6 Keuntungan Menggunakan Tanda Tangan Digital

Memakai Tanda Tangan Digital akan Percepat Tugas Anda dalam Tanda-tangani Dokumen Berapakah lama saat yang Anda perlukan untuk menuntaskan penandatanganan beberapa dokumen usaha? Berapakah besar biaya yang perlu Anda keluarkannya untuk mempersiapkan sampai sewa jasa pengantar untuk kembalikan document kesepakatan

Walau beberapa pertanyaan ini berkesan remeh, tetapi tanda-tangani beragam document sebenarnya sebagai satu aktivitas fundamental dalam sehari-harinya Anda sebagai pelaku bisnis. Seperti disebut dalam Hukum Perdata, tanda-tangan dalam surat kesepakatan mempunyai dua fungsi; untuk pastikan analisis atau tentukan kebenaran beberapa ciri penandatangan, dan penandatangan jamin kehadiran isi yang tertera dalam tulisan itu.

Dalam praktik konservatif, aktivitas penandatanganan harus melalui tahapan-tahapan. Dimulai dari cetak document di kertas, tanda-tangani dengan pulpen, scan document yang sudah diberi tanda tangan, selanjutnya mengirim kembali document itu baik lewat surel atau lewat jasa pengantar, proses pengutaraan tanda-tangan sampai hingga ke pihak yang tertuju harus lewat tahapan-tahapan yang memerlukan waktu dan biaya.

Tingkatan yang cukup berlapis ini dapat memerlukan waktu beberapa jam, bahkan juga beberapa hari jika mitra usaha Anda ada di luar kota. Belumlah usai di sana, resiko keamanan juga mengincar saat Anda mengirim document lewat pengantar. Document bisa jadi dibuka di tengah-tengah perjalanan oleh pelaku yang tidak bertanggung-jawab, atau bahkan juga hancur saat susunan perlindungannya kurang optimal.

6 Keuntungan Menggunakan Tanda Tangan Digital

Proses yang panjang dan resiko keamanan yang tinggi dapat secara mudah dijauhi dengan berpindah dari tanda-tangan manual ke tanda-tangan digital. Tetapi, tentu saja keuntungan yang didapatkan dari memakai tanda tangan digital tak terbatas di ke-2 hal tersebut saja.

Berikut 6 keuntungan memakai tanda-tangan digital dalam aktivitas usaha Anda:

1.Hemat Waktu

Anda dapat memotong saat yang diperlukan untuk pembuatan document, penyekenan document yang sudah diberi tanda tangan, penyimpanan document, sampai proses pengangkutan document oleh pihak ketiga. Dari tempat Anda ada di mana saja, Anda dapat terus tanda-tangani document dan langsung mengirimkan kembali lewat surel dalam beberapa saat.

2.Hemat Ongkos

Anda tidak perlu membudgetkan.membujetkan bujet khusus untuk beli kertas, pulpen, tinta printer, sampai biaya ekspedisi dan penyimpanan. Sepanjang Anda mempunyai handphone atau computer yang tersambung ke internet, penandatanganan dan pengangkutan document dapat dilaksanakan tanpa ongkos tambahan.

3. Sah di Mata Hukum

Validitas tanda-tangan digital di Indonesia telah mempunyai payung hukum lewat Undang-Undang Republik Indonesia No 11 Tahun 2008 Pasal 11 Ayat 1 mengenai Informasi dan Transaksi bisnis Electronic, dan Ketentuan Pemerintahan Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2012 Pasal 52 Ayat 1 dan 2 mengenai Penyelenggaraan Mekanisme dan Transaksi bisnis Electronic. Ketentuan ini menerangkan jika tanda-tangan digital berperan sebagai alat autentifikasi dan klarifikasi dalam transaksi bisnis electronic. Tanda-tangan digital dapat dipakai untuk memperlihatkan kesepakatan pertanda tangan atas info electronic dan/atau document electronic yang diberi tanda tangan dengan tanda-tangan digital. Dalam kata lain, tanda-tangan digital berkekuatan dan karena hukum yang syah semestinya tanda-tangan manual.

4. Lebih Aman

Pemakaian document secara digital tingkatkan tingkat keamanan dengan menghapus resiko pemalsuan document dan pemalsuan tanda-tangan. Disamping itu, tanda-tangan digital meminimalkan resiko document hancur atau lenyap. Tentunya, document yang diberi tanda tangan secara digital lebih terbangun kerahasiaannya karena proses pengangkutan terjadi langsung dan private tanpa mengikutsertakan pihak ke-3 .

5.Ramah Lingkungan

Sebaiknya jika segala hal yang kita lakukan mempunyai kontributor pada konservasi lingkungan, terhitung di cakupan usaha dan tugas. Hilangkan proses pembuatan dan pengangkutan document berarti kurangi pemakaian bahan bakar dan kertas di kehidupan setiap hari — satu hal yang terjadi secara automatis bersamaan dengan pemakaian tanda-tangan digital.

6. Meningkatkan Cakupan Usaha di Tingkat Global

Kedatangan tanda-tangan digital membuat usaha berpenampilan kekinian. Beragam negara maju seperti Amerika Serikat, Australia, sampai beberapa negara anggota Uni Eropa mengaku tanda-tangan digital pada beberapa dokumen usaha yang mengikat secara hukum. Keadaan ini buka kesempatan untuk Anda mengembangkan sayap usaha perusahaan sampai ke ajang internasional.

Tetapi saat sebelum Anda mulai membuat tanda-tangan digital, perlu diketahui bila tanda-tangan digital yang dianggap oleh pemerintahan Indonesia bukan tanda-tangan basah yang dibubuhkan di kertas yang selanjutnya dipindai dan dikirim lewat internet.

Pertanda Tangan Digital Mempermudah Anda Dalam Jalankan Usaha

Tanda-tangan digital yang sebetulnya ialah tanda-tangan yang sudah dilakukan secara electronic, tetapi bisa penuhi peranan dari tanda-tangan basah sekalian memiliki kekuatan hukum yang sama dengan. Tanda-tangan digital harus juga diperlengkapi dengan kunci privat dan dienskripsi secara matematis, hingga tanda-tangan digital bisa jamin validitas identitas penandatangannya.

Perusahaan yang sediakan jasa aplikasi tanda-tangan digital sudah sejumlah lumayan banyak. Tetapi, umumnya beberapa perusahaan itu belum pasti penuhi syarat legal yang diperlukan supaya tanda-tangan digital yang dihasilkannya dipandang sah di ranah hukum Indonesia.