Comments Off on ” ALUN – ALUN ” SEBAGAI TAMAN KOTA MALANG

” ALUN – ALUN ” SEBAGAI TAMAN KOTA MALANG

2010
10.23

Alun-alun merupakan suatu lapangan terbuka yang luas dan berumput yang dikelilingi oleh jalan dan dapat digunakan kegiatan masyarakat yang beragam.di buat oleh fatahillah, Menurut Van Romondt (Haryoto, 1986:386), pada dasarnya alun-alun itu merupakan halaman depan rumah, namun dalam ukuran yang lebih besar. Penguasa bisa berarti raja,bupati, wedana dan camat bahkan kepala desa yang memiliki halaman paling luas di depan Istana atau pendopo tempat kediamannya, yang dijadikan sebagai pusat kegiatan masyarakat sehari-hari dalam ikwal pemerintahan militer, perdagangan, kerajinan dan pendidikan. Lebih jauh Thomas Nix (1949:105-114) menjelaskan bahwa alun-alun merupakan lahan terbuka dan terbentuk dengan membuat jarak antara bangunan-bangunan gedung. Jadi dalam hal ini, bangunan gedung merupakan titik awal dan merupakan hal yang utama bagi terbentuknya alun-alun. Tetapi kalau adanya lahan terbuka yang dibiarkan tersisa dan berupa alun-alun, hal demikian bukan merupakan alun-alun yang sebenarnya. Jadi alun-alun bisa di desa, kecamatan, kota maupun pusat kabupaten.

Pada awalnya Alun-alun merupakan tempat berlatih perang (gladi yudha) bagi prajurit kerajaan, tempat penyelenggaraan sayembara dan penyampaian titah (sabda) raja kepada kawula (rakyat), pusat perdagangan rakyat, juga hiburan seperti “rampogan” acara yang menarik dan paling mendebarkan yaitu dilepaskannya seekor harimau yang dikelilingi oleh prajurit bersenjata.

Penataan komponen alun-alun bisa dikatakan mempunyai konsep yang hampir sama. Air mancur adalah bagian yang utama yang tidak bisa dihilangkan dari bagian alun-alun.alun - alunTamanTaman 1

Disamping penataan taman dan fasilitas lainnya sebagai penunjang. Di Kota Malang alun-alun  terletak didepan Masjid jami’ Malang. Keberadaan ruang terbuka hijau seperti alun-alun sangat dibutuhkan oleh  masyarakat yang setiap hari sumpek dengan kebisingan kota sebagia tempat rekreatif.

Didalam alun – alun kota MALANG ini terdapat berbagai area untuk suatu kegiatan yang dapat dilihat setiap harinya :

1. Area Olahraga ( Pada Pagi Hari )

Pagi Nan CerahKeadaan Pagi Hari

2. Tempat Bercengkrama (Pada siang Jelang Sore Hari )Keakraban BersamaAkrab

3. Aneka Hiburan dan Permainan ( Pada Sore Hari )

Hunting


4. Aneka Jajanan dan Dagangan ( Pada Sore jelang Petang )

Pedagang MainanAneka Jajanan

Pedagang Makanan

Rekreasi ternyata tidak harus ke tempat wisata seperti pantai, air terjun, dunia fantasi, wisata pegunungan tetapi di alun-alunpun  bisa dijadikan alternatif  tujuan  rekreasi. Maka tidak jarang para  wisatawan dari luar kota selalu menyempatkan diri untuk singgah di Alun-alun kota untuk  melepas rasa penat setelah seharian berkeliling ke tempat wisata.