RSS
 

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Kulkas 2 Pintu

05 Jul

Makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok manusia. Jika tidak ada makanan dan minuman manusia tidak akan mempunyai energi untuk menjalankan kehidupan sehari-hari. Bagi beberapa orang, mereka lebih senang jika memasak makanannya sendiri. Namun terkadang bahan makanan yang dibeli seperti sayuran, daging, telur berlebihan. Di saat seperti itulah Anda dapat menyimpan semua bahan masakan tersebut ke dalam kulkas.

kulkas-2-pintu-c

Kulkas sekarang ini menjadi salah satu barang penting yang harus dimiliki dalam suatu rumah. Kegunaannya sebagai penyimpan makanan agar tetap awet, menjadi alasan banyak orang membelinya. Di samping itu, sekarang ada berbagai jenis kulkas, seperti showcase cooler sebagai tempat menyimpan minuman, atau freezer yang digunakan khusus untuk menyimpan daging dalam waktu yang lama.

Salah satu jenis kulkas yang paling banyak dicari keluarga untuk di rumahnya yaitu kulkas 2 pintu. Kulkas 2 pintu adalah kulkas yang dimana terdapat 2 bagian, yaitu bagian atas dan bawah. Bagian atas yaitu freezer yang dapat digunakan untuk membuat es, menyimpan es krim atau daging. Bagian freezer biasanya memiliki suhu 10 sampai -10 derajat celcius. Sedangkan bagian bawah digunakan untuk menyimpan bahan makanan seperti, sayur-sayuran, telur, susu, dan lain-lain.

Kiat-Kiat Memilih Kulkas 2 Pintu yang Baik

Bagi Anda yang berniat ingin membeli kulkas tidak usah bingung. Dalam memilih kulkas yang baik sebenarnya gampang, asalkan Anda sudah benar-benar mencari kulkas seperti apa yang ingin Anda beli. Jangan sampai saat Anda sudah membelinya, ternyata ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan Anda. Berikut beberapa tips membeli kulkas yang baik.

  • Kapasitas yang diinginkan

Pilihlah kulkas yang dapat menampung semua makanan atau minuman Anda dan keluarga Anda. Pilihlah kapasitas kulkas yang sedikit besar, karena jika terlalu kekecilan Anda tidak dapat memaksakan bahan-bahan tersebut untuk masuk ke dalam. Namun jangan pilih yang terlalu besar, selain harganya yang lebih mahal, ruang yang dibutuhkan untuk menempatkan kulkas tersebut harus besar pula.

  • Perhatikan dimensi kulkas

Jangan sampai Anda membeli kulkas tanpa memerhatikan tempat untuk menaruhnya. Sebaiknya sebelum membeli sebuah kulkas, hitunglah space yang ada pada rumah Anda. Sehingga Anda dapat menentukan berapa ukuran kulkas yang tepat untuk rumah Anda. Pasti Anda tidak ingin jika rumah semakin sesak karena membeli kulkas yang terlalu besar.

  • Desain kulkas

Desain kulkas yang bagus tentu dapat memberi kesan yang baik terhadap rumah Anda. Disarankan agar memilih kulkas yang memiliki desain warna yang cocok dengan rumah Anda. Namun pilihan tetap pada diri Anda, pilihlah kulkas yang memiliki desai sesuai kemauan dan selera Anda.

  • Perhatikan kualitas dan mutu kulkas

Jangan sampai setelah Anda membeli kulkas, beberapa lama kemudian kulkas Anda rusak. Misal engsel kulkas yang macet, muncul karat di beberapa bagian, mesinnya mudah rusak, dan lain-lain. Pilihlah kulkas yang perusahaan tempat produksinya sudah memiliki nama. Karena perusahaan yang ternama pasti sudah memiliki standar mutu yang berkualitas, sehingga Anda dapat meminimalisir kerusakan.

Pilihlah kulkas yang bodynya memiliki material yang bagus. Material yang bagus dapat membuat kulkas lebih kuat dan tahan lama. Cek pintu kulkas sebelum membeli. Pintu kulkas yang baik adalah pintu yang menutup rapat saat kulkas ditutup. Jangan lupa cek komponen-komponen lainnya, jangan sampai Anda mudah tergiur harga kulkas murah, namun kualitasnya tidak tahan lama.

  • Fitur pendingin

Fitur pendingin pada kulkas sangatlah penting, karena pendingin merupakan fitur yang membuat bahan masakan menjadi awet dan tahan lama. Carilah kulkas yang memiliki fitur pendingin multi air flow. Fitur tersebut berfungsi untuk membuat pendingin pada kulkas mendinginkan kulkas secara merata, tanpa ada bagian yang tidak terkena.

  • Fitur wadah pada kulkas

Perhatikan fitur wadah yang terdapat di dalam kulkas. Wadah yang cukup penting seperti rak telur, rak minuman, dan rak sayuran. Carilah kulkas yang memiliki 3 wadah tersebut dan jarak antara wadah tidak terlalu dekat, agar bau dari bahan makanan lain tidak tercampur. Selanjutnya perhatikan sirkulasi udara dan air wadah-wadah tersebut, karena jika bahan makanan terlalu lama terkena air dapat menyebabkan basi.

  • Konsumsi listrik

Saat ini mulai banyak kulkas yang konsumsi listriknya rendah. Hal ini sangat penting, karena jika konsumsi listrik kulkas yang Anda beli cukup tinggi. Hal tersebut dapat menyebabkan biaya listrik Anda semakin tinggi, dan rencana keuangan Anda bisa terganggu.

  • Perhatikan harga kulkas yang ingin dibeli

Surveylah terlebih dahulu dari kulkas yang ingin Anda beli. Sebaiknya siapkan daftar kulkas yang ingin dibeli, jika ada sesuatu yang tidak sesuai dengan Anda. Jangan sampai Anda hanya menetapkan satu produk saja, siapkan beberapa cadangan yang lain. Sesuaikan harga jual dengan keuangan Anda, agar rencana keuangan yang lain tidak terganggu.

  • Garansi

Pilih kulkas yang memiliki garansi resmi. Garansi sangat penting jika sewaktu-waktu kulkas Anda mengalami masalah. Pilih kulkas yang memiliki garansi yang cukup lama, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada kulkas Anda di lain waktu.

Cara Simpel Menghilangkan Bau pada Kulkas

Kulkas yang bau pasti sangat mengganggu pemiliknya. Selain mengganggu, bau tak sedap padakulkas dapat memengaruhi kesegaran bahan makanan lainnya yang ada di dalam kulkas. Berikut tips simpel menghilangkan bau tak sedap padakulkas.

Bersihkan kulkas secara teratur. Bersihkan kulkas minimal 2 minggu sekali agar bahan makanan yang disimpan di dalamnya tetap terjaga kesegarannya. Saat membersihkan kulkas, keluarkan terlebih dahulu bahan-bahan makanan atau minuman yang ada di dalam. Lepas semua rak yang ada, sehingga membersihkan kulkas lebih mudah.

Bersihkan bagian dalam kulkas menggunakan bahan yang dapat ditemui di dapur seperti cuka dan garam. Asam yang terkandung di dalam cuka dan garam dapat menghilangkan bau tak sedap yang ada pada kulkas. Cukup campurkan cuka dan air hangat, lalu gosok kulkas dengan kain yang sudah diberi cairan cuka tersebut.

Setelah dibersihkan, Anda dapat menghilangkan bau pada kulkas dengan beberapa bahan seperti kopi, baking soda, atau kertas koran. Ketiga bahan tersebut berfungsi sebagai penyerap bau pada kulkas. Cukup taruh bubuk kopi dalam gelas atau piring, lalu masukkan ke dalam kulkas, tutup dan tunggu beberapa meit hingga baunya hilang.

Selanjutnya Anda dapat menaruh pengharum alami seperti air lemon dan vanili. Kedua bahan tersebut adalah pengharum alami yang dapat menyegarkan kulkas Anda. Contoh untuk air lemon sangatlah mudah. Peras air lemon ke dalam mangkuk. Setelah diperas, masukkan mangkuk berisi perasan air lemon ke dalam kulkas. Diamkan saja hingga aroma di dalam kulkas semakin segar.

Itulah beberapa kiat bagi Anda yang ingin membeli kulkas 2 pintu. Dan bagi Anda yang sudah memiliki kulkas jangan sampai lupa untuk membersihkan kulkas Anda secara teratur. Semoga kiat-kiat di atas dapat membantu Anda.

 

Leave a Reply

 
CAPTCHA Image
*