TATA CARA MEMBUAT IKLAN

Nama : Alto Refa Chandra

Nim : 165020218113022

Program Studi : Manajemen Pemasaran

Mata Kuliah : E-Commerce

 

Hasil gambar untuk google adsense

Memiliki suatu blog, selain menjadi suatu hobi pada dasarnya juga dapat menghasilkan keuntungan berupa uang kepada pemilik blog. Memang tidak bisa secara instan menghasilkan uang, tapi lama kelamaan kalau kita aktif memanfaatkan blog yang kita miliki, bisa menciptakan penghasilan bagi kita. Salah satu caranya adalah dengan menjadi mitra Google Adsense, blog kita akan dipasangi iklan. Semakin banyak pengunjung blog kita yang melihat iklan di blog kita , akan semakin besar penghasilan yang kita dapatkan.

Sebelum kita memasuki tata cara mendaftar Google Adsense melalui dashboard Blogspot, kita harus mengetahui kalau Blogspot dan Google merupakan perusahaan yang sama. Keduanya dibawah naungan Alphabet Inc. Karena berada dalam naungan yang sama, sehingga memberikan kemudahan kepada blogspot jika mendaftar dalam Google Adsense.

Tata cara membuat Iklan Google Adsense :

  • Langkah pertama, login ke dashoard blogpost dan lihat di sebelah kiri. Pilih menu yang bertuliskan Penghasilan.
  • Selanjutnya klik tombol ‘Daftar ke Adsense’. Setelah itu akan muncul halaman untuk login. Disini kita diminta untuk memasukkan akun Gmail yang ingin kita daftarkan, jangan lupa memasukkan pasword.
  • Bagian atas tersaji data akun dan nama website yang kita daftarkan. Disini ada pilihan apakah kita ingin dapat email informasi dari Google Adsense atau tidak. Disini saya sarankan bagi kalian, untuk memilih Yes untuk mendapatkan informasi performa iklan kita. Selanjutnya pilih Negara yang kalian tinggali, secara otomatis peraturan online Google Adsense ( aturan menjalin kerjasama dengan Adsense) yang muncul dibawah akan berubah menjadi bahasa Negara yang kalian pilih. Kalau tidak mau membuang waktu lama, kita tinggal mencentang tulisan Yes, I have read and accept the agreement’ di bagian bawah. Paling akhir tekan tombol ‘Create Account’. Setelah itu kalian akan diarahkan menuju halaman Google Adsense.
  • Tahap berikutnya : pengaturan alamat pembayaran. Disini terjadi jenis akun apa yang akan kalian pilih. Kalian bisa memilih individual ataupun bisnis disini. Selanjutnya adalah nama dan alamat, disini kita diwajibkan untuk mengisi sesuai dengan identitas diri kita yang sebenarnya. Jika sudah diisi semua, kita klik submit di bagian paling bawah.
  • Sesaat akan muncul informasi dari Blogger bahwa Widget Adsense telah ditambahkan ke template blog. Selanjutnya kita disarankan klik tombol lanjutkan untuk kembali ke halaman dashboard blogspot.
  • Pada menu penghasilan di dashoard blogspot. Ada tampilan untuk setelan iklan. Kita pilih Ya untuk tampilkan iklan di Blog. Untuk mempermudah peninjauan, kita pilih salah satu format, sehingga tidak harus menampilkan iklan secara manual. Setelah itu klik simpan setelan.
  • Setelah mengirimkan formulir, enam jam kemudian surat dari Google akan tiba kepada kita. Dalam surat tersebut akan ada jawaban apakah pengajuan kita diterima atau tidak.
  • Jika diterima, tahap selanjutnya melakukan optimalisasi iklan agar penghasilan kita bisa lebih besar.

Setelah  semua tahap diatas sudah dilewati. Proses belum selesai. Selanjutnya fokus untuk menampilkan iklan di Blogspot. Tata cara memasang iklan Google Adsense dari Blogspot adalah sebagai berikut :

  • Anda hanya perlu masuk ke akun blogger dan memilih menu penghasilan. Setelah itu kalian harus memasukkan akun ID yang anda miliki.
  • Selanjutnya kita harus memilih Ya pada opsi tampilkan iklan di blog, agar iklan terpasang di blog kita. Di bawah ada pilihan untuk menyesuaikan lebih lanjut, jika kita mengklik tulisan tersebut, kita akan diarahkan ke tata letak. Ada tiga pilihan yaitu : (1) tampilan iklan di bilah samping dan entri, (2) tampilan iklan di bilah samping, (3) tampilan iklan di bawah entri.
  • Selanjutnya kita masuk ke laman tata letak, kalian perlu menekan tombol tambahkan gadget, kemudian akan muncul jendela baru. Adsense muncul di bagian bawah, disini kita harus menekan tombol tambah berwarna biru.
  • Laman konfigurasi akan terbuka, kita disini dipersilahkan mengatur tampilan iklan yang kita inginkan. Disini kita disarankan untuk mengusahakan memilih format yang responsif dan juga kita disarankan untuk memilih jenis iklan teks dan gambar.
  • Jika sudah dengan halaman konfigurasi, kita tekan simpan. Setelah itu penempatan iklan bisa dimana saja, tinggal drak dan save.
  • Jika unit iklan baru yang dipasang, akan ada beberapa saat iklannya baru muncul. Kita bisa menempatkan berapapun iklan di halaman blog.
  • Setelah iklan sudah muncul, tugas terakhir kita adalah menambah jumlah pengunjung di blog kita sebanyak-banyaknya.

 

Artikel Tata Cara Membuat Iklan ini ditujukan untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh Bapak Nanang Suryadi.

TATA CARA BLOG TAMPIL DI GOOGLE DAN BING

Nama : Alto Refa Chandra

Nim : 165020218113022

Program Studi : Manajemen Pemasaran

Mata Kuliah : E-Commerce

 

Hasil gambar untuk google

Tata cara agar Blog tampil di pencarian Google :

Kadang, kita mengalami permasalahan terkait blog yang kita miliki. Blog yang kita miliki tidak kunjung muncul di pencarian google. Kadang kita merasa bingung akan kejadian tersebut. Kita harus tahu, agar blog kita dapat muncul di pencarian google sebenarnya tidak terlalu sulit caranya jika kita semua mengetahui tata caranya. Agar bisa tampil, kamu hanya perlu mendaftarkan blog kamu ke webmaster tool / search console. Search console ini merupakan website milik google yang dibuat khusus untuk memudahkan pemilik blog.

Lalu pasti kita bertanya-tanya bagaimana cara kita untuk mendaftarkan dan mensubmit sitemap blog kita ke search console ?. Dibawah ini ada tata cara yang dapat membantu kalian sebagai pemilik blog dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

  • Langkah pertama kita harus masuk ke webmaster tool. Saat kamu masuk pertama kali, kamu akan diminta sign in, sign in disini bisa diisi dengan email yang kamu punya (email yang kalian gunakan pada blog).
  • Setelah itu kalian klik Add A Property, setelah itu kalian isi pada dialog box yang muncul dengan url blog kalian.
  • Setelah itu kalian klik add, sekarang blog kalian sudah terdaftar di Webmaster tool / search console. Secara otomatis / langsung blog kalian akan terverifikasi.
  • Disini saya sarankan, kalian untuk mengecek terlebih dahulu apakah blog kalian sudah terverifikasi di search console atau belum. Cara mengeceknya adalah dengan klik icon roda gigi di pojok kanan atas. Lalu klik verification details, kalau sudah varified berarti blog kalian sudah terverifikasi.
  • Setelah sudah terverifikasi blog kamu, silahkan kalian kembali ke tampilan awal.

Selanjutnya masuk ke langkah yang berikutnya yaitu submit sitemap blog kalian. Submit sitemap atau peta situs bertujuan untuk mengenalkan blog yang kalian miliki pada search engine.

Cara Submit Sitemaps Blogger/Blogspot :

  • Pada dashboard search console, kalian pilih tab Crawl lalu pilih sitemaps. Lalu kalian klik tombol Add / Test Sitemap yang memiliki warna orange pada sebelah pojok kanan atas tampilan
  • Lalu kalian isi sitemap.xml atau atom.xml pilih salah satu dari kedua pilihan tersebut. Diusahakan sebelumnya melakukan uji coba terlebih dahulu, karena ada kemungkinan keduanya akan terjadi error. Saat sudah diuji coba dan ternyata tidak ada yang mengalami error, kalian pilih salah satu
  • Langkah selanjutnya yaitu kita klik submit dan akhirnya sitemap blog kamu sudah berhasil di submit.

 

 

Hasil gambar untuk bing pencarian

Tata cara agar Blog tampil di pencarian Bing :

Kita tahu selain mesin pencari google, ada mesin pencari lain yang juga cukup populer yaitu Bing. Disini kita juga pasti mengalami permasalahan terkait blog yang kita miliki yaitu tak kunjung muncul di mesin pencarian. Apalagi Bing juga memiliki aturan ketat dalam menampilkan blog, Bing akan memilih blog yang memang layak untuk ditampilkan. Dalam permasalahan ini, kita sebagai pemilik blog pasti bertanya-tanya yaitu bagaimana cara agar blog kita bisa muncul dalam mesin pencari Bing ?

Disini ada tata cara untuk daftar dan verifikasi blog ke Bing webmaster tools. Melalui Bing webmaster tools ini, kalian bisa melakukan submit sitemap, submit halaman utama blog dan submit artikel terbaru dengan mudah. Sehingga blog kita bisa dikenali dengan mudah oleh mesin pencari.

Cara Mendaftarkan Blog ke Bing Webmaster Tools :

  • Langkah pertama kita kunjungi situs terlebih dahulu bing.com/toolbox/webmaster
  • Disini kita dipersilahkan untuk pilih “Sign up with Microsoft account”
  • Langkah selanjutnya yaitu kita mengisi form pendaftaran yang sudah tersedia. Dalam form tersebut ada keterangan yaitu First name, Last name, User name, Password, Reenter password, Country/region, Birtdate, Gender, Phone number, Alternate email address, Enter the characther you see. Dalam mengisi form keterangan tersebut, kita harus mengisi dengan sejujur-jujurnya dan sesuai dengan identitas diri kita.
  • Setelah form keterangan sudah terisi semua, langkah selanjutnya klik “Create Account”
  • Akhirnya kalian semua berhasil mendaftar ke Webmaster Tools.

Tata cara Submit dan Verifikasi Blog di Bing Webmaster Tools :

  • Langkah pertama yaitu kita berkunjung ke situs http://www.bing.com/toolbox/webmaster/
  • Jika sudah masuk, silahkan kalian klik menu webmaster
  • Selanjutnya kalian tambahkan situs blog anda dan klik Add
  • Langkah selanjutnya yaitu kita mengisi form pendaftaran yang sudah tersedia. Dalam form tersebut ada keterangan yaitu URL, Add a sitemap, First Name, Last Name, Email, Job role, Company or organization Name dan Company or organization Siza, Industry     Contact phone, City, State/Province, Zip/Postal code, Country or region. Dalam mengisi form keterangan tersebut, kita harus mengisi dengan sejujur-jujurnya dan sesuai dengan identitas diri kita.
  • Jika formulir keterangan sudah terisi semua, kalian pilih klik Save.
  • Langkah berikutnya, kalian pasang kode verifikasi pada meta tag situs anda dibawah kode
  • Kalian tidak boleh lupa menyimpan template kalian.
  • Sekarang kalian kembali pada halaman Bing Webmaster kemudian tekan tombol “Verify”
  • Akhirnya Situs anda berhasil di Verifikasi ke Bing Webmaster Tools

 

Artikel Tata Cara Blog Tampil Di Google Dan Bing ini ditujukan untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh Bapak Nanang Suryadi.

Sejarah HTML

Nama : Alto Refa Chandra

Nim : 165020218113022

Program Studi : Manajemen Pemasaran

Mata Kuliah : E-Commerce

 

 

Hasil gambar untuk html

Hypertext Markup Language atau yang disingkan HTML adalah suatu metode yang digunakan untuk mengimplementasikan konsep hypertext dalam suatu naskah atau dokumen. Namun yang harus kita tahu, HTML bukanlah sebuah bahasa pemrograman. Melainkan adalah sebuah standar yang digunakan untuk menampilkan halaman web.

HTML memiliki sejarah yang panjang, sejarah HTML atau Hypertext Markup Language menjadi teknologi utama untuk Web sejak awal tahun 1990-an. Tim Berners-Lee menciptakan HTML pada tahun 1989 sebagai suatu cara yang sederhana namun sangat efektif untuk mengkodekan dokumen-dokumen elektronik. Tujuan awal dari web browser  adalah untuk melayani pembaca untuk membukan dokumen berformat HTML.

HTML mengalami perkembangan yang terus menerus. Perkembangan yang dialami HTML terkait versinya, dimulai dari HTML Versi 1.0, HTML Versi 2.0, HTML Versi 3.0, HTML Versi 3.2, HTML Versi 4.0, HTML Versi 4.01, HTML Versi 5.0.

  • HTML Versi 1.0

HTML Versi 1.0 adalah versi pertama sejak lahirnya bahasa HTML.  HTML Versi 1.0 yang menjadi versi pertama sehingga wajar jika didalamnya masih terdapat banyak sekali kelemahan, tampilan HTML ini sangatlah sederaha. HTML ini memiliki kemampuan antara lain untuk heading, paragraf, hypertext, list, serta cetak tebal dan miring pada teks. Versi ini sudah mendukung peletakan gambar pada dokumen tanpa memperbolehkan teks di sekelilingnya (wraping).

  • HTML Versi 2.0

HTML Versi 2.0 mulai dikembangkan pada tanggal 14 Januari 1995-1996 dengan adanya beberapa kemampuan yang ditambahkan seperti penambahan form (menampilkan suatu form pada dokumen). Dengan adanya form ini, kita dapat memasukkan nama, alamat, serta kritik dan saran. Hal ini menjadi cikal bakal adanya proses interaktif dengan pengguna. HTML Versi 2.0 menjadi awal mula dari adanya website interaktif.

  • HTML Versi 3.0

HTML Versi 3.0 atau yang lebih dikenal dengan HTML + lahir  pada tahun 1997 , Versi HTML 3.0 menambahkan beberapa fasilitas baru seperti figure yang merupakan perkembangan dari image untuk meletakkan gambar dan tabel. Selain itu, HTML Versi 3.0 juga mendukung adanya rumus-rumus matematika dalam dokumennya.

  • HTML Versi 3.2

Tidak bertahan dengan lama, pada tahun 1998 HTML Versi 3.0 digantikan dengan HTML Versi 3.2. HTML Versi 3.2 merupakan HTML yang sering digunakan oleh banyak kalangan. Dalamnya terdapat suatu teknologi untuk meletakkan suatu teks di sekeliling gambar. Gambar sebagai latar belakang, tabel, frame, style sheet dan lain-lain. Selain itu pada HTML Versi 3.2 disini kita bisa menggunakan script di luar HTML untuk mendukung kinerja HTML, seperti seperti Javascript, VBScript dan lain-lain.

  • HTML Versi 4.0

HTML Versi 4.0 lahir pada tanggal 24 Desember 1999, HTML Versi 4.0 memuat banyak sekali perubahan dan revisi dari Versi 3.2. Perubahan-perubahan disini hampir terjadi di segala perintah HTML seperti tabel, image, link, text, meta, imagemaps, form, dan lain-lain. Tujuan dari perubahan disini adalah agar HTML lebih baik dari versi-versi yang sebelumnya.

  • HTML Versi 4.01

HTML Versi 4.01 adalah revisi dari HTML Versi 4.0. Versi 4.01 ditujukan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan kecil dari HTML Versi 4.0. Selain ditujukan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan kecil, HTML 4.01 juga menjadi standarisasi untuk elemen dan atribut dari script XHTML 1.0.

  • HTML Versi 5.0

HTML Versi 5.0 atau dikenal dengan sebutan HTML 5 muncul pada tahun 2009. Kemunculan HTML ini menjadikan suatu standar baru untuk untuk HTML, XHTML, & DOM HTML. HTML ini adalah proyek kerjasama antara World Wide Web Consortium (W3C) dengan Web Hypertext Application Technology Working Group (WHATWG). Dalam HTML Versi 5.0 ini menambahkan beberapa perintah baru yang membantu para programmer web untuk mendesain website lebih menarik & interaktif. HTML Versi 5.0 adalah sebuah prosedur pembuatan tampilan web baru yang merupakan penggabungan antara CSS, HTML itu sendiri dengan JavaScript.

 

Artikel Sejarah HTML ini ditujukan untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh Bapak Nanang Suryadi.

REVIEW MEDIA SOSIAL

Nama :  Alto Refa Chandra

Nim : 165020218113022

Program Studi : Manajemen Pemasaran

Mata Kuliah : E-Commerce

 

1. Facebook

Hasil gambar untuk logo facebook

Saat kita mendengar kata Facebook, pasti kita tidak akan merasa asing dengan nama tersebut. Facebook sudah dikenal oleh banyak kalangan dari anak-anak sampai orang tua. Facebook adalah salah satu media dari sekian banyak media sosial yang ada, Facebook begitu populer dan sangat digemari oleh banyak orang diseluruh dunia.

Kemunculan Facebook pertama kali pada tahun 2004, Mark Zuckerberg yang menciptakan media sosial Facebook. Awalnya Facebook tidak digunakan untuk umum, Facebook hanya digunakan mahasiswa Harvard saja. Facebook benar-benar menjadi media sosial yang paling populer di Negara Indonesia. Facebook tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari. Hampir semua orang sangat bergantung dengan Facebook, bahkan mereka tidak bisa lepas dengan media sosial Facebook.

  • Tampilan

Hasil gambar untuk tampilan facebook menarik

Saat anda masuk ke dalam Facebook, anda akan melihat tampilan Facebook yang sangat menarik. Tampilan awal Facebook  terdapat warna biru dan putih, biru adalah warna yang menjadi ciri khas dari Facebook. Tampilan Facebook juga menyajikan postingan pengguna lain yang telah menjadi teman. Selain itu, tampilan awal Facebook juga terdapat Facebook Stories dari pengguna lain yang  sudah menjadi teman.

  • Fitur Aplikasi

Dalam media sosial Facebook, terdapat banyak fitur seperti beranda, konfirmasi, pesan, pemberitahuan, pencarian, pengaturan. Beranda memiliki fungsi membantu pengguna menuju ke tampilan awal Facebook. Konfirmasi memiliki fungsi untuk menerima permintaan pertemanan pengguna lain. Pencarian berfungsi untuk membantu pengguna dalam melakukan pencarian pengguna lain. Pesan memiliki fungsi untuk pengguna mengirim pesan atau menerima pesan dari pengguna lain. Pemberitahuan memiliki fungsi untuk memberikan suatu informasi. Pengaturan memiliki fungsi untuk pengguna dalam mengelola akun facebook yang dimiliki.

  • Manfaat Facebook

Facebook memberikan banyak manfaat untuk pengguna. Facebook memiliki manfaat kepada pengguna antara lain : (1) sebagai media untuk mendapatkan teman baru. (2) Sebagai media untuk membagikan informasi tentang kita kepada pengguna lain, melalui foto, video, maupun tulisan. (3) Media promosi, Facebook dapat menjadi media untuk kita mempromosikan produk. (4) Tempat Diskusi, Facebook memiliki fitur grup yang dapat kita gunakan untuk berdiskusi dengan orang lain. Selain itu fitur grup juga digunakan untuk tempat jual beli barang.

  • Kelebihan Facebook

Kelebihan dari Facebook adalah : (1) Facebook sangatlah mudah digunaka oleh para pengguna. (2)  Banyaknya pengguna Facebook dibandingkan dengan media sosial yang lain. (3) Facebook juga bisa digunakan untuk berbisnis. (4) Adanya fitur permainan yang dapat menjadi hiburan bagi pengguna. (5) Facebook memberikan pilihan pengguna untuk memposting status hanya dengan kata-kata atau memposting status dengan kata-kata dan foto atau video, atau hanya foto atau video saja.

  • Kekurangan Facebook

Kekurangan dari Facebook adalah : (1) Mudahnya mendaftar di Facebook, membuat banyak orang yang memiliki akun melebihi satu. (2) Banyak akun-akun yang tidak asli pemiliknya / palsu (plagiat nama). (3) Banyak konten-konten yang berbau pornografi.

 

2. Instagram

Hasil gambar untuk instagram

Instagram adalah suatu aplikasi media sosial yang memiliki fungsi untuk berbagi foto dan video disertai dengan ragam fitur yang sangat menarik. Instagram adalah salah satu media sosial yang sudah populer, bahkan kemungkinan besar hampir semua orang mengetahui tentang instagram. Instagram adalah media sosial yang tergolong baru, namun Instagram bisa menandingi media sosial lain seperti Facebook, Twitter, dan lain-lain.

Kepopuleran Instagram membuat Facebook tidak ragu untuk mengambil alih Instagram. Pada tanggal 9 April 2012, Facebook setuju untuk membeli Instagram dengan nilai sekitar $1 miliar. Facebook meyakini kalau prospek Instagram kedepan sangatlah baik, bahkan ada peluang suatu saat nanti Instagram bisa mengungguli kepopuleran dari Facebook.

  • Tampilan

Hasil gambar untuk tampilan instagram

Saat anda masuk ke dalam Instagram, anda akan melihat tampilan Instagram yang simpel namun menarik. Tampilan Instagram yang simpel lebih memudahkan pengguna dalam menggunakan media sosial Instagram. Kenapa media sosial Instagram menarik, karena banyak fitur-fitur dalam aplikasi instagram yang memiliki fungsi penting. Tampilan Instagram juga menyajikan postingan pengguna yang diikuti, baik postingan berupa foto maupun video. Selain itu, tampilan awal Instagram juga terdapat Insta Stories dari pengguna yang diikuti.

  • Fitur Aplikasi

Dalam media sosial Instagram, terdapat banyak fitur seperti beranda, pencarian, posting, pemberitahuan, akun, posting Insta Stories, Ig TV, pesan. Beranda memiliki fungsi membantu pengguna menuju ke tampilan awal Instagram. Posting memiliki fungsi untuk mengunggah foto atau video pengguna. Pencarian berfungsi untuk membantu pengguna dalam melakukan pencarian pengguna Instagram lain. Pemberitahuan memiliki fungsi untuk memberikan suatu informasi tentang akun pengguna. Akun memiliki fungsi untuk pengguna dalam mengelola akun facebook yang dimiliki. Posting Insta Stories memiliki fungsi untuk pengguna mengunggah cerita mereka. Ig TV memiliki fungsi untuk pengguna melihat video dan mengunggah video. Pesan memiliki fungsi untuk pengguna mengirim pesan atau menerima pesan dari pengguna lain.

  • Manfaat Instagram

Instagram memiliki banyak manfaat seperti : (1) sebagai media untuk mendapatkan teman baru. (2) Sebagai media untuk menjual dan mempromosikan produk. (3) Sebagai media untuk mengekspresikan perasaan pengguna dengan berupa gambar atau video dan kata-kata.

  • Kelebihan Instagram

Kelebihan dari aplikasi Instagram adalah : (1) Jika kita tidak ingin pengguna lain yang tidak mengikuti kita melihat isi postingan Instagram kita, kita bisa mengunci akun Instagram kita. (2) Instagram memiliki banyak fitur yang menarik (3) Instagram memberikan informasi tentang siapa saja yang pengguna yang menjadi pengikut dan yang kita ikuti. (4) Tidak ada batasan dalam mengikuti pengguna. (5) Saat kita ingin mempromosikan produk, Instagram memberikan kemudahan kepada kita dalam mempromosikan produk. (6) Penggunaan Instagram benar-benar mudah. (7) Kita bisa melihat foto-foto tokoh yang menjadi idola kita.

  • Kekurangan Instagram

Kekurangan dari Instagram adalah : (1) Instagram hanya mempunyai 2 konten saja yaitu berupa foto dan berupa video. (2) Durasi video sangat pendek, yaitu hanya selama 1 menit. (3) Mudahnya mendaftar dalam media sosial Instagram, membuat banyak pengguna memiliki akun lebih dari satu. (4) Instagram harus diubdate secara berkala.

 

3. Twitter

Gambar terkait

Twitter adalah layanan jejaring sosial yang berkatagori Microblogging. Twitter memungkinkan penggunanya untuk mengirim suatu pesan dan membaca suatu pesan yang berbasis teks yang sering disebut dengan kicauan. Twitter berdiri pada bulan Maret 2006, Twitter didirikan oleh Jack Dorsey dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli 2006.

Twitter adalah suatu media layanan informasi yang bisa kita gunakan untuk membagikan informasi kepada banyak orang di seluruh dunia. Banyak yang mempersepsikan kalau Twitter adalah media sosial atau jejaring sosial, tapi nyatanya Twitter bukanlah media sosial atau jejaring sosial. Menurut Evan Williams, Twitter adalah jaringan informasi yang memberikan kabar terkini dari semua orang dan membaginya ke seluruh dunia.

  • Tampilan

Hasil gambar untuk beranda twitter

Saat anda masuk ke dalam Twitter, anda akan melihat tampilan Twitter yang segar, ringan, dan minimalis. Tujuan Twitter membuat tampilan yang segar, ringan, dan minimalis adalah agar Twitter menjadi lebih mudah digunakan oleh penggunanya. Tampilan Twitter juga menyajikan informasi yang disebarkan oleh akun twitter yang kita tweet / ikuti.

  • Fitur Aplikasi

Dalam media sosial Twitter, terdapat banyak fitur seperti home, pencarian, notifikasi, pesan, dan kicauan. Home memiliki fungsi membantu pengguna menuju ke tampilan awal Twitter. Pencarian berfungsi untuk membantu pengguna dalam melakukan pencarian pengguna Twitter lain. Notifikasi memiliki fungsi untuk memberikan suatu informasi tentang akun pengguna. Pesan memiliki fungsi untuk pengguna mengirim pesan atau menerima pesan dari pengguna lain. Kicauan memiliki fungsi untuk pemilik akun menyebarkan informasi yang mereka miliki ke pengguna lain.

  • Manfaat Twitter

Manfaat dari Twitter adalah : (1) sebagai suatu media untuk menjalin komunikasi dengan pengguna lain. (2) Untuk mendapatkan informasi dari pengguna lain. (3) Untuk mendapatkan motivasi dari pengguna lain. (4) Untuk menjadi sumber penghasilan pengguna.

  • Kelebihan Twitter

Kelebihan dari aplikasi Twitter adalah : (1) Tampilan sangat minimalis, tampilan yang minimalis dengan fitur yang simpel menjadi daya tarik bagi penggunanya. (2) Twitter memberikan pilihan kepada penggunanya untuk mengganti background tampilan twitter sesuka hati. (3) Jumlah pertemanan di Twitter tidak terbatas. (4) Pendaftaran untuk menjadi pengguna Twitter tidaklah sulit. (5) Fitur trending Topik menjadi ciri khas dari Twitter.

  • Kekurangan Twitter

Kekurangan dari aplikasi Twitter adalah : (1) Penggunaan Twitter bisa dibilang rumit, tidak semua pengguna bisa mengerti secara langsung cara menggunakan Twitter. (2) Twitter tidak menyediakan hiburan permainan seperti Facebook. (3) Banyak pengguna palsu di twitter.

 

4. LinkedIn

Hasil gambar untuk linkedin

LinkedIn adalah jejaring sosial yang didisaen berbeda dari jejaring sosial yang lainnya dan cenderung tidak digunakan oleh banyak kalangan. LinkedIn hanya digunakan oleh kalangan tertentu, kalangan yang menggunakan LinkedIn adalah kalangan profesional. Chief Executive Officer LinkedIn saat ini adalah Dan Nye. Kantor LinkedIn berlokasi di Mountain View, Californial. LinkedIn mulai meraih keuntungan yang positif pada tahun 2006.

Mungkin banyak orang di Negara Indonesia yang tidak mengenal LinkedIn, LinkedIn memang tidak sepopuler seperti Facebook, Instagram, ataupun Twitter. Namun LinkedIn sebenarnya memiliki fungsi yang lebih besar dibandingkan Facebook, Instagram, ataupun Twitter. LinkedIn adalah jejaring sosial yang berfungsi untuk mengenalkan kemampuan atau skill pengguna dengan tujuan agar perusahaan mau melirik dan merekrut diri kita.

  • Tampilan

Hasil gambar untuk linkedin

Saat anda masuk ke dalam LinkedIn, anda akan melihat tampilan LinkedIn yang segar. Tujuan LinkedIn membuat tampilan seperti ini adalah agar pengguna merasa betah dalam  berselancar di dalamnya. Tampilan LinkedIn juga menyajikan informasi tentang lowongan pekerjaan yang mungkin cocok dengan pengguna.

  • Fitur Aplikasi

Dalam media sosial LinkedIn terdapat banyak fitur seperti halaman utama, pekerjaan, jaringan, profil, pencarian, pesan, notifikasi. Halaman utama memiliki fungsi membantu pengguna menuju ke tampilan awal LinkedIn. Pekerjaan memiliki fungsi untuk memberikan informasi tentang  lowongan pekerjaan, selain itu ada fitur lain seperti lowongan pekerjaan disimpan, lowongan pekerjaan dilamar, dan minat karier. Jaringan memiliki fungsi memberikan informasi tentang pengguna lain yang mungkin pengguna kenal, disini pengguna disarankan untuk menambahkan pengguna lain yang mungkin dikenali. Profil disini memiliki fungsi untuk pengguna dalam mengelola akun LinkedIn yang dimiliki. Pencarian memiliki fungsi untuk membantu pengguna dalam melakukan pencarian pengguna LinkedIn lain. Pesan memiliki fungsi untuk pengguna mengirim pesan atau menerima pesan dari pengguna lain. Notifikasi memiliki fungsi untuk memberikan suatu informasi tentang akun pengguna.

  • Manfaat LinkedIn

Manfaat dari LinkedIn adalah : (1) LinkedIn memiliki fungsi untuk membuat profil professional pengguna secara online. (2) Membantu pengguna untuk membangun jaringan dengan pengguna yang lainnya. (3) Membantu pengguna untuk mengenal pengguna (orang-orang professional) lainnya. (4) Pengguna dapat mengenal profesi pengguna lainnya. (5) Mendapatkan informasi tentang keberadaan sebuah perusahaan. (6) Mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan.

  • Kelebihan LinkedIn

Kelebihan dari LinkedIn adalah : (1) Pengguna dapat memperkenalkan suatu koneksi kepada pengguna lain yang spesifik pada suatu pekerjaan tertentu. (2) Pengguna dapat menginformasikan kemampuan yang dimiliki kepada perusahaan melalui apa yang ditampilkan di profil LinkedInnya. (3) Pengguna dapat mencari suatu lowongan pekerjaan dan pengguna dapat menyesuaikan dengan kemampuan yang pengguna miliki. (5) Pengguna dapat melihat dan membaca pendapat-pendapat pengguna lain yang diikuti. (6) Dengan pengguna LinkedIn yang rata-rata orang professional, sehingga membuat spam atau iklan yang tidak sopan dan tidak relevan akan jarang ditemui. (7) Bagi perusahaan, perusahaan dapat melihat dan mencari secara langsung kualitas yang dimiliki pengguna yang melamar pekerjaan.

  • Kekurangan LinkedIn

Kekurangan dari LinkedIn adalah sebagai berikut : (1) Kebebasan untuk menambahkan koneksi sebanyak mungkin, akan membuat manfaat penggunaan yang tidak efektif. (2) Kurangnya penyaringan tentang lowongan kerja yang palsu. (3) Saat pengguna tidak mengatur privasi dengan baik, ada kemungkinan spammping. (4) Pengguna LinkedIn banyak yang memiliki nama akun sama. (5) Selain pengguna, banyak perusahaan yang memiliki nama akun sama. Dengan nama yang sama, menimbulkan kebingungan bagi para pengguna.

 

5. Pinterest

Gambar terkait

Pinterest adalah  jejaring sosial yang menawarkan konsep berbeda dari jejaring sosial lainnya. Dalam Pinterest, pengguna dapat berbagi foto dan mengkoleksi foto secara bebas, tanpa harus takut oleh berbagai limit yang mengekang. Pinterest didirikan oleh Ben Silbermann, Pinterest bertempat di San Fransisco. Pinterest memulai kiprahnya pada tahun 2010.

Pinterest di Negara Indonesia memang popularitasnya tidak sebanding dengan Facebook,  Instagram, ataupun Twitter. Namun di seluruh dunia, media sosial ini sangat-sangat terkenal, terutama untuk para wanita. Pinterest adalah media sosial yang segmennya adalah foto atau gambar. Foto-foto yang dibagikan tidak terbatas pada foto yang pengguna ungguh, melainkan mencakup foto dari pengguna lain dan situs-situs tertentu.

  • Tampilan

Hasil gambar untuk pinterest

Saat anda masuk ke dalam Pinterest, anda akan melihat tampilan Pinterest yang sederhana. Tujuan Pinterest membuat tampilan yang sederhana adalah agar pengguna tidak merasa kebingungan dalam menggunakan media sosial Pinterest. Tampilan Pinterest juga menyajikan foto dan gambar yang mungkin pengguna sukai.

  • Fitur Aplikasi

Dalam media sosial Pinterest terdapat banyak fitur seperti home, Following, notifikasi, save, pencarian, pesan. Home memiliki fungsi membantu pengguna menuju ke tampilan awal Pinterest. Following memiliki fungsi memberikan informasi siapa saja yang diikuti pengguna, selain itu following juga memiliki fungsi merekomendasikan pengguna untuk mengikuti pengguna lain. Notifikasi memiliki fungsi untuk memberikan suatu informasi tentang akun pengguna. Saved memiliki fungsi untuk menyediakan gambar yang pengguna simpan. Pencarian memiliki fungsi untuk membantu pengguna dalam melakukan pencarian pengguna Pinterest lain. Pesan memiliki fungsi untuk pengguna mengirim pesan atau menerima pesan dari pengguna lain.

  • Manfaat Pinterest

Manfaat dari Aplikasi Pinterest adalah : (1) Pinterest dapat menjadi solusi kepada pengguna dalam mencari suatu inspirasi melalui gambar. (2) Pinterest juga menjadi media bagi pengguna untuk mencari tutorial. (3) Menjadi bookmark untuk destinasi wisata yang ingin di kunjungi. (4) Sebagai media untuk membagikan kreasi. (5) Media untuk memberikan inspirasi kepada pengguna lain.

  • Kelebihan Pinterest

Kelebihan dari Pinterest adalah : (1) Bagi pecinta fotografi, media sosial Pinterest benar-benar cocok karena dalam media sosial Pinterest terdapat banyak foto atau gambar yang dibagikan oleh pengguna Pinterest lainnya. (2) Dapat digunakan untuk mempromosikan produk yang dimiliki pengguna. (3) Dapat digunakan untuk bertukar informasi. (4) Dapat terhubung dengan seluruh pengguna di dunia, sehingga pengguna bisa mendapatkan teman baru dari seluruh dunia.

  • Kekurangan Pinterest

Kekurangan dari aplikasi Pinterest adalah : (1) Terdapat beberapa fitur yang membingungkan pengguna. (2)  Dalam media sosial Pinterest terdapat spam yang sangat banyak. (3) Belum didukung penggunaan Bahasa Indonesia. (4) Keamanan dari media sosial Pinterest masih kurang.

 

Situs belanja Online Paling Baik :

Diantara kelima media sosial, menurut saya Instagram yang paling baik. Alasan saya memilih Instagram adalah karena Instagram dapat menjadi media untuk mengepresikan suatu suasana hati pengguna dengan berupa gambar dan kata-kata. Instagram juga dapat menjadi media untuk mendapatkan teman baru dan juga untuk mempromosikan produk. Selain itu dalam media sosial Instagram terdapat banyak fitur-fitur yang  memiliki fungsi penting.

Pilihan kedua saya adalah LinkedIn karena Linkedin membantu pengguna untuk mencari pekerjaan. Dengan LinkedIn pengguna bisa memperkenalkan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki, sehingga dapat menarik minat dari perusahaan. Pilihak ketiga adalah Pinterest, karena Pinterest dapat menjadi inspirasi bagi pengguna melalui gambar. Keempat adalah Facebook, Facebook saat ini mulai banyak ditinggalkan pengguna. Pengguna mulai bosan dalam menggunakan Facebook. Namun yang harus kita tahu, Facebook telah membantu pengguna untuk mendapatkan teman baru yang sebelumnya tidak pernah pengguna kenal. Terakhir adalah Twitter, alasan saya memilih Twitter sebagai yang terakhir adalah karena Twitter bisa dibilang penggunaannya terlalu rumit. Dari dulu sampai sekarang saya kesulitan memahami cara penggunaan Twitter.

 

Review media sosial ini ditujukan untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh Bapak Nanang Suryadi.

REVIEW BELANJA ONLINE

Nama : Alto Refa Chandra

Nim : 165020218113022

Program Studi : Manajemen Pemasaran

Mata Kuliah : E-Commerce

 

1. Lazada

Gambar terkait

Lazada adalah situs belanja online yang ada di Negara Indonesia. Lazada Group merupakan salah satu anak perusahaan internet jerman yang bernama Rocket internet. Pada April 2016, Alibaba Group resmi mengakuisisi saham mayoritas Lazada Group senilai US $ 1 miliar.

Lazada sebagai salah satu perusahaan belanja online terbesar di Asia Tenggara mencoba menarik minat konsumen untuk berkunjung ke situs belanja mereka dengan cara menawarkan berbagai jenis produk yang beragam. Produk yang Lazada tawarkan adalah produk elektronik, buku, pakaian, produk kecantikan, perlengkapan olahraga dan petualangan, dan masih banyak lagi.

  • Tampilan

Gambar terkait

Saat anda masuk ke dalam situs Lazada, kalian akan melihat tampilan Lazada yang sangat menarik. Kenapa menurut saya menarik, karena dalam tampilan awal di Lazada sudah memberikan banyak pilihan produk. Lazada mencoba menawarkan suatu produk yang mungkin konsumen butuhkan. Tampilan awal Lazada juga memberikan informasi terkait produk potongan harga dan produk gratis ongkos kirim.

  • Fitur Aplikasi Lazada

Dalam situs belanja Lazada, terdapat banyak fitur seperti Beranda, Feed, Pesan, Troli, Akun, Scan, Wallet. Beranda memiliki fungsi membantu konsumen menuju ke tampilan awal Lazada. Feed dalam Lazada berfungsi untuk membantu konsumen mencari produk beragam, konsumen mencari produk dari produsen yang berbeda-beda dengan cara scroll saja. Pesan memiliki fungsi untuk konsumen yang ingin mengirim pesan ke produsen. Pesan disini juga memiliki fungsi memberikan informasi kepada konsumen terkait pesanan, notifikasi produk, promo produk. Troli memiliki fungsi menyimpan produk yang konsumen pesan, sebelum dibeli oleh konsumen. Akun memiliki fungsi membantu konsumen dalam mengelola biodata mereka. Dalam akun, terdiri dari banyak fitur seperti toko yang diikuti oleh konsumen, wishlist konsumen, pilih pembayaran, produk dalam proses, produk dalam pengiriman, untuk diulas, pengembalian dan pembatalan, melacak paket, lazada credit. Selain itu ada fitur layanan seperti ajak teman, ulasan saya, chat dengan cs, berjualan di lazada, pesan, metode pembayaran, bantuan.

  • Kerjasama Dengan Perusahaan dan Usaha Kecil

Perusahaan dan usaha kecil banyak yang bekerjasama dengan Lazada untuk menyediakan produknya di Lazada. Dengan banyaknya kerjasama tersebut, membuat konsumen memiliki banyak pilihan produk dari produk yang original maupun produk yang tidak original . Perusahaan besar yang bekerjasama dengan Lazada contohnya seperti  Puma, Eiger Adventure, Xiaomi, Converse, Planet Sports.

  • Jasa Pengiriman

Dalam aplikasi Lazada, Jasa pengiriman sudah ditentukan oleh pihak Lazada. Konsumen tidak dapat memilih menggunakan jasa pengiriman.

  • Metode Pembayaran

Lazada menyediakan metode pembayaran kredit / kartu debit, melalui Bank transfer (BCA, Mandiri, BNI dan Bank Lainnya), bayar di tempat, klikBCA, kredivo.

  • Kelebihan Lazada

Lazada memiliki kelebihan yaitu : (1) Beragam produk, dalam situs Lazada terdapat banyak produk yang beranekaragam. (2) Banyak potongan harga, Lazada sering menawarkan potongan harga untuk konsumen. (3) Bebas ongkos kirim, Lazada sering menawarkan promosi gratis biaya ongkos kirim. Namun tidak semua produk Lazada ongkos kirimnya gratis. Kita dapat mengetahui ongkos kirim gratis dengan melihat keterangan yang ada. (4) Belanja Online dan bayar di tempat, Lazada memberikan suatu keamanan kepada konsumen yang takut tertipu dalam membeli produk dengan cara konsumen dapat membayar di tempat saat produk telah sampai.

  • Kekurangan Lazada

Lazada memiliki kekurangan yaitu fasilitas bayar di tempat tidak bisa digunakan di semua wilayah. Banyak wilayah yang belum mendukung untuk menggunakan sistem tersebut. Saya pernah mencoba untuk menggunakan metode bayar di tempat, tapi ternyata wilayah saya tidak mendukung untuk menggunakan metode tersebut.

 

2. Bukalapak

Hasil gambar untuk logo bukalapak

Bukalapak adalah situs belanja online yang ada di Negara Indonesia. Bukalapak merupakan perusahaan belanja online yang dibuat pada tanggal 10 Januari 2010 oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono, dan Fajrin Rasyid. Saat ini Bukalapan telah menjadi unicorn asal Indonesia.

Bukalapak memiliki strategi untuk menarik minat konsumen dengan cara meyakinkan konsumen. Bukalapak meyakinkan konsumen dengan cara mereka memberikan jaminan 100 persen uang kembali pada pembeli jika barang tidak dikirimkan oleh pelapak. Dengan hal tersebut membuat konsumen tidak akan takut tertipu saat melakukan transaksi menggunakan situs belanja online Bukalapak.

  • Tampilan

Hasil gambar untuk tampilan awal bukalapak

Saat anda masuk ke dalam situs Bukalapak, kalian akan melihat tampilan Bukalapak yang sangat baik. Bukalapak membuat tampilannya simpel dan terstruktur. Bukalapak berusaha memberikan kemudahan kepada konsumen dalam melakukan pencarian suatu produk. Dalam tampilan awal, Bukalapak juga memberikan informasi terkait produk potongan harga, produk yang populer, produk baru, lapak kekinian.

  • Fitur Aplikasi Bukalapak

Dalam situs belanja Bukalapak, terdapat benyuk fitur seperti Home, Discover, BukaMall, Transaksi, Akun, Pesan, Keranjang, Notifikasi. Home memiliki fungsi membantu konsumen menuju ke tampilan awal Bukalapak. Discover dalam Bukalapak berfungsi untuk membantu konsumen mencari produk beragam, konsumen mencari produk dari pelapak yang berbeda-beda dengan cara scroll saja. BukaMall dalam Bukalapak terdiri dari pelapak-pelapak yang sudah terkenal seperti Buka Mart, Barbie, Adidas, Acer, Ardiles. Transaksi terdiri dari informasi terkait tagihan, pembelian, dan penjualan. Akun memiliki fungsi membantu konsumen dalam mengelola biodata mereka. Dalam akun, terdiri dari banyak fitur seperti tambah saldo, jual barang, belanja lebih mudah, pembeli prioritas, Bukalapak credits, chat, diskusi bareng, komplain, daftar langganan, dan lain-lain. Pesan memiliki fungsi untuk konsumen mengirim pesan ke produsen dan menerima pesan dari produsen. Keranjang memiliki fungsi menyimpan produk yang konsumen pesan, sebelum dibeli oleh konsumen. Notifikasi memiliki fungsi untuk memberikan informasi kepada konsumen.

  • Kerjasama Dengan Perusahaan / Usaha

Banyak pelapak yang bekerjasama dengan Bukalapak untuk menyediakan produknya di Bukalapak. Baik pelapak yang sudah besar maupun pelapak yang masih kecil. Dengan banyaknya kerjasama tersebut, membuat konsumen memiliki banyak pilihan produk. Pelapak besar yang bekerjasama dengan Bukalapak contohnya seperti Acer, Adidas, Advan, Asus, Avtech.

  • Jasa Pengiriman

Dalam aplikasi Bukalapak, Bukalapak memberikan banyak pilihan jasa pengiriman kepada konsumen. Seperti JNE, J&T, SiCepat Reg, atau ambil sendiri.

  • Metode Pembayaran

Bukalapak menyediakan metode pembayaran seperti dana, credits, virtual account, transfer bank, gerai, kartu kredit atau debit, internet banking, cicilan tanpa kartu kredit, oneklik.

  • Kelebihan Bukalapak

Kelebihan dari Bukalapak adalah : (1) Semua bisa dinego, Produk yang ada di Bukalapak dari harga terendah sampai tertinggi semuanya bisa di nego. (2) Simpel dan mudah, Bukalapak memberikan kemudahan kepada konsumen mulai dari pendaftaran, pencarian produk, hingga pembayaran. (3) Pembeli prioritas,  Dalam aplikasi Bukalapak ada fitur pembeli prioritas yaitu memberikan potongan ongkos kirim sebesar Rp 15.000 selama satu bulan. Selain itu komplain konsumen juga akan diprioritaskan. Untuk menikmati fitur ini, konsumen cukup membayar sebesar Rp 50.000 per bulan. (4) Respon yang sangat cepat dari Costumer Service. (5) Bukalapak sering mengadakan promosi, seperti serba Rp 12.000.

  • Kekurangan Bukalapak

Bukalapak memiliki kekurangan yaitu : (1) Fitur Nego masih memiliki banyak kekurangan, (2) Pencairan saldo dari bukadompet relatif lama, rata-rata lebih dari 1 hari (3) Tidak ada fitur diskusi, membuat konsumen kesulitan mencari informasi tentang produk yang ingin dibeli.

 

3. Shopee

Hasil gambar untuk logo shopee

Shopee adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group yang didirikan pada tahun 2009 oleh Forrest Li.  Shopee pertama kalin diluncurkan pada tahun 2015 secara serentak di 7 Negara yakni Singapura, Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina.

Shopee adalah nomor 1 tempat belanja online se Indonesia. Shopee merupakan sebuah platform yang dirancang khusus untuk menyuguhkan pengalaman berbelanja online yang mudah, aman, dan cepat dengan sistem pembayaran dan dukungan logistik yang kuat. Shopee memiliki tujuan untuk terus berkembang menjadi E-commerce pilihan utama di Indonesia.

  • Tampilan

Gambar terkait

Saat anda masuk ke dalam situs Shopee, kalian akan melihat tampilan awal Shopee yang memberikan banyak pilihan produk. Tampilan awal Shopee seakan-akan memberikan gambaran kepada kita kalau Shopee menyediakan produk yang beragam. Dalam tampilan awal Shopee juga memberikan informasi terkait produk potongan harga, produk yang populer, produk terlaris, produk Shopee mall, produk rekomendasi.

  • Fitur Aplikasi Shopee

Dalam situs belanja Shopee terdapat banyak fitur seperti Beranda, Timeline, Mall, Notifikasi, Saya, Keranjang, Chet, Mesin Pencarian. Beranda memiliki fungsi membantu konsumen menuju ke tampilan awal Shopee. Timeline dalam Shopee terdiri dari produk yang direkomendasikan untuk konsumen, konsumen dalam melihat-lihat produk yang direkomendasikan hanya dengan cara scroll saja. Mall dalam Shopee terdiri dari penjual yang sudah terkenal seperti Loreal, Garnier, Downy, Oppo, Samsung, dan lain-lain. Notifikasi memiliki fungsi untuk memberikan informasi kepada konsumen Saya memiliki fungsi membantu konsumen dalam mengelola biodata mereka. Saya juga terdiri dari banyak fitur seperti favorit saya, terakhir dilihat, koin shopee, penilaian saya, bantuan, dan lain-lain. Keranjang memiliki fungsi menyimpan produk yang konsumen pesan, sebelum dibeli oleh konsumen. Pesan memiliki fungsi untuk konsumen mengirim pesan ke produsen dan menerima pesan dari produsen. Mesin pencari memiliki fungsi untuk membantu konsumen menemukan produsen atau produk yang mereka cari.

  • Kerjasama Dengan Perusahaan dan Usaha Kecil

Banyak perusahaan dan usaha kecil yang bekerjasama dengan Shopee untuk menyediakan produknya di situs Shopee. Dengan banyaknya kerjasama tersebut, membuat konsumen memiliki banyak pilihan produk. Perusahaan besar yang bekerjasama dengan Shopee contohnya seperti Loreal, Garnier, Downy, Oppo, Samsung, Xiaomi, Unilever.

  • Jasa Pengiriman

Dalam aplikasi Shopee, Shopee memberikan pilihan pengiriman seperti J&T Express, JNE REG.

  • Metode Pembayaran

Shopee menyediakan metode pembayaran seperti Transfer Bank, Kartu Kredit / Debit Online, Bayar di tempat (COD), One Klik, Indomaret / Ceriamart, Alfamart, Pembayaran Kredivo, Akulaku.

  • Kelebihan Shopee

Kelebihan dari Shopee adalah : (1) Shopee memberikan subsidi ongkos kirim. (2) Kode promo Shopee yang masuk ke menu tersendiri. (3)  Bisa chat dengan penjual di Shopee, selain itu mudahnya cara chat penjual di Shopee. (4) Bisa komplain lewat live chat. (5)  Shopee juga sering memberikan promosi besar-besaran seperti goyang Shopee, kuis Shopee, mendatangkan BlackPink ke Indonesia.

  • Kekurangan Shopee

Kekurangan dari Shopee adalah : (1) Terlalu banyak syarat dalam program gratis ongkir. (2) Karena mudahnya untuk berjualan di Shopee sehingga banyak penjual yang tidak jujur. (3) Tampilan situs Shopee kurang menarik.

 

4. Tokopedia

Hasil gambar untuk logo tokopedia

Tokopedia merupakan perusahaan teknologi Indonesia dengan misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Sejak didirikan William Tanuwijaya pada tahun 2009, Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Negara Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara.

Tokopedia adalah bisnis marketplace terdepan di Indonesia yang memungkinkan setiap individu, toko kecil, dan brand untuk membuka dan mengelola toko daring. Hingga saat ini Tokopediaa menjadi marketplace yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Tokopedia memiliki tujuan untuk memudahkan seluruh masyarakat Indonesia mendapatkan kebutuhan mereka dengan cepat dan aman.

  • Tampilan

Hasil gambar untuk tampilan awal tokopedia

Saat anda masuk ke dalam aplikasi Tokopedia, kalian akan melihat tampilan Tokopedia simpel namun menarik. Kenapa menurut saya simpel namun menarik, karena di Tampilan awal Tokopedia tidak banyak pilihan produk seperti situs yang lain. Dengan tampilan seperti itu, tidak membuat konsumen bingung dalam mencari produk. Tampilan awal Tokopedia memberikan informasi tentang katagori pilihan untuk konsumen, rekomendasi, promosi,  flash sale.

  • Fitur Aplikasi Tokopedia

Dalam situs belanja Tokopedia terdapat banyak menu seperti Home, Feed, Inbox, Keranjang, Akun. Home memiliki fungsi membantu konsumen menuju ke tampilan awal Tokopedia. Feed dalam Tokopedia berfungsi untuk membantu konsumen mencari produk beragam, konsumen mencari produk dari produsen yang berbeda-beda dengan cara scroll saja. Inbox memiliki fungsi untuk membantu konsumen yang ingi mengirim pesan ke produsen dan menerima pesan dari produsen. Selain itu inbox juga memiliki fungsi sebagai diskusi, ulasan, dan pesan bantuan. Keranjang memiliki fungsi menyimpan produk yang konsumen pesan, sebelum dibeli oleh konsumen. Akun memiliki fungsi membantu konsumen dalam mengelola biodata mereka. Dalam akun, terdiri dari banyak fitur seperti beli atau jual. Saat kita memilih beli akan muncul menu seperti transaksi, komplain sebagai pembeli, favorit saya, dan bantuan. Dalam jual banyak fitur pilihan seperti buka toko, dan pelajari selengkapnya tentang buka toko.

  • Kerjasama Dengan Perusahaan dan Usaha Kecil

Perusahaan dan usaha kecil banyak yang bekerjasama dengan Tokopedia untuk menyediakan produknya di Tokopedia. Dengan banyaknya kerjasama tersebut, membuat konsumen memiliki banyak pilihan produk dari produk. Perusahaan besar yang bekerjasama dengan Tokopedia contohnya seperti V-GEN, HP, Advan, Jansport, Toshiba.

  • Jasa Pengiriman

Tokopedia tidak menunjukkan menggunakan jasa pengirimannya kepada konsume. Tokopedia hanya memberi pilihan kepada konsumen durasi waktu pengiriman seperti instan (3 jam), same day (6 jam), Reguler (2 sampai 4 hari), reguler (6 sampai 9 hari).

  • Metode Pembayaran

Tokopedia menyediakan metode pembayaran seperti Ovo Cash, Transfer Bank, Transfer Virtual Account, pembayaran instan, cicilan tanpa kartu kredit, kartu kredit / debit, Tunai di gerai ritel.

  • Kelebihan Tokopedia

Kelebihan Tokopedia adalah : (1) Tampilan situs Tokopedia simpel namun sangat menarik. (2) Tokopedia memberikan jaminan keadaan produk dengan kondisi yang baik. (3) Produk Tokopedia sangat bervariasi. (4) Adanya fitur pre-order untuk produk import. (5) Adanya fitur harga grosir.

  • Kekurangan Tokopedia

Kekurangan Tokopedia adalah  jarang ada voucher atau potongan harga.

 

Situs belanja Online Paling Baik :

Diantara keempat situs belanja Online, menurut saya Tokopedia yang paling baik. Alasan saya memilih Tokopedia karena menggunakan situs Tokopedia sangat mudah, cepat, dan aman.  Tampilan situs Tokopedia sangat simpel (tidak rumit) sehingga tidak membuat konsumen bingung dalam mencari produk. Tokopedia juga memberikan jaminan keamanan dan kecepatan bertransaksi. Tokopedia juga memberikan banyak pilihan metode pembayaran kepada konsumen. Tokopedia menyediakan produk yang beragam sehingga konsumen memiliki banyak pilihan produk. Meskipun banyak keunggulan dalam Tokopedia, namun Tokopedia memiliki kelemahan yang harus diatasi yaitu Tokopedia jarang memberikan potongan harga kepada konsumen dibandingkan situs online yang lain.

Setelah Tokopedia, menurut saya situs belanja online paling baik adalah Lazada. Karena Lazada memberikan pilihan produk yang banyak, selain itu Lazada juga sering memberikan potongan harga dan gratis ongkos kirim. Nomor tiga menurut saya adalah Shopee,  Shopee sering memberikan promosi besar-besaran sehingga membuat konsumen puas menggunakan situs belanja online. Terakhir menurut saya Bukalapak, Bukalapak sering mengadakan promosi besar-besaran. Namun menurut saya Bukalapak masih memiliki kekurangan yaitu fitur nego yang menjadi andalan mereka masih memiliki kelemahan.

 

Review  Belanja Online ini ditujukan untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh Bapak Nanang Suryadi.

Kutipan Dan Daftar Pustaka

Nama : Alto Refa Chandra

Nim : 165020218113022

Program Studi : Manajemen Pemasaran

Mata kuliah : E-Commerce

 

1. Mengembangkan hubungan kausal antara faktor-faktor dari e-commerce : Sebuah pengambilan keputusan pendekatan

Penelitian ini memperkenalkan percobaan dan evaluasi laboratorium (DEMATEL) metode pengambilan keputusan untuk mengembangkan hubungan kausal antara faktor e-commerce. Berbeda dari analisis korelasi khas yang secara langsung digunakan dua kelompok variabel untuk mengukur kekuatan korelasi, keputusan ini membuat pendekatan mengembangkan dua kelompok faktor yang dikenal sebagai sebab dan akibat kelompok untuk meningkatkan fi signifikansi dari e-commerce (Abdullah, Ramli, Bakodah, & Othman, 2019).

Pendekatan survei digunakan untuk mengumpulkan data dari purposive sampling dari mahasiswa sarjana di sebuah universitas publik di Malaysia. Data empiris dihitung dengan menggunakan tujuh langkah metode DEMATEL mana matriks keputusan awal berubah total hubungan matriks sebelum mengembangkan sebab dan akibat diagram. Tidak hanya DEMATEL yang mengungkap hubungan antara faktor-faktor, metode DEMATEL juga menyediakan derajat pentingnya semua faktor (Abdullah, Ramli, Bakodah, & Othman, 2019).

The Merintis utama dari penelitian ini adalah visualisasi dari hubungan kausal antara faktor-faktor dari e-commerce melalui digraf sebuah, di mana faktor ‘informasi tentang produk atau jasa’ saling dipengaruhi oleh faktor-faktor ‘kenyamanan’, ‘kemudahan menggunakan sistem’ dan ‘reputasi web’ (Abdullah, Ramli, Bakodah, & Othman, 2019).

Menurut (Abdullah, Ramli, Bakodah, & Othman, 2019), perusahaan E-commerce harus bagaimanapun hati-hati mengevaluasi penyebab dan faktor efek, dan tingkat kepentingan faktor ketika menawarkan layanan atau produk via online.

 

2. Variabel laten yang terintegrasi dan model pilihan untuk mengeksplorasi peran keprihatinan privasi pada niat perilaku dinyatakan dalam e-commerce

Menurut (Potoglou, Palacios, & Feijóo, 2015), masalah privasi konsumen tetap penghalang utama untuk pertumbuhan masa depan e-commerce. Penelitian sampai saat ini, sejauh ini telah dianggap masalah privasi baik sebagai variabel independen untuk mengeksplorasi aktual (atau lain) perilaku niat konsumen (misalnya keputusan untuk membeli barang secara online) atau sebagai variabel dependen dijelaskan melalui sejumlah anteseden (misalnya kesadaran privasi). Namun, belum ada hubungan formal di anteseden, konstruksi laten dan (lain) niat perilaku.

Penelitian ini menetapkan link ini melalui eksperimen pilihan menyatakan, dan variabel dan pilihan laten model yang terintegrasi. Pendekatan yang diusulkan secara bersamaan menjelaskan persepsi individu privasi dan hati-hati umum melalui karakteristik individu diamati dan mengeksplorasi bagaimana persepsi tersebut, dalam bentuk konstruk laten, mungkin terkait dengan keputusan konsumen untuk terlibat dengan transaksi online (Potoglou, Palacios, & Feijóo, 2015).

Percobaan pilihan menyatakan dirancang untuk mengumpulkan pilihan konsumen di seluruh pengecer online, toko konvensional dan pilihan opt-out di mana pengecer online disajikan dengan berbagai tingkat kebutuhan pribadi-informasi. Data dikumpulkan berasal dari lebih dari 500 responden yang mewakili populasi online-pengguna di Inggris (Potoglou, Palacios, & Feijóo, 2015).

Dalam penelitian (Potoglou, Palacios, & Feijóo, 2015), hasil estimasi model menunjukkan bahwa kekhawatiran privasi tinggi individu, hati-hati umum dan perlindungan teknis, semakin kecil kemungkinan konsumen adalah untuk membeli produk secara online. Dalam model bersama, variabel kekhawatiran privasi ditemukan lebih besar daripada efek hati-hati umum dan perlindungan teknis.

 

3. Investigasi empiris dari penggunaan internet banking: Kasus Turki

Dalam penelitian (Daneshgadeh & Yıldırım, 2014), penelitian ini secara empiris meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi internet banking (IB) penggunaan oleh nasabah bank Turki. Sebuah penggunaan Model internet banking unik (IBUM) dikembangkan dan divalidasi. Model yang diusulkan awal dimasukkan 10 faktor bernama kegunaan, kemudahan penggunaan, kontrol, pengaruh sosial, kompatibilitas, risiko, fitur situs, layanan aliansi, kesadaran layanan dan personalisasi yang mempengaruhi penggunaan internet banking.

Model awal diuji terhadap kedua pengukuran dan model struktural. Hasil pengujian model awal menunjukkan kompatibilitas yang memiliki efek paling signifikan pada penggunaan internet banking yang kemudian diikuti oleh layanan aliansi, kegunaan, personalisasi dan kemudahan penggunaan. Akibatnya, model awal telah dimodifikasi untuk menemukan antar-hubungan antara faktor-faktor. The IBUM akhir terdiri dari 7 faktor yang mampu menjelaskan 65% dari varians dalam penggunaan internet banking. Akhirnya, hasil dibahas dan saran untuk penelitian masa depan yang disajikan dengan menyoroti efek personalisasi dan aliansi layanan (Daneshgadeh & Yıldırım, 2014).

 

4. Citra produk klasifikasi menggunakan fitur Eigen Warna dengan mesin belajar ensemble

Kebanyakan produk e-commerce dalam beberapa tahun terakhir telah menjadi tantangan serius bagi pembeli ketika mencari informasi produk yang relevan. Hal ini akibatnya menyebabkan munculnya asisten teknologi rekomendasi yang memiliki kemampuan untuk menemukan produk belanja yang relevan yang memenuhi preferensi pengguna (Oyewole & Olugbara, 2018).

Klasifikasi adalah teknik pembelajaran mesin yang dapat membantu dalam menciptakan dinamis pengguna pro fi les, meningkatkan skalabilitas dan pada akhirnya meningkatkan akurasi rekomendasi. Namun, heterogenitas, analisis isi terbatas dan dimensi tinggi tersedia dataset e-commerce membuat produk klasifikasi sebuah dif fi masalah kultus (Oyewole & Olugbara, 2018).

Dalam studi ini, kami mengusulkan meningkatkan citra produk dikelompokkan arsitektur kasi yang memiliki akuisisi data pra-pengolahan, ekstraksi fitur, pengurangan dimensi dan ensemble metode pembelajaran mesin sebagai komponen. Inti di antara komponen-komponen ini adalah algoritma fusi berbasis vektor eigen yang dimaksudkan untuk memperoleh dimensi berkurang fitur Eigen Warna dari histogram berorientasi berdasarkan gradien warna gambar fitur perwakilan  (Oyewole & Olugbara, 2018).

Ansambel dari Arti fi cial neural network dan vektor Dukungan mesin dilatih dengan fitur Eigen Warna untuk mengklasifikasikan gambar produk yang diperoleh dari corpus PI100 menjadi 100 kelas dan mereka dikelompokkan akurasi kasi dibandingkan. Kami telah memperoleh state-of-the-art klasifikasi akurasi 87,2% dengan arti Pejabat ensemble jaringan saraf yang merupakan hasil mengesankan jika dibandingkan dengan hasil yang ada dilaporkan oleh penulis lain yang telah memanfaatkan corpus PI100 (Oyewole & Olugbara, 2018).

Inti di antara komponen-komponen ini adalah algoritma fusi berbasis vektor eigen yang dimaksudkan untuk memperoleh dimensi berkurang fitur Eigen Warna dari histogram berorientasi berdasarkan gradien warna gambar fitur perwakilan. Ansambel dari Arti fi cial neural network dan vektor Dukungan mesin dilatih dengan fitur Eigen Warna untuk mengklasifikasikan gambar produk yang diperoleh dari corpus PI100 menjadi 100 kelas dan mereka dikelompokkan akurasi kasi dibandingkan. Kami telah memperoleh state-of-the-art klasifikasi akurasi 87,2% dengan arti Pejabat ensemble jaringan saraf yang merupakan hasil mengesankan jika dibandingkan dengan hasil yang ada dilaporkan oleh penulis lain yang telah memanfaatkan corpus PI100 (Oyewole & Olugbara, 2018).

Inti di antara komponen-komponen ini adalah algoritma fusi berbasis vektor eigen yang dimaksudkan untuk memperoleh dimensi berkurang fitur Eigen Warna dari histogram berorientasi berdasarkan gradien warna gambar fitur perwakilan. Ansambel dari Arti fi cial neural network dan vektor Dukungan mesin dilatih dengan fitur Eigen Warna untuk mengklasifikasikan gambar produk yang diperoleh dari corpus PI100 menjadi 100 kelas dan mereka dikelompokkan akurasi kasi dibandingkan. Kami telah memperoleh state-of-the-art klasifikasi akurasi 87,2% dengan arti Pejabat ensemble (Oyewole & Olugbara, 2018).

 

5. Menganalisis anteseden kontekstual untuk difusi elektronik berbasis tahap manajemen rantai persediaan

Jurnal ini mengusulkan model teoritis untuk memahami dasar-dasar difusi elektronik manajemen rantai pasokan dengan berbagai tahap di antara mitra dagang. Ini juga memberikan empiris analisis kerangka kerja yang membantu kami mengukur validitas praktis dari pendekatan kami. Kami mempertimbangkan dua variabel kontrol, tipe industri dan ukuran perusahaan, dan pengaruhnya terhadap difusi e-SCM (Wu & Chuang, 2009).

Dalam penelitian (Wu & Chuang, 2009), kami berkembang pendekatan pengukuran kami berdasarkan teori yang ada. Kami mengumpulkan data menggunakan kuesioner terstruktur yang dikelola melalui email. Temuan yang kami peroleh mengungkap atribut tersebut untuk struktur teknologi dan kolaborasi memiliki dampak yang berbeda pada tiga tahap difusi.

Penelitian (Wu & Chuang, 2009), secara keseluruhan, struktur teknologi adalah indikator yang lebih penting untuk tahap adopsi, sementara kolaboratif struktur lebih penting dalam tahap asimilasi. Ini karena fokus difusi inovasi pada tahap-tahap sebelumnya adalah peningkatan manfaat yang dirasakan, kemudahan penggunaan, dan keamanan informasi.

Difusi inovasi pada tahap-tahap selanjutnya terutama terletak dalam membangun hubungan kerja sama yang baik mitra dagang untuk memfasilitasi transaksi mereka. Jenis industri dan ukuran perusahaan berkorelasi dengan yang berbeda derajat dengan atribut struktur teknologi dan kolaborasi, dan dengan difusi yang berbeda tahapan (Wu & Chuang, 2009).

 

6. Analisis pentingnya ekor panjang dalam pemasaran mesin pencari

Menutut (Skiera, Eckert, & Hinz, 2010), Pemasaran mesin pencari saat ini merupakan bentuk periklanan online paling populer. Banyak iklan agensi dan blogger mengklaim bahwa keberhasilan pemasaran mesin pencari didorong oleh ‘‘long tail”, didefinisikan dalam penelitian ini sebagai kata kunci yang kurang populer yang digunakan oleh pengguna untuk mencari di Internet, dan menyarankan bahwa kampanye pemasaran mesin pencari harus memiliki ratusan atau ribuan kata kunci untuk mengakomodasi fenomena ini. Kami meragukan klaim ini.

Data kami dari tiga pemasaran mesin pencari kampanye di dua negara, yang melaporkan keberhasilan total 4908 kata kunci selama 36 minggu, mencakup 10.104.015 pencarian dan 492.735 klik, menunjukkan bahwa 20% teratas dari semua kata kunci menarik rata-rata 98,16% dari semua pencarian dan hasilkan 97,21% dari semua klik. Penggunaan 100 kata kunci teratas di setiap kampanye menarik rata-rata 88,57% dari semua pencarian dan 81,40% dari semua klik. Hasil ini cukup stabil jumlah total kata kunci yang digunakan berbeda-beda dan menunjukkan bahwa keberhasilan pemasaran mesin pencari didorong oleh kata kunci yang relatif sedikit (Skiera, Eckert, & Hinz, 2010).

Namun, kami juga menunjukkan bahwa rangkaian 100 kata kunci teratas berubah lembur. Karenanya, pengiklan perlu berkonsentrasi untuk menemukan 100 kata kunci teratas, tetapi mereka tidak perlu untuk mengganggu terlalu banyak tentang kinerja kata kunci dalam ekor panjang (Skiera, Eckert, & Hinz, 2010).

 

7. Sistem transfer E-cash yang dapat dilacak terhadap pemerasan melalui saluran bawah sadar

Karena perkembangan teknologi komunikasi Internet, E-Commerce menjadi populer. Karena kejahatan berkembang, menghindari perilaku jahat dan melindungi properti menjadi penting isu. Untuk mencegah perilaku jahat, banyak proposal telah diajukan. Saluran bawah sadar adalah metode yang paling populer, yang memberi tahu penerima yang ditunjuk untuk mengirimkan pesan rahasia. Simmons adalah yang pertama mengusulkan konsep ini pada tahun 1983(Chen & Liu, 2009).

Sekarang, semakin banyak aplikasi tanda tangan digital menggunakan saluran bawah sadar untuk mentransfer pesan rahasia. Dalam makalah ini, kami mengusulkan sistem transfer uang elektronik yang dapat dilacak terhadap pemerasan melalui saluran bawah sadar (Chen & Liu, 2009).

 

8. E-commerce dan dampaknya terhadap tren dan pasar global

Menurut (Shahriari, Shahriari, & Gheiji, 2015), banyak ahli ekonomi percaya bahwa dalam beberapa tahun terakhir, sebuah revolusi telah terjadi mirip dengan revolusi industri yang dunia telah memasuki era informasi. Itu membuat perubahan besar dalam aspek ekonomi, sosial dan budaya. Salah satu aspek dari transformasi ini adalah perubahan dalam hubungan ekonomi antara individu, perusahaan dan pemerintah.

Pertukaran komersial antara orang-orang yang didasarkan pada dokumen kertas untuk transaksi oleh kami sistem berdasarkan informasi elektronik. Pada artikel ini kita akan membahas manfaat dari e-commerce dan dampaknya terhadap pasar (Shahriari, Shahriari, & Gheiji, 2015).

 

9. Tinjauan Pustaka tentang Tren Perdagangan Elektronik Perspektif Bangladesh

Makalah ini berisi diskusi singkat tentang pemasaran mesin pencari atau e-commerce, survei literatur, prospek saat ini dan masa depan, studi perbandingan e-commerce di Bangladesh perspektif tentang belanja online. Kata kunci e-Commerce tersebar luas di masa kini dunia TIK dengan aplikasi sederhana (Moon, Sultana, & Nur, 2017).

Tujuan dasar dari makalah tinjauan ini sebenarnya menjelajahi perbedaan antara belanja tradisional & online dan efektivitas e-Perdagangan di Bangladesh. Dari penelitian sebelumnya, kita bisa sampai pada kesimpulan itu kenyamanan dan waktu adalah atribut utama untuk membuat keputusan untuk berbelanja online daripada belanja tradisional di Bangladesh dan kami juga menemukan bahwa konsumen muda lebih banyak nyaman dan memuaskan untuk melakukan pembelian online (Moon, Sultana, & Nur, 2017).

 

10. Perdagangan Elektronik : Studi tentang Manfaat dan Tantangan dalam Ekonomi yang Berkembang

Teknologi Informasi telah memainkan peran penting dalam pengembangan di masa depan sektor keuangan dan cara berbisnis di negara berkembang seperti Bangladesh. Peningkatan penggunaan layanan seluler pintar dan internet sebagai saluran distribusi baru untuk bisnis transaksi dan perdagangan internasional memerlukan lebih banyak perhatian terhadap keamanan e-commerce untuk mengurangi kegiatan penipuan (Khan, 2016).

Kemajuan Informasi dan Komunikasi Teknologi telah membawa banyak perubahan di semua bidang kehidupan sehari-hari manusia. E-commerce memiliki banyak manfaat yang menambah nilai kepuasan pelanggan dalam hal pelanggan kenyamanan di sembarang tempat dan memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan lebih banyak keunggulan kompetitif pesaing lainnya. Studi ini memprediksi beberapa tantangan dalam ekonomi yang sedang tumbuh (Khan, 2016).

 

11. Potensi Strategi Adopsi E-Commerce Untuk Organisasi Libya

Adopsi perdagangan elektronik (e-commerce) telah memfasilitasi hubungan bisnis yang sehat antara produsen dan pelanggan dengan menyesuaikan fungsi-fungsi baru yang unik untuk transaksi bisnis yang memberikan dukungan yang andal yang meningkatkan fitur teknologinya (Abdulghader.A.Ahmed, Dalbir S, & Ibrahim M, 2011).

Kemajuan yang diperoleh dari adopsi e-commerce ini telah membuka jalan bagi berbagai peningkatan teknis bagi pedagang dengan kebutuhan bisnis yang unik dan telah memberikan pemberdayaan yang mendukung untuk transaksi bisnis dengan lokasi yang terisolasi (Abdulghader.A.Ahmed, Dalbir S, & Ibrahim M, 2011).

Manfaat ini telah meningkatkan harapan pasar di antara berbagai konsumen umum serta dualitas produsen dan pelanggan. Berdasarkan meningkatnya kebutuhan untuk integrasi e-commerce dalam jaringan bisnis, makalah ini mengeksplorasi peran dan relevansi intervensi kebijakan pada adopsi e-commerce di antara negara-negara berkembang yang berbasis pada lingkungan bisnis Libya (Abdulghader.A.Ahmed, Dalbir S, & Ibrahim M, 2011).

Dalam mengukur potensi manajerial dari e-commerce sebagai teknologi yang memungkinkan bisnis, teori Resource Base View digunakan untuk menilai kemampuan e-commerce dari e-commerce dibandingkan mode transaksi tradisional (Abdulghader.A.Ahmed, Dalbir S, & Ibrahim M, 2011).

 

12. Menjelajahi adopsi konsumen dari layanan baru dengan menganalisis perilaku pelanggan 3G: Studi kasus empiris

Sebagai margin keuntungan dari operator jaringan seluler 3G secara bertahap menurun, dan persaingan pasar menjadi semakin intensif, mereka harus mengembangkan varietas aplikasi baru yang kaya dan beragam layanan untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan yang lama. Memahami perilaku pembelian pelanggan adalah masalah utama dalam proses ini (Cheng & Sun, 2012).

Menurut (Cheng & Sun, 2012), operator harus secara akurat memahami pergerakan di pasar berdasarkan analisis perilaku pelanggan 3G. Studi ini mengusulkan hubungan pelanggan yang komprehensif kerangka kerja strategi manajemen untuk melengkapi rencana yang bermanfaat untuk mengatasi tantangan tersebut. Pertama, kami usulkan model baru untuk mengidentifikasi siapa pelanggan bernilai tinggi yang terkait dengan karakteristik telekomunikasi baru jasa.

Setelah melakukan segmentasi pelanggan, kami mengusulkan prosedur untuk memberikan yang berbeda jenis analisis penggunaan, termasuk analisis antar-cluster dan analisis intra-cluster. Eksperimental hasil ditentukan berdasarkan aturan yang diekstraksi dari sejumlah besar catatan detail panggilan yang dihasilkan oleh pelanggan seluler dari operator sistem seluler 3G terkemuka di Taiwan (Cheng & Sun, 2012).

Jaringan ketergantungan menunjukkan hubungan antara layanan suara, komunikasi data, layanan pesan, pembayaran mikro dan hiburan. Akhirnya, kami mengusulkan beberapa rekomendasi pemasaran untuk operator sistem 3G berdasarkan aturan yang menarik ini (Cheng & Sun, 2012).

 

13. Desain mekanisme untuk lelang e-procurement: Tentang kemanjuran pasca lelang negosiasi dan insentif upaya kualitas

Mekanisme praktis untuk pengadaan melibatkan penawaran, negosiasi, transfer pembayaran dan subsidi, dan kemungkinan verifikasi kualitas produk dan layanan yang tidak dapat diobservasi. Kami memodelkan dua multistage yang diusulkan mekanisme pengadaan (Huang, Kauffman, Xu, & Zhao, 2011).

Satu berfokus pada harga lelang yang ditetapkan, dan yang lainnya menekankan negosiasi harga. Keduanya juga menekankan kualitas dan menawarkan insentif untuk tingkat yang tidak dapat diamati upaya pemasok, sambil menyikapi kepuasan pembeli. Hasil kami menunjukkan bahwa, dengan tepat insentif, yang akan kita sebut sebagai bonus upaya kualitas, pemasok akan mengerahkan lebih banyak upaya untuk memasok barang atau jasa berkualitas lebih tinggi setelah memenangkan lelang pengadaan (Huang, Kauffman, Xu, & Zhao, 2011).

Kami juga menemukan mekanisme itu menggabungkan negosiasi harga dan kualitas meningkatkan surplus rantai pasokan dan menghasilkan kemungkinan Pareto peningkatan optimal dibandingkan dengan mekanisme yang menekankan harga lelang hanya. Dari perspektif pembeli, mekanisme mana pun dapat mendominasi yang lain, tergantung pada keadaan pengadaan (Huang, Kauffman, Xu, & Zhao, 2011).

Dengan demikian, Menurut (Huang, Kauffman, Xu, & Zhao, 2011), negosiasi pasca lelang mungkin tidak selalu optimal untuk pembeli, meskipun selalu menghasilkan barang kualitas layanan terbaik pertama atau. Pilihan pembeli antara mekanisme akan dipengaruhi oleh nilai yang berbeda dari bonus upaya kualitas.

Untuk manajer dalam praktik, analisis kami menunjukkan bahwa adalah mungkin untuk menyederhanakan prosedur optimasi dengan menggunakan pendekatan baru untuk memilih mekanisme yang sesuai dan menentukan berapa nilai insentif bagi pemasok merasakan (Huang, Kauffman, Xu, & Zhao, 2011).

 

14. RDRP: Prioritas Permintaan Didorong oleh Hadiah untuk situs web e-Commerce

Memenuhi harapan Kualitas Layanan (QoS) klien terbukti menjadi tugas yang sulit bagi penyedia layanan elektronik. Layanan perdagangan, terutama ketika server web mengalami kondisi kelebihan beban, yang menyebabkan peningkatan waktu tanggapan dan permintaan penolakan, yang mengarah ke frustrasi pengguna, menurunkan penggunaan layanan dan pendapatan berkurang (Totok & Karamcheti, 2010).

Dalam tulisan ini, kami mengusulkan mekanisme penjadwalan permintaan sisi-server yang membahas masalah-masalah ini. Algoritme Permintaan Berbasis Permintaan (RDRP) kami memberikan prioritas pelaksanaan yang lebih tinggi ke sesi web klien yang cenderung membawa lebih banyak keuntungan layanan (atau aplikasi spesifik lainnya Penghargaan). Metode ini bekerja dengan memprediksi struktur sesi mendatang dengan membandingkan permintaannya yang terlihat demikian jauh dengan informasi agregat tentang perilaku klien baru-baru ini, dan menggunakan prediksi ini untuk istimewa mengalokasikan sumber daya server web (Totok & Karamcheti, 2010).

Eksperimen kami menggunakan aplikasi benchmark TPC-W dengan implementasi teknik RDRP di server aplikasi web JBoss menunjukkan bahwa RDRP dapat secara signifikan meningkatkan laba yang diperoleh oleh layanan, sambil memberikan QoS yang lebih baik kepada klien yang menghasilkan lebih banyak keuntungan (Totok & Karamcheti, 2010).

 

15. Dampak e-commerce pada perdagangan internasional dan pekerjaan

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki dampak dari e-commerce pada perdagangan dan pekerjaan internasional. Perdagangan elektronik menawarkan manfaat ekonomi yang luas untuk semua negara. Keuntungan cenderung terkonsentrasi pada negara-negara maju dalam jangka pendek tetapi, negara-negara berkembang akan memiliki lebih banyak manfaat dalam jangka panjang (Terzi, 2011).

Volume perdagangan internasional akan meningkat melalui e-commerce. Negara-negara akan terbuka untuk impor dari ekonomi berpenghasilan tinggi manfaat dari limpahan pengetahuan. Selain itu, perdagangan elektronik diharapkan dapat menciptakan dan menghancurkan pekerjaan (Terzi, 2011).

 

16. Pentingnya keakraban bahasa dalam negosiasi bisnis global

Dalam penelitian (Lai, Lin, & Kersten, 2010),  ini mengeksplorasi pengaruh keakraban bahasa pada perilaku persuasi online berdasarkan subyektif pengukuran dan perilaku negosiasi aktual yang objektif. Itu dirancang untuk menguji apakah negosiasi dalam bahasa non-pribumi mengurangi self-efficacy negosiasi, mengingat meningkatnya penggunaan global pasar elektronik dan popularitas perdagangan bisnis internasional melakukan negosiasi dalam bahasa yang bukan asli tidak terhindarkan.

Eksperimen online dilakukan dengan menggunakan e-negosiasi asinkron berbasis teks sistem, dengan dua kelompok mata pelajaran bernegosiasi dalam bahasa asli dan non-pribumi secara terpisah dalam pembelian negosiasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa keakraban bahasa memainkan peran penting dalam mendorong perilaku persuasi dalam e-negosiasi, dengan keakraban bahasa yang lebih tinggi yang mengarah pada kemanjuran bahasa yang lebih tinggi dan negosiasi self-efficacy (Lai, Lin, & Kersten, 2010).

Namun, hanya self-efficacy negosiasi yang mempengaruhi komunikasi e-negosiasi efisiensi dan efektivitas, yang keduanya meningkatkan perilaku persuasi online. Berdasarkan perilaku negosiasi yang sebenarnya, hasilnya menunjukkan bahwa negosiator non-asli kurang aktif daripada negosiator bahasa asli dalam negosiasi (Lai, Lin, & Kersten, 2010).

Namun, hasil negosiasi tidak berbeda secara signifikan antara kedua kelompok, menunjukkan bahwa hasil akhir juga dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil juga menunjukkan bahwa keakraban bahasa memiliki efek yang lebih besar pada pembeli daripada pada penjual (Lai, Lin, & Kersten, 2010).

 

17. Pengaruh fitur komersial Internet terhadap adopsi e-commerce oleh konsumen

Mengambil Teori Perilaku yang Direncanakan sebagai kerangka teoritis, penelitian ini menganalisis cara komersial fitur Internet menentukan adopsi sebagai sistem penjualan. Secara khusus, penelitian ini meneliti pengaruh persepsi produk, pengalaman berbelanja, informasi yang diberikan atau tingkat risiko yang dirasakan pada adopsi B2C e-commerce (Herrero Crespo & Rodriguez Del Bosque, 2010).

Dalam penelitian yang dilakukan (Herrero Crespo & Rodriguez Del Bosque, 2010), hasilnya menunjukkan bahwa sikap terhadap e-commerce, subyektif norma dan risiko yang dirasakan adalah faktor utama yang mempengaruhi keputusan untuk membeli dari pengecer elektronik. Selain itu, hasilnya menunjukkan bahwa pengaruh fitur komersial Internet dimediasi melalui sikap terhadap e-commerce.

 

18. Mengubah data evaluasi layanan elektronik menjadi analisis bisnis menggunakan model nilai

Meningkatnya penetrasi dan penggunaan Internet dengan cepat, bersamaan dengan ledakan berbagai hal berdasarkan teknologi itu, memunculkan pengembangan berbagai layanan elektronik, seperti bisnis elektronik, ebanking, e-government dan e-learning. Situs web yang menyediakan layanan e-mengumpulkan ini besar jumlah aktivitas dan data evaluasi pengguna (Loukis, Pazalos, & Salagara, 2012).

Penting untuk mengubah data ini menjadi bisnis yang bermanfaat analitik yang memungkinkan pemahaman yang lebih baik tentang kekuatan dan kelemahan layanan elektronik, beragamnya jenis nilai yang dihasilkannya, dan seluruh mekanisme pembangkitan nilainya, dan pada saat yang sama menyediakannya panduan untuk peningkatan dan optimalisasi (Loukis, Pazalos, & Salagara, 2012).

Dalam penelitian ini, (Loukis, Pazalos, & Salagara, 2012) mengusulkan dan memvalidasi metodologi untuk transformasi data evaluasi pengguna ke dalam analisis bisnis yang bermanfaat, yang didasarkan pada model penerimaan teknologi, the IS model sukses dan layanan elektronik. Kami mendefinisikan model nilai tiga lapis untuk layanan elektronik, termasuk yang menyangkut efisiensi, efektivitas, dan dampaknya terhadap perilaku pengguna di masa mendatang masing-masing.

Model nilai ini digunakan untuk mengumpulkan dan memproses data evaluasi layanan dari pengguna. Kami menghitung dua kelas analitik bisnis: peringkat rata-rata pengguna untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan layanan elektronik; dan dampak dari pemain pertama nilai mengukur pada yang nilai lapisan kedua dan ketiga. Yang terakhir memungkinkan pemahaman yang lebih baik mekanisme penciptaan nilai untuk layanan elektronik dan identifikasi prioritas perbaikan. Metodologi kami telah diterapkan dan divalidasi untuk layanan e-learning yang disediakan oleh universitas untuk teknologi profesional (Loukis, Pazalos, & Salagara, 2012).

 

19. Sebuah Analisis Statistik Struktur Big Data Web Pasar Menggunakan Big Dataset dari Wines.

Struktur pasar web saat itu menghadapi masalah “big-data”. Hal ini juga diketahui bahwa perusahaan-perusahaan besar di web seperti Amazon, Google, berusaha untuk mendapatkan informasi dari data mereka. Namun minat yang sama juga telah perusahaan kecil lainnya (Dataset, 2015).

Dalam makalah ini kami dianggap sebagai dataset yang besar dari sebuah perusahaan besar anggur, dengan putih, bangkit dan anggur merah (dari Yunani). Dua teknik regresi dianggap regresi linier multivariat dan regresi logistik (Dataset, 2015).

Regresi logistik memberikan hasil lebih kuat dalam hal penafsiran, mengalahkan regresi linear dan kami mengharapkan bahwa orang lain metode sebagai jaringan saraf dan dukungan mesin vektor meningkatkan yang terakhir. Kita berhadapan tentang masalah ini di koran lain. Model seperti ini berguna untuk oenologist mencicipi anggur evaluasi dan meningkatkan produksi anggur (Dataset, 2015).

 

20. Konsumen penerimaan pakaian e-commerce-Ethiopia

Di Etiopia e-commerce untuk produk pakaian berkembang dengan pesat di antara pelanggan. Hal ini memainkan peran yang signifikan di itu pengembangan dan pertumbuhan ekonomi negara. Selain itu, banyak perusahaan yang lebih aktif dalam memfokuskan pada perdagangan secara online. Ini sangat penting untuk fokus pada penerimaan konsumen terhadap e-commerce untuk pakaian (Singh, Yadav, & Sahu, 2016).

Menurut penelitian konsumen terkenal penerimaan adalah salah satu unsur penting bagi perusahaan untuk menjadi sukses dan pro fi meja. Sebuah penyelidikan telah dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang terkait dengan penerimaan e-commerce untuk produk pakaian di Ethiopia. Sebuah survei online telah digunakan untuk ini penelitian untuk mendapatkan umpan balik dari pelanggan di seluruh Ethiopia; umpan balik mereka / respon telah dinilai menggunakan statistik analisis teknik (Singh, Yadav, & Sahu, 2016).

Dalam penelitian yang dilakukan (Singh, Yadav, & Sahu, 2016), hasil penelitian menunjukkan bahwa ketidakmampuan untuk secara fisik berinteraksi dengan item, takut risiko keamanan dan privasi dan kurangnya e-commerce infrastruktur adalah hambatan utama yang mencegah konsumen dari online pakaian produk perbelanjaan tingkat penerimaan cenderung dipengaruhi dengan menawarkan infrastruktur seperti mendorong penggunaan informasi dan Teknologi komunikasi (ICT).

Meningkatkan tingkat informasi pada ukuran pakaian dan fi t pada produk jaringan halaman, mengikuti proses checkout yang berbeda dan tingkat yang berbeda dari informasi pada halaman web produk, menambahkan pelanggan peringkat dan ulasan untuk website, menawarkan pengembalian bebas, menyediakan virtual fi tting, manekin robot yang dapat mengadopsi mereka tepat, bentuk tubuh individu dan perubahan substansial telah diidentifikasi dalam pekerjaan ini untuk memperluas penerimaan e-commerce untuk pakaian dalam Etiopia (Singh, Yadav, & Sahu, 2016).

 

21. Bagaimana dan mengapa hal kepercayaan dalam penggunaan pasca-angkat: Peran mediasi dari internal dan eksternal diri e FFI keampuhan

Karena underutilization teknologi sering mencegah organisasi dari menuai bene diharapkan fi ts dari investasi TI, sebuah badan peningkatan studi literatur bagaimana untuk memperoleh nilai tambah, pasca-angkat perilaku penggunaan IT. perilaku tersebut termasuk diperpanjang dan penggunaan fitur inovatif, yang keduanya eksplorasi di alam dan dapat menyebabkan kinerja ditingkatkan (Tams, Thatcher, & Craig, 2018).

Karena ini perilaku eksplorasi dapat berisiko, penelitian telah mengarahkan perhatian untuk percaya pada teknologi sebagai anteseden untuk penggunaan IT pasca-angkat. Secara paralel, penelitian telah meneliti bagaimana komputer self-e FFI keampuhan berkaitan dengan penggunaan IT pasca-angkat (Tams, Thatcher, & Craig, 2018).

Sementara penelitian tersebut menemukan bahwa kedua kepercayaan dan e FFI keampuhan dapat menyebabkan nilai tambah TI digunakan dan bahwa mereka mungkin melakukannya interdependently, penelitian sedikit telah meneliti interaksi antara anteseden ini untuk mengirim-angkat penggunaan IT. Menggambar pada Model Proaktif Perilaku Kerja dengan fokus pada prediksinya tentang kepercayaan dan e FFI khasiat, kita mengembangkan model penelitian yang mengintegrasikan kepercayaan dalam teknologi dan komputer self-e FFI keampuhan dalam konteks pasca-adopsi (Tams, Thatcher, & Craig, 2018).

Model kami menunjukkan bahwa dua konsep yang saling bergantung sehingga dampak terkait-trust pada perilaku penggunaan pasca-angkat terungkap melalui komputer yang berhubungan dengan self-e FFI keyakinan keampuhan. tes kontemporer mediasi data dari lebih dari 350 responden memberikan dukungan untuk model kami (Tams, Thatcher, & Craig, 2018).

Oleh karena itu, kami fi Temuan mulai membuka kotak hitam dimana dampak terkait-trust pada perilaku pasca-angkat terungkap, mengungkapkan computer self-e FFI keampuhan sebagai faktor mediasi penting. Dengan demikian, penelitian ini furthers pemahaman tentang bagaimana, dan mengapa, hal kepercayaan dalam penggunaan postadoptive, memungkinkan manajemen perubahan strategis dengan mengelusidasi “ fi t ” antara karakteristik teknologi dan penggunaan pasca-angkat (Tams, Thatcher, & Craig, 2018).

 

22. Nilai co-creation antara fi rms dan pelanggan: Peran besar data yang berbasis aset koperasi

Untuk lebih memahami data interkoneksi seberapa besar fi rms dan pelanggan dalam mempromosikan nilai co-creation, kami mengusulkan kerangka teori aset koperasi berbasis data besar berdasarkan bukti dari beberapa studi kasus (Xie, Wu, Xiao, & Hu, 2016).

Kami mengidentifikasi empat jenis sumber daya yang besar data dan empat jenis platform digital terkait, dan kami menjelajahi bagaimana fi rms mengembangkan aset koperasi dengan mengubah sumber daya besar data melalui lensa teoritis layanan-dominan logika. Penelitian ini menawarkan perspektif teoritis baru pada nilai co-creation dan strategi bersaing alternatif di era data besar untuk fi rms (Xie, Wu, Xiao, & Hu, 2016).

 

DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, L., Ramli, R., Bakodah, H. O., & Othman, M. (2019). Developing a causal relationship among factors of e-commerce: A decision making approach. Journal of King Saud University – Computer and Information Sciences, (xxxx), 1–8. https://doi.org/10.1016/j.jksuci.2019.01.002

Potoglou, D., Palacios, J. F., & Feijóo, C. (2015). An integrated latent variable and choice model to explore the role of privacy concern on stated behavioural intentions in e-commerce. Journal of Choice Modelling, 17(2015), 10–27. https://doi.org/10.1016/j.jocm.2015.12.002

Daneshgadeh, S., & Yıldırım, S. Ö. (2014). Empirical Investigation of Internet Banking Usage: The Case of Turkey. Procedia Technology, 16, 322–331. https://doi.org/10.1016/j.protcy.2014.10.098

Oyewole, S. A., & Olugbara, O. O. (2018). Product image classification using Eigen Colour feature with ensemble machine learning. Egyptian Informatics Journal, 19(2), 83–100. https://doi.org/10.1016/j.eij.2017.10.002

Wu, I., & Chuang, C. (2009). Electronic Commerce Research and Applications Analyzing contextual antecedents for the stage-based diffusion of electronic supply chain management. Electronic Commerce Research and Applications, 8(6), 302–314. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2009.04.013

Skiera, B., Eckert, J., & Hinz, O. (2010). An analysis of the importance of the long tail in search engine marketing. Electronic Commerce Research and Applications, 9(6), 488–494. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2010.05.001

Chen, C. L., & Liu, M. H. (2009). A traceable E-cash transfer system against blackmail via subliminal channel. Electronic Commerce Research and Applications, 8(6), 327–333. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2009.04.012

Shahriari, S., Shahriari, M., & Gheiji, S. (2015). INTERNATIONAL JOURNAL of RESEARCH –GRANTHAALAYAH E-COMMERCE AND IT IMPACTS ON GLOBAL TREND AND MARKET. International Journal of Research – Granthaalayah, 3(4), 49–55.

Moon, N. N., Sultana, S., & Nur, F. N. (2017). A Literature Review of the Trend of Electronic Commerce in Bangladesh Perspective. Global Journal of Management and Business Research: B Economics and Commerce, 17(3), 11–17. Retrieved from https://journalofbusiness.org/index.php/GJMBR/article/view/2257

Khan, A. G. (2016). Electronic Commerce: A Study on Benefits and Challenges in an Emerging Economy. Global Journal of Management and Business Research: Economics and Commerce, 16(1). Retrieved from https://globaljournals.org/GJMBR_Volume16/3-Electronic-Commerce-A-Study.pdf

Abdulghader.A.Ahmed, Dalbir S, & Ibrahim M. (2011). Potential E-Commerce Adoption Strategies For Libyan Organization. International Journal of Information and Communication Technology Research, 1(7), 321–328.

Cheng, L. C., & Sun, L. M. (2012). Exploring consumer adoption of new services by analyzing the behavior of 3G subscribers: An empirical case study. Electronic Commerce Research and Applications, 11(2), 89–100. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2011.06.005

Huang, H., Kauffman, R. J., Xu, H., & Zhao, L. (2011). Mechanism design for e-procurement auctions: On the efficacy of post-auction negotiation and quality effort incentives. Electronic Commerce Research and Applications, 10(6), 650–672. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2010.12.002

Totok, A., & Karamcheti, V. (2010). RDRP: Reward-driven request prioritization for e-commerce web sites. Electronic Commerce Research and Applications, 9(6), 549–561. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2010.03.001

Terzi, N. (2011). The impact of e-commerce on international trade and employment. Procedia – Social and Behavioral Sciences, 24, 745–753. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.09.010

Lai, H., Lin, W. J., & Kersten, G. E. (2010). The importance of language familiarity in global business e-negotiation. Electronic Commerce Research and Applications, 9(6), 537–548. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2010.03.005

Herrero Crespo, A., & Rodriguez Del Bosque, I. (2010). The influence of the commercial features of the Internet on the adoption of e-commerce by consumers. Electronic Commerce Research and Applications, 9(6), 562–575. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2010.04.006

Loukis, E., Pazalos, K., & Salagara, A. (2012). Transforming e-services evaluation data into business analytics using value models. Electronic Commerce Research and Applications, 11(2), 129–141. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2011.12.004

Dataset, B. (2015). ScienceDirect Sebuah Analisis Statistik Struktur Big Data Web Pasar Menggunakan. 33, 256–268.

Singh, N., Yadav, M., & Sahu, O. (2016). Consumer acceptance of apparel e-commerce–Ethiopia. Intellectual Economics, 10(1), 55–62. https://doi.org/10.1016/j.intele.2016.06.001

Tams, S., Thatcher, J. B., & Craig, K. (2018). How and why trust matters in post-adoptive usage: The mediating roles of internal and external self-efficacy. Journal of Strategic Information Systems, 27(2), 170–190. https://doi.org/10.1016/j.jsis.2017.07.004

Xie, K., Wu, Y., Xiao, J., & Hu, Q. (2016). Value co-creation between firms and customers: The role of big data-based cooperative assets. Information and Management, 53(8), 1034–1048. https://doi.org/10.1016/j.im.2016.06.003

 

Kutipan dan Daftar Pustaka ini ditujukan untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh Bapak Nanang Suryadi.

DAFTAR WEBSITE

Nama :  Alto Refa Chandra

Nim : 165020218113022

Program Studi : Manajemen Pemasaran

Mata Kuliah : E-Commerce

 

Dua puluh daftar alamat website yang dimiliki Pemerintah Negara Indonesia :

Kementerian Dalam Negeri Indonesia

Kementerian Luar Negeri Indonesia

Kementerian Pertahanan Indonesia

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia

Kementerian Perindustrian Indonesia

Kementerian Perdagangan Indonesia

Kementerian Pertanian Indonesia

Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Indonesi

Kementerian Kesehatan Indonesia

Kementerian Sosial Indonesia

Kementerian Agama Indonesia

Kementerian Komunikasi dan Informasi Indonesia

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia

Kementerian Badan Usaha Milik Negara Indonesia

Kementerian Pemuda dan Olahraga Indonesia

Otoritas Jasa Keuangan

Bank Sentral Republik Indonesia (Bank Indonesia)

 

Dua puluh daftar alamat website Universitas yang ada di Negara Indonesia :

UNIVERSITAS SRIWIJAYA

UNIVERSITAS INDONESIA

INSTITUT PERTANIAN BOGOR

UNIVERSITAS PADJADJARAN

UNIVERSITAS DIPONEGORO

UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

UNIVERSITAS SEBELAS MARET

UNIVERSITAS GADJAH MADA

UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

UNIVERSITAS AIRLANGGA

INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOVEMBER

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

UNIVERSITAS TRUNOJOYO

UNIVERSITAS NEGERI MALANG

UNIVERSITAS BRAWIJAYA

UNIVERSITAS JEMBER

UNIVERSITAS UDAYANA

UNIVERSITAS TANJUNG PURA

UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

UNIVERSITAS CENDRAWASIH

 

Sepuluh daftar alamat website online shop :

Eiger Indo Store

3Second

LAZADA

Shopee Indonesia

Tokopedia

Bukalapak

Blibli.com

Traveloka.com

Blanja.com

Elevenia

 

Dua puluh tiga daftar alamat media sosial :

Facebook

Qzone

Google+

LinkedIn

Instagram

Twitter

Tumblr

Sina Weibo

Kaskus

BBM Messenger

Daftar Website ini ditujukan untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh Bapak Nanang Suryadi.