Perangkat Lunak

Halo readers! Sudah lama tidak memposting tentang materi kuliah. Kali ini saya ingin melanjutkan pembahasan Perangkat Lunak. Sudah siap untuk belajar bukan? Yuk simak ulasannya sampai selesai.

Perangkat lunak (Software) adalah istilah khusus untuk data yang diformat, dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.

Pembuatan perangkat lunak itu sendiri memerlukan “bahasa pemrograman” yang ditulis oleh programmer untuk selanjutnya di kompilasi dengan aplikasi kompiler sehingga menjadi kode yang bisa dikenali oleh mesin hardware

Klasifikasi Software

Secara garis besar, dibagi menjadi menjadi dua macam: dua macam:

1. System Software

Piranti lunak komputer untuk menggunakan komputer.

a) Operational System

yaitu sebuah program yang mengoperasikan perangkat keras dengan menyediakan landasaran utama pada sebuah aplikasi serta sebagai penghubung. Selain itu juga sebagai pengendali dan mengkoordinasi penggunaan perangkat keras dengan berbagai program aplikasi yang digunakan.

Beberapa macam sistem operasi untuk komputer konvensional:

  • MS DOS & MS Windows (95, 98, ME, 2000, XP, Vista, 7,8)

b) Utilities Program (program utilitas)

berguna untuk merawat atau memelihara perangkat komputer. Contohnya seperti driver perangkat keras (SoundCard, VGA Card, LAN Card), anti virus (McAfee, AVG, Kaspersky, Avira, Komodo, Panda, Symantec), Manajemen hardisk (Partition magic, Disc Genius)

2. Application Software

Piranti lunak komputer yang digunakan untuk memproses data dan perintah pengguna.

a) Software Program Aplikasi

b) Software Program Paket