Analisis Iklan di TV, Radio dan di Internet

2012
04.10

NUR KHASANAH 0910220034

Marketing Communication

  1. 1.  Iklan yang paling sering muncul di Radio yaitu:
  2. Wearness Education Centre
  3. Suzuki
  4. Primagama Quantum Nax

Dilihat dari iklan yang paling sering muncul, maka dapat disimpulkan bahwa iklan ini mengmentasikan bagi remaja-dewasa akademisi. Karena Kota Malang yang dikenal dengan kota Pendidikan sehingga sangat tepat untuk mengiklankan produk tersebut. Dimana seseorang itu membutuhkan pendidikan yang terbaik dan berkualitas. Iklan Suzuki matic Nax juga demikian, penduduk Malang yang penduduknya cukup padat oleh pendatang dan produk otomotif ini sedang populer saat ini. Radio Kencana, Radio Cosmonita dan Radio 9,03 FM merupakan radio Musik yang memang targetnya adalah remaja. Cukup efektif karena remaja-dewasa ini biasanya menyukai acara musik.

Sampai hari ini, biaya memasang iklan di radio masih yang paling murah dibandingkan dengan beriklan di televisi dan media cetak. Dengan budget yang tidak jauh berbeda, biaya untuk memasang satu spot iklan di televisi atau memasang satu iklan display di media cetak bisa digunakan untuk memasang berkali-kali penyiaran di radio.

Selain biaya yang lebih rendah, di Indonesia, terutama di daerah, radio masih bisa menjangkau lebih banyak telinga jika dibandingkan dengan televisi dan media cetak.

Kelemahannya, iklan radio tidak bisa memunculkan visualisasi dari produk yang diiklankan secara langsung. Yang bisa dilakukan adalah membangun visualisasi produk dalam theater of mind pendengar melalui penyampaian data yang deskriptif.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar iklan yang kita produksi bisa lebih efektif dalam membantu klien memperkenalkan produknya ke pendengar.

Perlu diingat, spot iklan yang kita buat harus dapat membuat pendengar tertarik untuk mendengarkan. Berikan mereka sebuah kejutan, bangkitkan rasa keingintahuan pendengar. Gugahlah mereka dengan menggunakan musik, efek suara dan tentunya naskah iklan yang tepat.

Yang harus dilakukan agar naskah kita lebih efektif dalam menyampaikan pesan

01. Identifikasikan brand / merk yang dipromosikan di awal iklan

02. Sebisa mungkin lakukan variasi pengulangan deskripsi brand / merk agar tidak membosankan

03. Sampaikan manfaat, keuntungan dan keistimewaan produk di awal iklan

04. Lakukan variasi pengulangan benefit produk sesering mungkin

Begitu pendengar mulai tergugah, sampaikan pesan-pesan promosi dengan cara yang personal, seperti saat kita sedang berbicara dengan rekan kita. Libatkan pendengar, buat mereka tertarik dan terhibur.

Salah satu keunikan dan kekuatan beriklan di radio adalah kemungkinan untuk melakukan pemutaran iklan sesering mungkin, sehingga pesan yang ingin disampaikan bisa lebih cepat diserap oleh pendengar. Efek samping yang bisa ditimbulkan, adalah pendengar menjadi cepat bosan mendengarkan iklan yang itu-itu melulu. Karena biaya produksi sebuah iklan radio sangat rendah apalagi jika dibandingkan dengan biaya produksi iklan untuk televisi dan media cetak, tidak ada ruginya jika iklan radio yang frekwensi pemutarannya cukup tinggi atau perode penyiarannya cukup lama, bisa dibuat dalam beberapa versi.

Iklan di Radio pada program > RADIO KENCANA FM < 98,6 fm pada pukul 07.00-09.00

No. Iklan Penayangan
1. Wearness Education Centre 5
2. Tea Juss 1
3. Mie Sedaap 1
4. Suzuki Matic Nax 3
5. Ruko pasar besar sequare 1
6. Cat Glutax Junior 2
7. Citra Kendedes Cake and Bakery 1
8. Flaxi 1
9. Ale-ale & Teh Rio 1
10. Poldan Mix 2
11. Viva Skin Food 1
12. Modem wifi Speedy 1
13. Ruko Kota Com 1

 

Iklan di Radio pada program > RADIO COSMONITA FM < 95,4 fm pada pukul 09.00-10.00

No. Iklan Penayangan
1. SoKlin Smart White 1
2. Mama Lemon & Mama Lime 1
3. Give White Mutiara 1
4. Primagama Quantum Kids 2
5. Alfamart 1
6. Ale-ale & Teh Rio 1
7. Segar dingin madu 1
8. Batik Pekalongan 1
9. Hotel Tugu 1

 

Iklan di Radio pada program > 90.3 FM <  pada pukul 23.00-24.00

No. Iklan Penayangan
1. Kapsul, PT Seger Waras Topisin 1
2. Flaxi 1

 

  1.  detik.com dan kompas.com

Brand yang paling sering muncul di detik.com

  1. Blackberry, Android dan Apple
  2. TRANSCorp
  3. Indosat

Brand yang paling sering muncul di kompas.com

  1. Djarum Super
  2. XL

Sebagai pelaksana beragam fungsi komunikasi yang penting bagi perusahaan bisnis dan organisasi lainya, dimana fungsi-fungsi tersebut antara lain:

  1. Memberi informasi
  2. Membujuk
  3. Meningkatkan dan
  4. Menambah nilai

Produk yang beriklan di detik.com dan kompas.com karena mereka tau, informasi memiliki kekuasaan tertinggi dalam dunia ini. Kompas.com sebagai Best Newspaper Website in Asia walaupun produk tersebut  harus membayar mahal untuk beriklan di website ini tetapi sangat efektif. Demikian juga dengan detik.com yang menyajikan beragam informasi yang dibutuhkan dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua. Jadi, semua orang yang berkenjung di ke dua website tersebut tentu akan melihat iklan tersebut karena jangkaunnya sangat luas.

Iklan yang paling sering muncul yaitu :

Tim Tam sebanyak 7x tayang

 Loreal Paris sebanyak 6x tayang

Bebelac4 sebanya 5x tayang

Yang melandasi iklan ini adalah karena jam penayangan yang di isi oleh acara keluarga. Dan acaranya bisa ditonton oleh remaja sampai dewasa sehingga. Yang biasanya di Indonesia keluarga akan menonton TV bersama-sama.

 

Iklan yang tayang pada jam 06.00-07.00 pagi di acara WAS WAS SCTV

No. Iklan Penayangan No. Iklan Penayangan
1. Sophi Paris 1 17. Masako 1
2. Dettol 4 18. Dancow 1
3. Kokokrunch 1 19. Daia 2
4. Rinso 1 20. Softener Soklin 3
5. Ponds 4 21. Coca Cola 1
6. Sedaap 1 22. Vitamin Water 2
7. Clean & Clear 2 23. Simpati Blackberry 1
8. Cornetto Fruity Yo 2 24. Ades 1
9. Teh Rio 1 25. Segar Dingin 2
10. Telkomsel Flash 1 26. Sun 1
11. Toko Bagus.com 1 27. Wals 1
12. Pop Mie 1 28. Fres Tea 1
13. Magnum 2 29. Im3 anti galau 1
14. Gohnsongohnson 5 30. Royco 1
15. Teh Sari Wangi 2 31. Pulpy Orange 1
16. Chitato 2 32. Fair&Lovely 2

 

Iklan yang tayang pada jam 18.00-20.00 malam di acara Hitam Putih dan On The Spot Trans7

No. Iklan Ket No. Iklan Ket
1. Susu jahe sidomuncul 1 36. SGM Bunda 2
2. Loreal Paris 6 37. Sensodyne 3
3. Anmum Essential 2 38. Chitato 4
4. Baygon Jumbo 2 39. Panadol Extra 1
5. Bank Mega 1 40. Bebelac4 5
6. Fatigon Spirit 1 41. Tim-Tam 7
7. Sony (Camera) 2 42. Lafonte 4
8. Pure Baby 3 43. Hotel Ibis 1
9. Telkomsel  Blackberry 2 44. Dulcolax 3
10. Semen Gresik 2 45. Betadine 1
11. Teh Botol Sosro 5 46. Im3 4
12. Garnier Light Complete 4 47. Toko Bagus.com 1
13. Dancow Nutri Gold 4 48. Teh Pucuk 1
14. Fresh Care 2 49. Maybelline Clear Smooth 1
15. Aqua 3 50. Actifed 1
16. Molto 1 51. Lifeboy 1
17. Hoka Hoka Bento 2 52. SGM Aktif 2
18. Loreal Shampoo 1 53. Holistic Care

(vitamin C)

2
19. Garnier men 1 54. Adira 1
20. Total (Oli) 1 55. Pure Kids 1
21. Neozep Forte 1 56. Nutrafor White Beuty 2
22. Rudi Hartono 1 57. Herba drink  Sari Jahe 2
23. Molto Ultra 1x bilas 1 58. Chil School 2
24. Hilo 1 59. Samsung Galaxy Champ 4
25. Glade 1 60. Shangobion 1
26. Kinder Joy 1 61. Asiafone 1
27. Bisolvon 1 62. Hit Non Stop 1
28. Nivea Men 1 63. Neurobion 1
29. Manulife 2 64. Good Day 2
30. CDR 2 65. Fres Tea 1
31. Maybellin Mascara 1 66. Extrajoss 2
32. Neoremacyl 1 67. Prenagen 1
33. Sari Roti 1 68. Teh Kotak 1
34. Honda VARIO 1 69. Pocari Sweat 1
35. Dell Laptop 1 70. Baygon Wangi Natural Orange 1

 

Sumber :

radioclinic.com

draft tesis Intan Puspita Sari

 

Your Reply

CAPTCHA Image
*