RSS
 

Bawang Dayak, Tanaman Obat Dengan Sejuta Khasiat

10 Jun

Sudah menjadi rahasia turun temurun bahwa masyarakat suku Dayak bergaul sangat erat dengan alam. Maka tidak heran jika banyak ramuan tradisional yang dipercaya sejak lama oleh suku Dayak sebagai tanaman berkhasiat dan mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah bawang dayak  yang seperti namanya, sudah dikenal sejak lama sebagai tanaman obatnya warga Dayak.
Tanaman khas Kalimantan.ini mempunyai berbagai macam nama, antara lain bawang tiwai, bawang sabrang, bawang berlian, bawang hutan, bawang mekah, malah ada yang nyebutnya bawang hantu.
Tumbuhan umbi berwarna merah dengan daun hijau berbentuk pita dan bunganya yang berwarna putih ini selain digunakan sebagai tanaman obat,  juga dapat digunakan sebagai tanaman hias karena bunganya yang indah.

Bawang Dayak, Tanaman Obat Dengan Sejuta Khasiat 2
Sejuta Khasiat Bawang Dayak 

Beberapa tahun terakhir, bawang dayak  mulai populer di kalangan masyarakat Indonesia.  Hal ini tidak mengherankan setelah mengetahui bahwa tumbuhan umbi yang mirip bawang merah ini memang memiliki sejuta khasiat yang sudah dikenal masyarakat Dayak secara turun temurun.
Obat tradisional makin dipilih karena masyarakat cenderung mencari pengobatan yang alami, makanya bawang dayak  ini populer sekali karena tanpa dicampur tanaman lainpun umbi ini sudah bisa mengobati berbagai penyakit. Ramuan bawang dayak  sudah lama dimanfaatkan masyarakat dayak sebagai obat alternatif. Hal ini lantaran penyakit kelas berat pun dipercaya mampu ditangani dengan herbal ini.
Khasiat bawang dayak  sudah terbukti secara empiris dapat membantu penyembuhan penyakit diabetes melitus , tekanan darah tinggi, disentri, tumor, kanker, gangguan haid, bisul, asma, mium, gula darah, TBC, prostat, kista, kolesterol, leukemia, stroke, radang usus, kelenjar getah bening, diabetes, ambeien serta memperbaikan fungsi ginjal lemah.

 

Bawang Dayak  Kering Tak Kurangi Khasiat

Bawang dayak  seringkali dijual sudah dalam bentuk irisan tipis dan dijemur hingga kering. Dalam kondisi kering seperti ini tidak kemudian mengubah fungsinya, khasiatnya tetap sama. Hal ini karena bawang dayak  selalu dapat dipergunakan dalam bentuk segar, dikeringkan, manisan atau dalam bentuk bubuk.

 

Untuk mendapatkan khasiatnya cukup dengan cara menyeduh bawang dayak  kering ini dengan air panas. Seduh selama tiga menit sambil diaduk perlahan. Setelah agak dingin dan air seduhan berwarna kemerahan, selanjutnya disaring untuk memisahkan ampasnya. Kalau terlalu pahit, bisa ditambah madu. Asal madu murni. Jangan madu campuran. Minum air seduhan bawang dayak  2 kali sehari, pagi dan malam hari masing-masing 1 gelas. Agar penyerapan lebih maksimal sebaiknya minum sebelum makan.

Bawang Dayak, Tanaman Obat Dengan Sejuta Khasiat

Bawang Dayak  Bisa Diolah dengan Berbagai Cara

Bawang dayak  dikenal dapat menjadi obat bagi berbagai penyakit. Hanya saja seperti obat tradisional lainnya, tanaman obat khas Kalimantan ini akan terasa pahit saat dikonsumsi. Pada beberapa orang mungkin tidak menyukai  rasa pahit ini. Untuk menghilangkan atau mengurangi rasa pahit tersebut, bawang dayak  dapat diolah menjadi minuman instan. Cara meminumnya tinggal dicampur air panas atau air dingin, sehingga dapat dikonsumsi dengan nikmat.

Berikut adalah cara pengolahan bawang dayak  menjadi minuman instan yang manis dan nikmat.
Caranya, blender bawang dayak  segar dengan perbandingan 1:2 dengan air. Misalnya Bawang dayak  1 kilogram, berarti airnya 2 liter. Blender hingga halus kemudian disaring dengan kain blacu.
Lanjutkan dengan memasaknya hingga mendidih sambil sesekali diaduk. Tambahkan gula dengan perbandingan 1:1, untuk 1 kg bawang dayak  berikan 1 kg gula pasir.
Aduk terus hingga membentuk butiran-butiran halus lalu dinginkan. Haluskan lagi dengan blender rempah untuk mendapatkan tekstur yang lebih halus.

 

Hindari Ini Selama Mengonsumsi Bawang Dayak 

Bawang dayak  merupakan tumbuhan obat yang bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti obat-obatan tradisional pada umumnya, selalu ada pantangan saat Anda berikhtiar ingin sembuh dengan penggunakan obat alami ini.
Selama mengonsumsi air rebusan bawang dayak  segar, hindarilah minuman yang mengandung alkohol dan karbonasi. Sementara untuk makanan, makanan yang mengandung lemak dan dan penyedap rasa juga menjadi pantangan saat mengonsumsi bawang dayak  secara rutin.
Tidak hanya itu, jenis makanan yang mengandung fermentasi semacam tempe, tape dan sebagainya juga sangat dilarang selama masa pengobatan dengan konsumsi bawang dayak  ini.

 

Sumber : bawangdayak.net

 
No Comments

Posted in Tips

 

Leave a Reply

 
CAPTCHA Image
*