RSS
 

Kosmetika Tradisional yang Bersifat Mencegah/Anti Ketombe dan Anti Uban

04 Aug

A. Jenis kosmetika yang sifatnya mencegah/anti ketombe dapat dikelompokkan sebagai berikut:
1) Inggu (Ruta angustifolia [L.] Pers.) yang disebut juga aruda (Melayu) atau godong minggu (Jawa), umumnya ditanam dikebun-kebun pada daerah pegunungan sampai ketinggian 1.000 m dari permukaan laut. Inggu yang disebut juga aruda (Melayu) atau godong minggu (Jawa), umumnya ditanam dikebun-kebun pada daerah pegunungan sampai ketinggian 1.000 m dari permukaan laut. Cara pengolahannya adalah; ambil segenggam daun inggu segar, ditambah sepotong kunyit dan 1 sendok teh beras semuanya dicuci bersih lalu digiling atau ditumbuk halus sampai menjadi adonan seperti bubur. Ramuan ini digosokkan pada kulit kepala yang berketombe, lalu ditutup dengan sepotong kain. Sebaiknya dilakukan pada malam hari. Keesokan harinya rambut dicuci bersih. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

 

2) Kangkung (Ipomoea aquatica Forsk.) merupakan sayuran yang tumbuh dari dataran rendah sampai 1.000 m dari permukaan laut. Kangkung ini sangat berkhasiat untuk mencegah ketombe. Cara pengolahannya adalah; ambil batang kangkung yang masih segar dan bergetah kira-kira 1 ikat. Setelah dicuci bersih lalu dipotong- potong. Masukkan ke dalam panci/wadah, dan tambahkan air bersih sampai potongan batang kangkung terendam seluruhnya. Biarkan batang kangkung terendam selama 1 malam. Pagi harinya setelah rambut dicuci, ambil air rendaman batang kangkung dan gunakan untuk membasahi kulit kepala dan rambut sambil dipijat ringan. Biarkan mengering secara alami. Setelah itu siang harinya rambut boleh dibilas dengan air bersih. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

3) Jeruk nipis (Citrus aurantifolia Swingle.) adalah merupakan pohon kecil bercabang banyak, tingginya 1,5-3,5 m dan berduri. Tanaman ini banyak ditanam dipekarangan atau dikebun dan dapat ditumbuh dari 1-1.000 m dpl. Jeruk nipis memerlukan sinar matahari penuh. Cara pengolahannya adalah; ambil 1 buah jeruk nipis, dipotong menjadi 2 atau 4 bagian. Gunakan untuk menggosok kulit kepala secara merata. Biarkan mengering beberapa saat. Kemudian kulit kepala dan rambut dibilas sampai bersih.

 

 

 

4) Mengkudu (Morinda citrifolia L.) adalah semacam tanaman yang tumbuh liar di pantai, hutan, tanah terlantar atau ditanam dipekarangan sebagai tanaman sayur dan tanaman obat. Pohon kecil ini dapat ditemukan dari dataran rendah sampai ketinggian 500 m dpl. Buahnya bertangkai, bentuknya bulat lonjong, permukaan berbenjol- benjol, warnanya hijau. Jika masak warnanya kuning pucat atau kuning kotor, berdaging dan berair dan berbau busuk, berisi banyak biji berwarna cokelat kehitaman. Cara pemakaiannya adalah; tambil 3 buah mengkudu yang masak, lalu cuci dan diparut. Tambahkan sedikit air sambil diaduk rata, sehingga ia berbentuk bubur. Bubur mengkudu ini digosokkan ke seluruh kulit kepala. Biarkan sampai mengering baru dibilas dengan air sampai bersih. Lakukan 3 kali seminggu sampai rasa gatal dan ketombe menghilang.

 

5) Nanas (Ananas comosus [L.] Merr.) berasal dari Brasilia. Di Indonesia ditanam di tempat yang cukup mendapat sinar matahari pada ketinggian 1-1.300 m dpl. Tumbuhan ini tingginya sekitar 50-150 cm dan pada pangkalnya ada tunas merayap. Daun berkumpul dalam roset akar, pada pangkalnya melebar menjadi pelepah. Buah nanas merupakan buah semu, bentuknya bulat panjang, berdaging, rasanya asam sampai manis, bila masih muda warnanya hijau, sedangkan bila sudah masak menjadi kuning, enak bila dimakan. Cara mengolahnya adalah; ambil buah nanas yang telah masak sebanyak 1 buah. Kupas kulitnya lalu diparut. Hasil parutannya dipakai untuk menggosok kulit kepala yang bersisik dan mengelupas. Lakukan pada malam hari. Keesokan paginya rambut dicuci bersih. Cara ini dilakukan setiap malam sebelum tidur, hingga sembuh

 

 

B. Jenis kosmetika yang bersifat mencegah/anti uban

1) Pepaya (Carica papaya L.) merupakan tanaman buah menahun. Tumbuh ditanah lembab yang subur dan tidak tergenang air. Semak yang mengeluarkan getah ini dapat ditemukan dari dataran rendah sampai ketinggian 1.000 m dpl. Cara pemakaiannya adalah; ambil biji buah pepaya yang telah kering sebanyak 30 butir lalu disangrai, kemudian ditumbuk sampai halus. Tambahkan 1 sendok minyak kelapa sambil diaduk rata. Campuran ini digunakan untuk menggosok kulit kepala yang beruban. Biarkan selama 1 malam. Keesokan harinya rambut dicuci bersih. Lakukan setiap hari sampai tampak hasilnya.
2) Rambutan (Nephelium lappaceum L.) adalah tanaman buah tropis yang tumbuh didataran rendah sampai ketinggian 300 m dari permukaan laut dengan iklim lembab. Cara penggunaannya adalah; ambil daun rambutan secukupnya dan dicuci bersih lalu ditumbuk sampai halus. Tambahkan sedikit air sambil diaduk rata sampai menjadi adonan seperti bubur encer. Peras dan saring dengan sepotong kain. Air yang terkumpul digunakan untuk membasahi kulit kepala dan rambut. Lakukan setiap hari sampai terlihat hasilnya.

 
 

Leave a Reply

 
*