RSS
 

Apa Sih Fungsi BPJS Ketenagakerjaan?

02 Dec

Bagi anda yang bekerja sebagai pegawai, tentunya tidak asing lagi dengan BPJS ketenagakerjaan. Untuk anda yang bekerja padasektor formal, BPJS ketenagakerjaan akan anda dapatkan lewat perusahaan tempat anda bekerja, namun bagi yang bekerja informal tentunya anda juga diperbolehkan mendaftar BJPJS ketenagakerjaan dengan membayar sendiri uang iuran. Yups, meski pun memang ketika mengikuti program tersebut anda akan dibebani membayar iuran BPJS ketenagakerjaan, tapi manfaat yang akan anda dapatkan tidak kalah besarnya. Berikut ini beberapa fungsi BPJS ketenagakerjaan:

 

Sebagai jaminan hari tua

Jaminan hari tua tentunya menjadi sesuatu yang menjanjikan untuk para pekerja yang tidak mungkin terus bekerja sepanjang hidupnya. Ketika tua dimana sudah tak dapat bekerja lagi, tapi kebutuhan hidup masih tetap perlu dipenuhi mendapatkan tunjangan ketika telah memasuki masa pensiun tentunya menjadi dambaan setiap orang. Bpjs ketenagakerjaan memberikan tunjangan JHT ketika anggotanya telah memasuki usia 55 tahun dimana seseorang sudah tidak lagi bekerja karen pensiun dari pekerjaanya.

 

Jaminan kecelakaan kerja

Kecelakaan di saat bekerja bisa saja terjadi, ketika hal tersebut terjadi kepada anggotanya, BPJS ketenagakerjaan akan memberikan dana yang cukup untuk membantu anggotanya bangkit dari cobaan tersebut. Iuran untuk JKK biasanya dibayarkan oleh perusahaan dengan nilai 0,24% hingga 1,74%. Dana JKK bisa diklaim ketika anggota mendapatkan kecelakaan ketika hendak berangkat sampai ketika hendak pulang bekerja.

 

Jaminan kematian

Kematian bukan hanya menyisakan kesedihan bagi anggota keluarga yang ditinggalkan. Tapi, kematian seseorang yang selama ini menjadi tulang punggung keluarga akan membuat sebuah keluarga menjadi rapuh secara ekonomi. Butuh adanya jaminan kematian yang akan membuat anggota keluarga yang ditinggalkan menjadi terbantu dan bisa melanjutkan kehidupannya, BPJS ketenagakerjaan akan memberikan santunan kepada ahli waris yang ditinggalkan agar bisa memenuhi kebutuhan hidupnya.

 

Bukan penerima upah

Bpjs ketenagakerjaan juga banyak diikuti oleh petani maupun pedagang. Mereka yang bergerak bukan sebagai karyawan dan justru mengandalkan usaha sendiri juga memerlukan jaminan ketika usahanya sedang tidak berjalan lancar. Untuk anda pengusaha yang ingin menjadi anggota BPJS ketenagakerjaan, anda perlu membayar iurannya.

 

Sektor jasa konstruksi

Perusahaan yang bergerak di jasa konstruksi biasanya akan mendaftarkan pekerjanya untuk ikut BPJS ketenagakerjaan. Mengingat pekerjaan ini memiliki banyak risiko. Entah itu pekerja borongan, pekerja harian lepas, maupun pekerja kontrak, medapatkan jaminan sosial ini.

Demikianlah fungsi dari bpjs ketenagakerjaan yang tentunya akan membantu para anggotanya. Meskipun perlu membayar iuran bpjs ketenagakerjaan, namun manfatnya sangat banyak bukan? BPJS ketenagakerjaan bertindak sebagai jaminan hari depan untuk sesuatu yang tidak akan kita duga sebelumnya.ketika ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, jika memiliki bpjs ketenagakerjaan setidaknya akan terbantu secara finansial. Jangan ragu ya untuk mendaftar BPJS ketenagakerjaan untuk mendapatkan manfaatnya.

 
Comments Off on Apa Sih Fungsi BPJS Ketenagakerjaan?

Posted in Info