Langkah Pembuatan Google AdSense dan Google Analytics

March 7th, 2021

Google Adsense

Google AdSense adalah program periklanan dari Google yang membolehkan user untuk menjadi partnernya. Seluruh user dapat mengikuti layanan ini dengan syarat mempunyai blog atau website. User (pemilik website) yang mengikuti program Google AdSense akan mendapatkan bayaran dari Google ketika iklannya diklik oleh pengunjung.

Cara memasang Google Adsense pada blogger dan membuat akun adsense

  1. Login ke Blogger.
  2. Di kiri atas, pilih blog.
  3. Dari menu sebelah kiri, klik Penghasilan > Buat akun AdSense.
  4. Klik Mulai.
  5. Masukkan URL situs tempat menampilkan iklan. Pelajari lebih lanjut cara memasukkan URL.
  6. Masukkan alamat email.
  7. Klik Simpan dan lanjutkan.
  8. Login ke Akun Google.
  9. Pilih negara atau wilayah.
  10. Tinjau dan setujui Persyaratan dan Ketentuan AdSense.
  11. Klik Buat akun.
  12. Kini berhasil login ke akun AdSense yang baru.

Google Analytics 

Google Analytics adalah Google Analytics layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF.

Cara Mendaftar Akun Google Analytics

  1. Membuka laman Google Analytics kemudian pilih “sign in to Analytics”
  2. Di halaman login, masukkan alamat email Anda kemudian klik “next”
  3. Masukkan password dan klik “sign in”
  4. Klik “sign up” untuk proses membuat akun Analytics
  5. Masukkan informasi-informasi seperti ‘nama akun’, ‘nama website’, ‘URL website’, ‘kategori industri’, dan ‘zona waktu’
  6. Klik centang semua ‘data sharing setting’ yang direkomendasikan oleh Google
  7. Klik “Get Tracking ID” dan klik “I Accept” pada laman syarat dan layanan

Setelah itu, akan mendapatkan tracking code Google Analytics berbentuk JavaScript yang harus dipasang kedalam HTML website Anda. Biasanya tracking code ini diawali dengan UA yang berarti Universal Analytics. Pada dasarnya, kode ini memang dapat digunakan secara universal untuk semua website.

Cara Memasang Google Analytics pada Platform Blogger

  1. Login ke Blogger Administrator
  2. Pada dashboard Blogger, klik menu “setting” dan pilih “other”
  3. Scroll hingga bawah dan temukan opsi “Google Analytics”
  4. Paste tracking code yang kita dapatkan dari Google Analytics, misalnya UA-12345678-9 pada kolom box “ID Properti Web Analytics”
  5. Klik tombol “simpan pengaturan”

Saat ini, akun Blogger sudah terhubung dengan Google Analytics, namun perlu dipahami bahwa data traffic pada Google Analytics baru bisa di akses minimal 1×24 jam kemudian. Jadi data ini tidak instan dan tidak bisa mengambil data-data website yang telah lampau, sebelum Anda menginstall Google Analytics ke website tersebut.

10 Marketplace di Indonesia

February 28th, 2021

TOKOPEDIA

Tokopedia merupakan salah satu toko online terbesar di Indonesia. Barang-barang yang tersedia di Tokopedia sangat bervariasi. Kita dapat menemukan berbagai macam barang kebutuhan di marketplace ini. Tokopedia memudahkan UMKM atau perseorangan membuka toko. Dengan banyaknya UMKM dan perseorangan yang membuka toko online di marketplace ini akan menyebabkan pembeli bingung dengan banyaknya pilihan dengan berbagai harga yang berbeda. (Tokopedia.com)

SHOPEE

Semua kalangan pasti pernah mendengar marketplace ini. Shopee adalah marketplace yang menyediakan segalam macam kebutuhan seperti fashion, produk rumah tangga, perlengkapan bayi, kosmetik, elektronik dan banyak kebutuhan lain yang dapat di beli di marketplace ini. Shopee banyak digemari oleh masyarakat yang hobi berbelanja online karena harga yang lebih murah dibandingkan dengan offline store maupun marketplace lain. Selain itu shopee juga selalu memberikan gratis ongkir pada setiap pengiriman barang dan metode pembayaran dari marketplace ini sangat beragam. (Shopee.co.id)

LAZADA

Sama dengan Tokopedia dan Shopee, marketplace ini juga menyediakan berbagai macam kebutuhan mulai dari elektronik, buku, mainan anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan, peralatan rumah tangga, dan perlengkapan traveling dan olah raga dengan harga yang bervarian sertia berbagai diskon menarik. Terdapat gratis ongkir dan dapat melayani COD (Cash on delivery) dibeberapa wilayah yang berguna bagi pembeli yang kurang percaya dengan penjual. (Lazada.co.id)

BUKALAPAK

Bukalapak merukapan salah satu situs jual beli online yang telah lama berkecimpung di dunia situs jual beli online. Saat ini fitur di Bukalapak telah berkembang mengikuti perkembangan di dunia marketplace. Bukalapak menyediakan sarana penjualan dari konsumen-ke-konsumen di mana pun. Siapa pun bisa membuka toko online untuk kemudian melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia baik satuan ataupun dalam jumlah banyak. Pengguna perorangan ataupun perusahaan dapat membeli dan menjual produk, baik baru maupun bekas, seperti sepeda, ponsel, perlengkapan bayi, gadget, aksesoris gadget, komputer, tablet, perlengkapan rumah tangga, busana, elektronik, dan lain-lain. (Bukalapak.com)

ZALORA

Zalora merupakan marketplace yang menyediakan kebutuhan fashion dari berbagai merek baik local maupun internasional. Pelanggan yang berbelanja melalui situs ini tidak dikenakan biaya pengiriman ke seluruh Indonesia dan garansi pengembalian barang jika pelanggan merasa tidak puas atas produk yang diterimanya. Zalora selalu menawarkan potongan harga dan berbagai voucher untuk pelanggannya. Barang yang dijual pun sangat lengkap untuk berbagai kalangan. (Zalora.co.id)

ELEVENIA

Elevenia adalah situs belanja online dengan konsep open marketplace nomor 1 di Indonesia. Marketplace ini menyediakan produk-produk seperti ashion, beauty/health, babies/kids, home/garden, gadget/komputer, elektronik, sports/hobby, service/food. Marketplace ini juga menyediakan fitur untuk isi ulang pulsa, membeli voucher games, dan memesan paket tour. (Elevenia.co.id)

CUMI RENTAL MARKETPLACE

Cumi kepanjangan dari “Cuma Minjem” merupakan marketplace yang menyewakan berbagai macam barang yang dibutuhkan namun tidak perlu untuk dimiliki. Cumi menyediakan berbagai kategori produk, mulai dari barang otomotif, buku, fesyen, gadget, alat outdoor, peralatan bayi, dan masih banyak lagi. Dalam marketplace ini semua orang bisa menjadi vendor untuk menyewakan barang dan mendapatkan penghasilan tambahan dari barang yang mereka sewakan. Untuk keamanan, Cumi memberlakukan sistem deposit untuk jaminan yang dibayarkan penyewa dan ditahan oleh pihak Cumi selama masa sewa kemudian dikembalikan kepada penyewa jika barang yang di sewa kembali dengan kondisi baik. (Cumi.id)

JD.ID

JD.ID merupakan marketplace yang tebilang baru dan belum sepopuler marketplace lain seperti Shopee dan Tokopedia. Marketplace ini juga menawarkan berbagai promo menarik dan ongkos kirim yang lebih murah. JD.ID menrapkan model curated marketplace, yaitu hanya menerika barang atau penjual dari distributor utama dan produsen langsung. Marketplace ini tidak menerima penjualan perseorang. Dengan adanya model yang diterapkan barang yang dijual akan lebih mudah dikontrol kemudian meminimalisir adanya produk palusi dan mengurangi resiko dari penipuan online. (Jd.id)

SAYURBOX

Sayurbox ini merupakan platform berjualan sayur secara online yang memiliki konsep farm to table. Sayurbox menerapkan fresh produce platform dan berfokus memotong rantai distribusi.Sistem dari platform ini adalah sayurbox akan mengantarkan sayuran dari petani sampai ke pelanggan dengan rentan waktu selama 24 jam. Adanya platform sayurbox dapat merangkul petani petani untuk memudahkan penjualan hasil panen mereka. Saat ini sayurbox hanya berada bi beberapa wilayah Jabodetabek, Surabaya dan Bali. (Sayurbox.com)

BLIBLI.COM

Blibli adalah salah satu marketplace dengan konsep belanja online ala mall. Blibli mempunyai fitur Blibli instore, maksudnya kita bisa melakukan pembelian lewat Blibli, tapi transaksi dan serah terima barang dilakukan di toko yang bersangkutan. Blibli juga kerap menawarkan diskon menarik untuk pengguna kartu kredit. (Blibli.com)

 

Dari sepeluh marketplace di Indonesia yang sudah saya jelaskan, saya telah memakai Tokopedia, Shopee dan Zalora. Tiga marketplace tersebut menurut saya memiliki fitur yang mudah digunakan kemudian barang yang ditawarkan sangat lengkap dengan harga yang murah dibandingkan dengan toko offline. Banyak promo menarik yang sangat menguntungkan seperti gratis ongkir maupun voucher dari toko-toko yang ada pada marketplace.

Hello world!

February 22nd, 2021

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!