RSS
 

Pemanfaatan Software Cropwat dalam Bidang Pertanian

06 Apr

cropwatCROPWAT adalah alat pendukung keputusan yang dikembangkan oleh Divisi Pengembangan Tanah dan Air FAO. CROPWAT ini merupakan sebuah program komputer untuk perhitungan kebutuhan air tanaman dan kebutuhan irigasi berdasarkan data tanah, iklim dan tanaman. Selain itu, program ini memungkinkan pengembangan jadwal irigasi untuk kondisi manajemen yang berbeda dan perhitungan penyediaan air untuk berbagai skema pola tanaman. CROPWAT juga dapat digunakan untuk mengevaluasi praktek-praktek irigasi petani dan untuk menilai kinerja tanaman di bawah kedua kondisi tadah hujan dan irigasi.

 Versi CROPWAT 8,0 merupakan versi terbaru yang telah ditelah dikembangkan oleh Divisi Pengembangan Tanah dan Air FAO. Semua prosedur perhitungan yang digunakan dalam CROPWAT 8,0 didasarkan pada dua publikasi FAO dari Irigasi dan Drainase Series, yakni, Nomor 56 “Crop Evapotranspiration – Guidelines for computing crop water requirements” dan No 33 berjudul “Yield response to water”.

Sebagai titik awal, dan hanya untuk digunakan saat data lokal tidak tersedia, CROPWAT 8.0 meliputi tanaman standar dan data tanah. Ketika data lokal yang tersedia, file-file data dapat dengan mudah diubah atau yang baru dapat diciptakan. Demikian juga, jika data iklim lokal tidak tersedia, ini dapat diperoleh selama lebih dari 5.000 stasiun di seluruh dunia dari CLIMWAT, database iklim terkait. Perkembangan jadwal irigasi CROPWAT 8.0 didasarkan pada keseimbangan tanah-air setiap hari dengan menggunakan berbagai pilihan yang ditetapkan pengguna untuk suplai air dan kondisi pengelolaan irigasi. Penyediaan air Skema dihitung sesuai dengan pola tanam yang ditetapkan oleh pengguna, yang dapat mencakup hingga 20 tanaman.

CROPWAT 8.0 adalah program berbasis Windows pada versi DOS sebelumnya. Terlepas dari antarmuka pengguna sepenuhnya didesain ulang, CROPWAT 8.0 untuk Windows mencakup sejumlah fitur baru dan diperbarui, termasuk:

  1. Bulanan, dan harian dekade input data iklim untuk perhitungan evapotranspirasi acuan (ETo)
  2. Kompatibilitas untuk memungkinkan penggunaan data dari database CLIMWAT
  3. Kemungkinan untuk memperkirakan data iklim dalam ketiadaan nilai yang terukur
  4. Dekade dan perhitungan harian kebutuhan air tanaman berdasarkan algoritma perhitungan diperbarui termasuk penyesuaian nilai tanaman-koefisien
  5. Perhitungan kebutuhan air tanaman dan penjadwalan irigasi untuk padi & padi gogo, menggunakan prosedur baru dikembangkan untuk menghitung kebutuhan air termasuk periode penyiapan lahan
  6. Jadwal irigasi disesuaikan pengguna interaktif
  7. Air tabel keluaran keseimbangan tanah harian
  8. Tabungan mudah dan pengambilan sesi dan jadwal irigasi ditetapkan pengguna
  9. Presentasi grafis dari input data, kebutuhan air tanaman dan jadwal irigasi
  10. Mudah impor / ekspor data dan grafik melalui clipboard atau file teks ASCII
  11. Rutinitas pencetakan yang luas, mendukung semua printer-berbasis windows
  12. Konteks-sensitif sistem bantuan
  13. Antarmuka multibahasa dan sistem bantuan: Inggris, Spanyol, Prancis dan Rusia

CROPWAT 8.0 untuk Windows dikembangkan menggunakan Visual Delphi 4.0 dan berjalan pada platform Windows berikut: 95/98/ME/2000/NT/XP dan Vista.

DOWNLOAD CROPWAT 8.0 ==> Klik di sini

 
No Comments

Posted in Software

 

Leave a Reply

 
CAPTCHA Image
*