadap keamanan jaringan adalah sebagai berikut :

1. Fisik
Yang dimaksudkan disini cenderung ke arah bentuk fisik dari komponen penyusun jaringan tersebut. Keamanan fisik lebih dipandang pada sisi hardware dari jaringan komputer seperti AP ( Access Point ), Kabel LAN ( Local Area Network ), Chasing CPU, UPS, dst. Tentunya kita harus memahami gangguan secara fisik terlebih dahulu. Pada suatu kasus, jaringan A memilikiskema jaringan.jpg gangguan fisik seperti Tegangan listrik yang naik-turun merusak CPU, Rawan tikus yang menggigit kabel LAN, Ruangan yang tidak lengkapi AC sehinggah menciptakan suhu yang panas. Keamanan Fisik yang harus dilakukan melihat kasus tersebut adalah dengan memasang UPS pada tiap-tiap komputer, Kabel LAN disusun rapi didalam rak kabel anti-tikus dan ruangan dipasangi AC (Air Conditioner). Perlu diingat, alat elektronik bisa bertahan lama bila kita mampu merawatnya dengan baik.

2. Manusia / Personel Security
Keamanan terhadap personel yang menggunakan jaringan komputer perlu diperhatikan. Melihat kasus Kevin Mitnick ( Hacker Legendaris ), dimana dia mampu menjebol sistem keamanan perusahaan dengan cara berpura-pura menjadi pegawai service komputer. Hal yang mungkin terjadi adalah sistem keamanan jaringan komputer rusak gara-gara orang asing yang masuk ataupun personel yang bekerja dalam jaringan itu sendiri. Bila terkait dengan orang asing, keamanan bisa dibentuk dengan membuat sistem ID-CARD, penempatan petugas keamanan ataupun penerapan level personel. Bagaimana bila orang dalam? Sangat sulit membentuk standar keamanan personel karena ini berkaitan dengan etika dan moral dari personel itu sendiri. Kita hanya bisa berharap bahwa HRD mampu menyeleksi pegawai yang jujur dan bisa dipercaya dalam bekerja.

3. Data, Media, Teknik dan Komunikasi
Keamanan pada bidang ini cenderung mendapatkan perhatian yang lebih daripada yang lain. Keamanan pada sisi ini menitikberatkan pada aspek software. Data pada jaringan tentu harus diamankan dari berbagai pihak yang tidak memiliki izin khusus. Dalam jaringan komputer dapat ditentukan medianya untuk berkomunikasi menggunakan media dan teknik tertentu. Contoh kasusnya, dalam jaringan A, komunikasi transfer file dilakukan dengan sistem sharing. Ada pemberian ijin kepada komputer tertentu yang bisa mengakses data-data penting. Dalam jaringan tersebut, menggunakan media sharing file system ( seperti NFS (Network File System) dalam pertukaran data. Secara teknik, tiap- tiap komputer harus mengetahui alamat komputer lain bila hendak melakukan sharing. Nah, dalam gambaran umum tersebut, keamanan ditingkatkan dengan cara menggunakan password dalam pengaturan hak pengaksesan data. Selain itu, komputer lain tidak boleh menggunakan media lain selain sistem file sharing dalam berkomunikasi. Pada keamanan ini terdapat berbagai jenis standar keamanan. Tapi perlu diingat bahwa sistem keamanan yang bagus tidak hanya pada software tetapi juga aspek yang lain.

4. Kebijakan dan prosedur
Kebijakan ( policy ) serta prosedur dalam jaringan komputer harus ditentukan secara tegas guna membangun sistem keamanan yang kuat. Penggolongan beberapa pengguna jaringan komputer terhadap kepentingannya haruslah diperhatikan. Aplikasinya, bila pada suatu jaringan komputer perusahaan, terdapat 3 bidang kerja yaitu keuangan, customer service dan produksi. Pengaturan kebijakan dan prosedur diterapkan berdasarkan kepentingan bidang kerja masing-masing. Contohnya,perusahaan tersebut mendapatkan koneksi internet. Kita perlu melihat bahwa kepentingan divisi keuangan yang tidak membutuhkan internet dalam operasionalnya. Sedangkan divisi customer service dan produksi membutuhkan akses internet dalam operasionalnya. Maka pengaturan kebijakan disini adalah koneksi internet cuma diberikan pada jaringan komputer divisi customer service dan produksi sedangkan divisi keuangan tidak diberikan akses internet. Namun secara total, jaringan komputer divisi keuangan, divisi customer service serta divisi produksi saling terhubung satu dengan yang lain.

Kita telah mengetahui beberapa kejahatan dalam dunia jaringan internet, kita juga telah mengetahui cara membuat keamanan jaringan. semoga semua ini bermanfaaat untuk semuanya. amien. 🙂

sumber: http://ilmumengenaikomputer.blogspot.com/

categories IT, Kuliah | comments Comments (21,393)

Mulai Juni, Takkan ada lagi SMS Gratis

Mungkin info ini cukup tidak mengenakkan bagi agan-agan yang sering memakai layana SMS setiap harinya. Apalagi sebagai anak kos seperti ane. bagaimana tidak, SMS sangat diperlukan oleh siapa saja, apa lagi bagi anak kuliahan, mungin untuk jarkom dll. lagusung saja ke berita.

 

” TEMPO.CO, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan interkoneksi SMS berbasis biaya mulai diberlakukan pada 1 Juni nanti.

 

Dengan skema ini, SMS yang sebelumnya berdasarkan Sender Keep All (SKA) tidak berlaku. Metode SKA biasanya dijadikan ajang promosi operator selular untuk memberikan SMS gratis ke operator lain.

 

Dengan demikian, operator pengirim pesan memperoleh pendapatan, sementara operator penerima mendapatkan trafik.

 

Perubahan skema menjadi berbasis biaya (costbased) ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Menteri Kominfo No 08/PER/M.KOMINFO/02/2006 tentang Interkoneksi yang menyebutkan penyelenggaraan interkoneksi harus berdasarkan biaya.

 

Selama ini interkoneksi layanan pesan pendek atau SMS dilakukan dengan basis SKA dengan pertimbangan trafik SMS antar penyelenggara akan berimbang karena adanya proses balas-berbalas pengiriman SMS.

 

»Namun dalam perkembangannya terjadi ketidakseimbangan trafik sehingga penyelenggara yang ‘kebanjiran’ SMS dari penyelenggara lain merasa dirugikan,” kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo Gatot S. Dewa Broto dalam siaran pers, Sabtu, 26 Mei 2012.

 

Selama ini penerapan skema SKA kerap disalahgunakan, seperti munculnya SMS Broadcast, yaitu penyebaran SMS ke banyak pengguna telepon seluler dan SMS spamming atau SMS yang tidak diinginkan. Di sisi lain, sebagian masyarakat tidak menyadari bahwa tarif murah dan gratis disertai dengan syarat dan atau ketentuan tertentu.

 

Dalam penjelasannya, Gatot mengatakan biaya interkoneksi SMS mengikuti hasil perhitungan biaya interkoneksi tahun 2010, yaitu sebesar Rp 23 per SMS. Sedangkan tarif pungut yang menjadi beban konsumen adalah biaya interkoneksi ditambah beberapa komponen biaya lainnya.

 

Perubahan ini, kata Gatot untuk menciptakan iklim yang sehat bagi industri telekomunikasi, terutama bagi jaringan yang digunakan untuk menyalurkan trafik SMS. Kebijakan ini diharapkan bisa mendorong pertumbuhan investasi dan pembangunan infrastruktur jaringan baru.

 

Menurut Gatot kebijakan ini tidak menutup kompetisi bagi operator untuk memberikan layanan SMS dengan tarif murah. Namun, persaingan tersebut harus tetap berbasis biaya.

 

Sebenarnya, pada April 2010 pemerintah telah melaranga layanan SMS gratis. Namun larangan tersebut tidak efektif karena dasar hukum yang dinilai lemah. Sekarang, tidak ada pilihan bagi operator. »Target waktu implementasi tidak dapat ditawar lagi,” kata Gatot.

 

Sejak Desember 2011 lalu, pemerintah telah telah mengkaji berbagai komponen untuk berjalannya kebijakan SMS berbasis biaya ini, baik itu persiapan modifikasi storage, server, sistem billing , pengalokasikan dana untuk belanja modal (capex), dan sistem interkoneksi masing-masing operator. ”

 

Jika memang terjadi begini, untuk beberapa hari kedepan lagi, bagaimana pendapat agan-agan? apakah agan setuju untuk ini? silahkan berkomentar..

 

Sumber: http://id.berita.yahoo.com/juni-tak-ada-lagi-sms-gratis-111336706.html

categories Uncategorized | comments Comments (8,022)

Final Copa Del Rey 2012 Athletic Bilbao VS FC Barcelona

postingan kedua saya akan membahas tentang Final Copa Del Rey tahun ini. Saya sangat bersemangat untuk membahas hal ini, karena salah satu club yang bertanding adalah club dukungan saya, it’s El Barca. Tapi sebelum saya membahas pertandingan saya akan membahas dulu tentang Copa Del Rey.

Copa del Rey adalah sebuah kompetisi sepak bola tahunan yang diperuntukkan untuk klub-klub sepak bola Spanyol. Nama lengkapnya adalah Copa de Su Majestad El Rey Don Juan Carlos I, berdasarkan nama Raja Spanyol yang memerintah saat ini, Juan Carlos I.

Kompetisi ini dimulai pada tahun 1902, ketika itu Carlos Padrós, yang kemudian menjadi presiden klub Madrid FC mengusulkan diadakannya kompetisi sepak bola untuk menandai dimahkotainya Alfonso XIII. Empat klub yang mengikuti kompetisi ini adalah: FC Barcelona, Club Espanyol de Foot-Ball, Club Vizcaya, dan New Foot-Ball de Madrid. Club Vizcaya berhasil mengalahkan FC Barcelona di babak final sekaligus menjadikan klub tersebut sebagai klub yang pertama menjuarai Copa del Rey.

Sebelum ada bentuk pertama dari La Liga yang muncul pada tahun 1928, kompetisi ini merupakan kejuaraan nasional. Tahun demi tahun, berbagai macam format, seperti pemakaian babak penyisihan grup juga pernah dipakai. Tidak seperti Piala FA, yang berhak masuk Copa del Rey dibatasi. Hanya tim dari La Liga (Divisi Utama), Seguda A, 23 tim dari Segunda B dan tim yang menjuarai Divisi Tercera yang berhak mengikuti kompetisi ini.

Babak-babak awal, kompetisi memakai sistem one-off game (1 pertandingan) dengan tim yang berada di peringkat atau divisi yang lebih rendah diberikan home advantage (tuan rumah). Babak 32 besar sampai babak semifinal, kompetisi ini memakai sistem 2 pertandingan (kandang-tandang). Sementara babak final adalah menggunakan one-off game, tapi di tempat netral. Tim yang juara berhak mengikuti Piala Super Spanyol dan Piala UEFA musim depannya.

Untuk pelaksanaan Final kali ini yang akan digelar di Estadio Vicente Calderón – Madrid, pada hari Sabtu, tanggal 26 Mei 2012 pukul 3:00 WIB. partai Final akan mempertemukan 2 team yang terbanyak menjuarai event ini masing-masing Athletic Bilbao (23) Vs Barcelona (25).

Sepanjang sejarah Copa del Rey, Barcelona dan Athletic Bilbao sudah enam kali bertempur di partai final Copa del Rey. Barcelona memenangi empat laga, sementara Athletic Bilbao dua.

Partai final pertama terjadi pada tahun 1920. Kala itu Barcelona sukses menghempaskan Bilbao dengan skor 2-0. Adalah legenda El Barca, Paulino Alcantara yang memastikan kemenangan setelah Vicente Martinez mencetak gol pembuka.

Berikutnya, partai bertajuk balas dendam hadir di final 1932. Athletic Bilbao yang menghempaskan rekan sedaerah Barcelona, Espanyol, dengan agregat 12-1 di laga semifinal, datang dengan optimisme tinggi. Hasilnya gol tunggal Agustin Sauto Arana atau lebih akrab disebut Bata menjadi kunci keberhasilan pasukan Basque.

Sepuluh tahun kemudian, 1942, kala itu, dengan label Copa del Generallismo, Barcelona membutuhkan perpanjangan waktu untuk membunuh Athletic Bilbao. Gol terakhir Martin membuat El Barca menang 4-3. Partai ini nyaris menjadi milik Bilbao karena hingga 10 menit terakhir, kedudukan masih 3-1 untuk mereka.

Tahun 1953, lagi-lagi keduanya bersua. Kali ini Barcelona kembali mengukir kemenangan. Laszlo Kubala sang pencetak gol terbanyak Barcelona sepanjang masa, turut menyumbang 1 gol untuk hasil 2-1 di Stadion Chamartin, Madrid.

Sekian lama tak bersua, 31 tahun kemudian, tahun 1984, keduanya kembali berlaga di stadion kota Madrid. Santiago Bernabeu menjadi saksi kemenangan tipis 1-0 Bilbao untuk menyedikitkan agregat pertemuan menjadi 3-2.

Lagi-lagi butuh waktu panjang bagi Barcelona dan Bilbao untuk sepakat bersua di final. Musim 2008/2009, musim pertama rezim Pep Guardiola menguasai Spanyol dengan tangan besi gelar demi gelar, keduanya berhadapan.

Kali ini skor tertelak yang pernah ada dalam sejarah pertemuan mereka di final Copa del Rey pun tecipta. 4-1 dipatrikan Lionel Messi dkk. untuk menjadi patok pertama kerakusan Barcelona era Pep memboyong gelar demi gelar.

Pertemuan kembali pada musim ini jelas akan menjadi duel panas. Barcelona dengan sederetan pemain mudanya akan berhadapan dengan pasukan lokal rakyat Basque yang berangkat ke lapangan dengan semangat berani mati. Siapakah yang layak menang?

Head to Head Barcelona vs Athletic Bilbao:
1 April 2012 : Barcelona 2 – Athletic Bilbao 0 (La Liga)
7 Nov 2011 : Athletic Bilbao 2-2 Barcelona (La Liga)
21 Feb 2011 : Barcelona 2-1 Athletic Bilbao (La Liga)
6 Jan 2011 : Athletic Bilbao 1-1 Barcelona (Copa del Rey)
22 Des 2010 : Barcelona 0-0 Athletic Bilbao (Copa del Rey)
26 Sept 2010 : Athletic Bilbao 1-3 Barcelona (La Liga)

Lima Pertandingan Terakhir Barcelona :
13 Mei 2012 Real Betis 2– Barcelona 2 LL
6 Mei 2012 Barcelona 4 – RCD Espanyol 0 LL
3 Mei 2012 Barcelona 4 – Málaga 1 LL
30 Apr 2012 Rayo Vallecano 0 – Barcelona 7 LL
25 Apr 2012 Barcelona 2 – Chelsea 2 UCL

5 Pertandingan Terakhir Athletic Bilbao:
10 Mei 2012 Atletico Madrid 3 – Athletic Bilbao 0
6 Mei 2012 Athletic Bilbao 0 – Getafe 0
3 Mei 2012 Athletic Bilbao 0 – Real Madrid 3
29 Apr 2012 Real Zaragoza 2 – Athletic Bilbao 0
27 Apr 2012 Athletic Bilbao 3 – Sporting 1 LE

 

El Barca says :

Cesc Fabregas meyakinkan kalau Barcelona sudah amat siap untuk laga final Copa del Rey melawan Athletic Bilbao pada Jumat (25/5). Bintang El Barca itu pun menyatakan timnya masih terus termotivasi untuk mengakhir musim 2011-12 dengan sebuah trofi.

Tim Catalan gagal meraih gelar Liga BBVA yang justru jatuh ke tangan Real Madrid. Mereka juga sudah tak lagi memainkan laga resmi sejak pertandingan liga terakhir yang berakhir imbang 2-2 melawan Real Betis pada 12 Mei lalu.

Meski begitu, Fabregas yakin Barca tetap akan siap baik secara mental maupun fisik. Namun, eks pemain Arsenal itu juga memperkirakan akan mendapat perlawanan sengit saat menghadapi Bilbao nanti.

“Kami sudah bersiap untuk final. Sebenarnya, tidak normal untuk menunggu partai final selama itu, tapi semangat dan kegembiraan untuk bermain telah membantu kami selama menunggu. Aku yakin mereka tidak lebih termotivasi daripada kami. Kelaparan kami akan gelar belumlah pudar,” ucap Fabregas.

“Kami akan bermain melawan tim spektakuler yang kami kagumi. Mereka memiliki harapan, hasrat, dan selalu menatap maju. Mereka mengingatkanku terhadap tim-tim Inggris, dengan sepak bola yang amat langsung. namun, mereka juga mengandalkan permainan umpan,” imbuh dia.

 

Bilbao says:

Andoni Iraola menyuarakan keyakinannya, Athletic Bilbao bisa mengalahkan Barcelona di final Copa Del Rey pada Jumat (25/5) mendatang. Meski lawan yang dihadapi merupakan salah satu tim terkuat dunia, Iraola tak gentar.

Finalis Europa League ini memang melaju ke final dengan perjalanan tak terlalu sulit. Setelah mengalahkan Real Oviedo, Albacete, Mallorca, terakhir mereka membungkam tim kasta ketiga, Mirandes dengan agregat 8-3 di semifinal.

“Kami mungkin lebih beruntung dengan hasil imbang daripada di Eropa, yang lebih keras,” kata Iraola kepada AS. “Pada akhirnya, tidak ada yang ingat hasil imbang, kami hanya akan mencoba untuk memenangkan turnamen.”

Final akan menjadi pertandingan terakhir Josep Guardiola sebagai pelatih Barcelona, ​tapi Iraola percaya bahwa Los Leones bisa membuat kejutan kejutan, dengan menaklukkan El Barca.

“Kami akan bermain melawan tim yang hebat. Tapi secara fisik, kami siap dan kami adalah klub hebat. Jurang antara kedua belah pihak telah menyempit. Gol pertama akan sangat penting,” pungkasnya.

Prediksi Susunan Pemain Barcelona vs Athletic Bilbao:
Barcelona : Valdes-Puyol, Pique, Mascherano, Busquets, Fabregas, Iniesta, Xavi, Pedro, Alexis, Messi.

Athletich Bilbao : Iraizoz-Iraola, Amorebieta, Aurtenetxe, Martinez, Iturraspe, Susaetta, Herrera, De Marcos,Muniain,Llorente.

Berikut Prediksi Skor Barcelona vs Athletic Bilbao menurut Blog Terkenal:

prediksi amriawan.blogspot.com : 1-2 Untuk Barcelona
prediksi kang-jaya : 2-0 Untuk Barcelona
prediksi dunia-bola.net : 3-1 Untuk Barcelona
prediksi timonadiyoso.blogspot.com : 2-1 Untuk Barcelona
prediksi khafid.com : 3-1 Untuk Barcelona
prediksi menurut prediksibola.asia adalah : 2-1 untuk kemenangan Barcelona

Itulah informasi mengenai Copa Del Rey , kedua tim dan Prediksi skornya. Saya berharap El Barca memenangkan partai Final ini dan menjadi kado bagi Pep untuk pertandingan terakhirnya.

Bagaimanakah  Prediksi Skor pada final kali ini menurut agan semua, Athletic Bilbao atau Barcelona yang akan memperoleh gelar juara, silahkan agan-agan berkomentar disini….

Sumber : amriawan.blogspot.com

categories Olahraga | comments Comments (49,282)

Real Time Scheduling

Postingan pertama saya ini untuk membahas tentang Real Time Scheduling..

Materi ini ada di matakuliah Sistem Operasi yang sedang saya  pelajari sekarang..

langsung ke materi aja..

 

arti dari Real-Time  adalah keadaan yang sedang berjalan, sesuatu yang kita lihat, kita dengar dan kita rasakan pada saat itu juga. dan arti dari Scheduling adalah penjadwalan. jadi dapat disimpulkan Real-Time Scheduling adalah proses pengoperasian suatu software/hardware yang sudah diatur dalam penjadwalan.

Real Time Scheduling ini dibagi dalam 2 jenis, yaitu:

– Hard Real-Time : mengharuskan proses selesai dalam kurun waktu tertentu, jika tidak maka bisa gagal atau mungkin fatal error
– Soft Real-Time   : terdapat prioritas dalam melaksanakan tugas, dan tidak terpaku waktu atau terdapat toleransi.

Dalam Real Time scheduling ini, kita akan dengan beberapa kategori algoritma, yaitu :

  • Clock-driven
  • Weighted Round-Robin
  • Priority-driven

Clock-driven

pada clock-driven scheduling ini terdapat bagian yang menunjuk waktu penjadwalan yang disebut  “scheduling desicion time”  fungsingya untuk menentukan prioritas dalan suatu proses, penjadwalan dilakukan secara langsung dan pada waktu tertentu. Clock-driven biasanya digunakan pada hard real-time sistem.

ciri-ciri:

  • Semua parameter dari real-time job sifatnya tetap dan diketahui
  • Jadwal dari job yang dihitung secara offline dan disimpan untuk digunakan saat runtime sebagai hasilnya, penjadwalan overhead-nya dapat diminimalkan
  • Sederhana dan lurus ke depan, tapi tidak fleksibel

 

Weight Round-Robin

Weight Round-Robin ini merupakan algoritma kelanjutan dari algoritma round robin( RR ). Biasanaya algoritma ini digunakan untuk penjadwalan real – time traffic dalam kecepatan tinggi.

 

Priority-driven

Priority-driven ini adalah algoritma yang mengutamakan prioritas untuk menyelesaikan suatu proses yang dieksekusi. Algoritma ini dapat digunakan untuk real-time sistem yang lebih dinamis berdasarkan waktu dan kegiatan aktivitas, dimana sistem harus beradaptasi dengan perubahan kondisi dan kejadian yang terjadi.

 

dari algoritma yang telah disebutkan di atas, terdapat beberapa penjadwalan penjadwalan :

1. Dynamic best effort scheduling

ini adalah penjadwalan yang sering dipakai. proses akan dieksekusi tergantung dari prioritas masing-masing proses dan pengerjaannya terdapat batas waktu.

2. Dynamic planning-based scheduling

penjadwalan yang dilakukan dengan membuat penjadwalan baru sebelum proses dieksekusi.

3. Static priority-driven preemptive scheduling

penjadwalan ini tergantung dari prioritas proses masing-masing dan dapat di intruksi atau sela oleh proses yang lain.

4. Static table-driven scheduling

penjadwalan ini adalah penjadwalan yang mengerjakannya sesuai dengan urutan pengerjaannya.

categories IT, Kuliah | comments Comments (25,132)