Nasihat untuk Hati I

Penyebab kesombongan adalah kekuasan dan kekayaan, kecantikan dan masa muda, status, prestise, dan kemuliaan, serta kecerdasan, pencerahan dan pendidikan. Tiap-tiap agama memiliki suatu kebaikan istimewa dan kebaikan istimewa dalam Islam adalah KERENDAHAN HATI. Orang yang rendah hati adalah orang yang beriman yang telah diberi pengetahuan, yaitu mereka yang telah memahami rahasia kehidupan, sedangkan karakter utama orang yang sombong adalah ketidakmampuannya mengingat bahwa ia hanyalah MAKHLUK LEMAH dan AKAN MATI di hadapan Allah kelak.

[ كل شيء له آفة ما دام الناس حيا فأن يقبل كل ما يأتي من المصائب فإن الغني الحقيقي هو غني نفسي]

Segala sesuatu punya masanya selama manusia itu hidup, maka hendaknya manusia senantiasa menerima segala sesuatunya dengan penuh kerelaan dan bersikap qona’ah atas segala hal yang menimpanya dari musibah-musibah di dunia. Sesungguhnya kaya yang hakiki adalah kaya hati.. qona’ah..”

-Mengingat nasihat dari penjelasan mahfudzot Ust. Syahrullah 2011 lalu- masa mondok-masa SMA-

Categories: Tentang Hidup | Leave a comment

Tentang Menuntut Ilmu

Kata Orang Bijak

“Jadikan belajar, membaca, dan menulis sebagai kebutuhan. Jangan sibuk ngurusin orang lain terus, tapi diri sendiri tidak terurus!

—–اصلح نفسك يصلح لك الناس—–

di dalam diri kita itu ada Allah,

—–وفي أنفسكم افلا تبصرون—–

Buat bangga orang tua, guru, dan diri sendiri, maka Allah pasti bangga [dengan hilirnya hanya karena Allah.. mengharap rahmatNya, cintaNya, dan ridloNya.]

Dari lisan guru tercinta Ust. Ni’matullah M. Na’im (Abu Ayyasy) 7 Maret 2010 dengan sedikit tambahan [..]

Categories: Tentang Hidup | Leave a comment

Pendahuluan Menggambar Teknik

“Tak kenal maka tak sayang” itulah ungkapan yang sering kita dengar saat kita bertemu dengan seseorang atau sesuatu yang baru. Sebelum kita mengenal apa itu gambar teknik, alangkah lebih baiknya kita tahu beberapa klasifikasi gambar. Beberapa macam gambar, diantaranya: gambar artistik, sketsa, dan teknik.

Lalu apa itu menggambar teknik? Menggambar teknik adalah cara mengkomunikasikan ide dari seseorang ke orang lain dalam bentuk gambar. Gambar tidak hanya sebuah arsich, tetapi bahasa yang bersifat universal. DRAWING AS A LANGUAGE.

Kriteria gambar teknik:  tidak menimbulkan makna ambigu, lengkap (semua informasi gambar tersedia) untuk  tahap pembuatan, cocok untuk duplikasi, sesuai dengan standar, serta  bersifat language independent.

 

 

Categories: Ilmu Pengetahuan | Leave a comment