RSS
 

Cara Menggunakan Cat Air Bagi Pemula

04 Nov

Bagi para pecinta seni terutama seni gambar pasti akan terus ingin mengembangkan potensinya seiring berjalannya waktu, misalnya saja dimulai dengan menggambar dan mewarnai pemandangan menggunakan pensil warna, lalu crayon dan lebih dikembangkan lagi dengan menggunakan cat air. Melukis dengan cat air akan membuat gambar lebih mencolok apabila anda tepat dalam memberikan takaran air ke dalam pewarna tersebut. Bagi para pemula yang ingin mengembangkan kemampuannya menggunakan cat air ada baiknya untuk membaca artikel tentang cat air ini untuk lebih mengetahui jenis-jenis dan penggunaannya

 

  • Tentukan jenis cat air yang akan digunakan

Untuk membedakan cat air ada yang bersifat transparan dan juga ada yang bersifat buram, perbedaan ini bisa dilihat pada kertas. Jika anda melihat kertas tampak bercahaya maka bisa dipastikan itu adalah jenis cat air transparan dan jika tidak maka cat air tersebut termasuk jenis cat air yang buram, namun kedua cat air ini sama-sama memiliki kecenderungan warna lukisan terlihat jelas.

  • Pilih kuas yang akan anda gunakan

Kuas memiliki ukuran dari no 5-10 yang semuanya harus anda miliki jika memang ingin mendalami bidang mewarnai dengan cat air. Yang harus anda perhatikan adalah jenis ujung kuas yang bagus sehingga memudahkan anda untuk menggenggam. Ada baiknya juga jika anda memiliki kuas dengan bidang datar yang berfungsi untuk mengecat dasar lukisan anda.

  • Gunakan kertas khusus untuk cat air

Jenis dari kertas cat air ini ada tiga yaitu  hot pressed yang memiliki permukaan licin, cold pressed yang memiliki permukaan tidak terlalu licin dan juga kertas kasar yang lebih kasar dan lebih berat dibandingkan kedua kertas yang lain, anda dapat memilih satu dari ketiga jenis cat air ini untuk melukis dan mewarnai gambar.

  • Siapkan piring atau palet

Gunakan piring di rumah anda untuk mencampur warna cat air yang akan digunakan, atau bisa juga anda membeli palet ukuran besar pengganti piring. Bisa juga anda memilih palet dengan beberapa tempat dan cekungan untuk mencampur warna secara praktis tanpa menggunakan banyak tempat.

Itulah beberapa penjelasan tentang bagaimana menggunakan cat warna bagi pemula, semoga bermanfaat.

 

 
Comments Off on Cara Menggunakan Cat Air Bagi Pemula

Posted in Tips