browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Ibu sebagai Pencetak Awal Generasi Cemerlang dalam Sejarah Pendidikan Manusia

Posted by on 11 May 2014

Dewasa ini aksi contek bukan hal memalukan lagi di kalangan para siswa bumi pertiwi. Nilai Ujian Nasional murni hasil pemikiran siswa pribadi pun sudah sangat langka. Masuk ke perguruan tinggi, kita akan menemukan kejanggalan yang lebih ekstrim lagi di sini. Para mahasiswa sangat hobi mengarang sitasi dalam laporan praktikumnya. Tapi, yang lebih memilukan adalah betapa para siswa Sekolah Dasar bahkan siswa Taman Kanak-kanak telah mengenal minuman keras, narkoba bahkan seks. Sungguh menyedihkan keadaan bangsa ini.

Pendidikan IQ, EQ, dan SQ itu seharusnya dimulai dalam lingkungan dan dengan guru yang baik. Ibu adalah sekolah pertama bagi sang anak, ia bagai kompas juru mudi anaknya, mengajari kata demi kata yang baik, mengenalkan berbagai macam benda serta kegunaan dan bahayanya, bahkan membentuk karakter awal dan kebiasaan alamiyah yang nantinya sang anak lakoni dalam hidupnya bertahun-tahun hingga mati.

Sejak dini setiap individu harus ditanamkan segala bentuk kebiasaan yang baik, diajarkan  dengan penuh kasih sayang dan perhatian serta pengawasan yang baik dari ke-dua orang tua. Mulai dari tata cara makan dengan tidak sambil berbicara, minum dengan duduk, menghormati orang yang lebih tua, diperdengarkan berbagai cerita inspiratif, diajarkan shalat secara berjama’ah sehingga pikiran dan hatinya terarah pada kebaikan serta tak lupa diberikan pengertian tentang sifat-sifat dan perilaku-perilaku buruk yang tidak disukai oleh Tuhan bahkan orang-orang di dunia. Cara ini adalah  contoh cara yang amat sederhana.  Tetapi, kita bahkan melupa hal kecil ini dan menganggap sepele.

IQ, EQ, dan SQ itu saling berkaitan satu sama lain, bahkan jika ada suatu pertanyaan tentang perbuatan apa yang dapat membentuk manusia dengan tingkat IQ, EQ, dan SQnya tinggi, maka jawabannya adalah shalat berjama’ah. Penelitian oleh para ahli telah membuktikan bahwa gerakan shalat menjadikan seseorang berotak cerdas, semakin lama ia bersujud, maka semakin cemerlang pikirannya. Dalam shalat, seorang hamba akan berdialog dengan Tuhannya, hatinya akan terasah dan ia akan semakin dekat dengan suara Sang Khalik, sehingga segala perilaku dan perkataannya tertata rapi dan indah, bahkan kehadiran insan ini akan selalu dirindukan karena kesejukan yang ia tebarkan di sekitarnya. Sehingga tidak ada ceritanya seorang shalih hidup individualis. Inilah relasi antara ketiga kecerdasan tersebut yang pasti terjadi pada setiap manusia. Jika seseorang telah mencapai pemahaman akan siapa dirinya dan Tuhannya dengan baik, maka secara otomatis akan tumbuh sifat-sifat dan adaptasi-adaptasi terbaik yang secara lembut dapat diterima oleh setiap manusia di dunia. Dalam suatu hadits diriwayatkan, Rasulullah SAW bersabda: “Sukakah Anda aku tunjukkan pada suatu amal yang dapat menghapus segala dosa sekaligus mengangkat derajatmu?” Jawab mereka (para sahabat), “Tentu Ya Rasulullah.”  Beliau bersabda, “Menyempurnakan wudlu di saat-saat segan, memperbanyak langkah ke masjid, dan menunggu waktu shalat, itulah cara menguasai diri yang baik.” (HR.Muslim).

Maka sesungguhnya wanitalah kunci keberhasilan dalam mendidik generasi, jika para ibu dan calon ibu dalam negeri ini baik, maka akan lahir generasi yang terang benderang, generasi yang seimbang kecerdasan otak, emosi dan spiritualnya, generasi yang ditunggu-tunggu oleh penduduk dunia bukan hanya negeri tercinta Indonesia. Dan kita Bangsa Indonesia akan bangkit menjadi negara termaju, terkuat dan terhebat dalam segala sektor kehidupan.

10 Responses to Ibu sebagai Pencetak Awal Generasi Cemerlang dalam Sejarah Pendidikan Manusia

  1. funny quotes

    I really liked your article post. Awesome.
    citations

  2. bash.im

    Great article.Much thanks again. Awesome.
    bash

  3. russian humor

    This is one awesome blog.Really looking forward to read more. Much obliged.
    bash.im

  4. bash

    This is one awesome blog post.Thanks Again. Great.
    citations

  5. Ana Amanah

    sorry for late reply, sure!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*