RSS
 

Mencari keliling lingkaran dengan mudah

22 Jun

Kali ini saya akan membahas serta menjelaskan sebuah artikel dengan tema tentang bagaimana mencari keliling dari sebuah lingkaran. Soal-soal matematika yang berkaitan dengan bagaimana mencari keliling sebuah Lingkaran banyak kita temui mulai dari tingkat pendidikan sekolah dasar hingga ke tingkat pendidikan perguruan tinggi dan bahkan sampai bekerjapun ada yang tetap bergelut dengan bagaimana mencari keliling lingkaran.

mencari keliling lingkaran

Karena kebutuhan seperti yang telah saya jelaskan di atas itulah sebabnya artikel ini saya bahas yang mudah-mudahan dapat membantu bagi adik-adik baik yang masih duduk dibangku pendidikan maupun di dunia kerja. Baiklah untuk mempersingkat pembahasan saya tentang lingkaran, yang harus anda ketahui terlebih dahulu adalah pengertian dari lingkaran. Jadi kita akan memulai mempelajari lingkaran dari pengertian lingkaran tersebut.

 

Lingkaran adalah sebuah bangun datar yang berbentuk bulat. Lingkaran sebagai bangun datar memiliki beberapa parameter antara lain yaitu keliling lingkaran, luas lingkaran, jari-jari lingkaran, diameter lingkaran, nilai phi, busur lingkaran, tembereng lingkaran dan berbagai parameter-parameter lainnya yang terdapat pada lingkaran tersebut.

 

Namun pada artikel ini karena yang dibahas adalah bagaimana mencari keliling lingkaran, maka saya hanya akan menggunakan parameter keliling, jari-jari, diameter dan nilai phi. Dari parameter-parameter inilah nantinya kita akan mencari berapa keliling lingkaran tersebut. Selain itu dari keliling lingkaran kita dapat mencari diamter dan jari-jari dari sebuah lingkaran.

 

Dari penjelasan di atas maka saya berikan rumus lingkaran yaitu:

K = 2 x phi x R

Atau

K = phi x d

 

Penjelasan dari rumus:

K adalah keliling lingkaran (satuan panjang misal cm, m dan lainnya)

Phi adalah nilai konstanta 3,14 atau 22/7

R adalah jari-jari lingkaran (satuan panjang misal cm,m dan lainnya)

d adalah diameter lingkaran (satuan panjang, seperti cm, m dan lainnya)

 

Untuk menghitung besaran atau parameter dari rumus keliling lingkaran di atas harus disamakan terlebih dahulu satuan dari parameter yang akan dihitung. Misal jika kita ingin menghitung keliling lingkaran dengan satuan cm maka jika parameter R (jari-jari) satuannya bukan cm harus diubah menjadi cm.

 

Untuk melengkapi pemahaman anda dalam menggunakan rumus keliling lingkaran, saya akan memberikan contoh soal sebagai berikut:

 

Sebuah lingkaran memiliki jari-jari 14 m breapa cm keliling lingkaran tersebut?

 

Untuk menjawab pertanyaan dari soal di atas dapat kita gunakan rumus mencari keliling lingkaran.

K = 2 x phi x R

Masukkan nilai R dan nilai phi

K = 2 x (22/7) x 14 m = 88 m

 

Dari pertanyaan di atas yang ditanya satuannya adalah cm maka kita harus mengkonversi dari meter menjadi cm

Jadi keliling lingkaran tersebut adalah

88 m = 88 x 100 cm = 8800 cm

 

Demikianlah pembahasan tentang rumus keliling lingkaran yang saya sajikan untuk anda agar dapat dengan mudah mengerti bagaimana menyelesaikan soal yang berkaitan dengan rumus keliling lingkaran

 
 

Leave a Reply

 
CAPTCHA Image
*