APLIKASI DIFODEAF YANG SANGAT MEMBANTU

May 23rd, 2019

Halo teman-teman semuanya, ada informasi terkini nih khususnya bagi kalian yang memiliki keterbelakangan berbeda (Difable). Beberapa waktu lalu, saya dan kelompok saya menemukan sebuah aplikasi penerjemah bahasa verbal ke bahasa isyarat. Aplikasi ini ternyata buatan anak UB sendiri loh. Bisa membantu kalian yang ingin berkomunikasi lebih dengan orang lain yang  tidak tahu bagaimana bahasa isyarat itu. Yuk simak, sangat membantu lho!

Keberadaan kaum difabel disekitar kita perlu mendapat perhatian guys, mengingat jumlah difabel yang ada di beberapa negara sangatlah banyak. Kurangnya perhatian masyarakat atas keberadaan mereka ini berdampak pada aktivitas mereka yang terisolir dan masih terbatas. Angka difabel tuna rungu dan wicara tergolong banyak lo, apalagi di Indonesia. Keterbatasan mereka dalam berkomunikasi menjadi permasalahan yang besar bagi mereka, terlebih masyarakat pada umumnya masih belum dapat menggunakan bahasa isyarat untuk dapat berkomunikasi dengan para difabel tuna rungu dan wicara.

Aplikasi Difodeaf ini memiliki kepanjangan Dictionary for Deaf. Difodeaf adalah aplikasi ponsel berbasis android yang dapat membantu berkomunikasi antara orang normal dan penderita tuna rungu. Caranya, aplikasi ini akan membantu pengguna untuk mempelajari bahasa isyarat. Aplikasi difodeaf ini juga dilengkapi fitur yang dapat mengubah kata dari Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia menjadi gambar ilustrasi dalam bahasa isyarat. Lebih tepatnya gambar yang ditampilkan dalam bentul file, gif.  Jadi untuk bahasa isyarat yang perlu ada gerakan tangan bisa dipahami. Aplikasi ini tidak hanya menerjemahkan kata saja, tetapi juga bisa dalam bentuk kalimat.

Tujuan dari dibuatnya aplikasi ini adalah agar keterbatasan komunikasi antara penyandang tuna tungu dan wicara dengan masyarakat umum dapat diatasi. Selin itu agar bisa menggugah masyarakat umum untuk bisa lebih aware dengan keberadaan difable disekitarnya.

Berikut adalah hasil observasi kami yang kami rangkum dalam bentuk vlog! Selamat menonton!

https://www.youtube.com/watch?v=1_U4dunZ0M4

Mengenal Sistem Informasi Manajemen

March 17th, 2019

Sistem informasi yaitu suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen dalam mengambil keputusan dan juga untuk menjalankan operasional perusahaan, di mana sistem tersebut merupakan kombinasi dari orang-orang, teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang tergorganisasi.

APA HUBUNGAN SIM DENGAN TI?

Hubungannya sama-sama bergerak di bidang informasi (pengolahan) , dan teknologi informasi merupakan bagian dari sistem informasi. Karena sistem informasi dapat tersusun oleh beberapa teknologi informasi. sehingga apabila teknologi informasi mengalami kerusakan maka mempengaruhi Sistem informasi atau sistem informasi juga akan mengalami gangguan.

Keunggulan Kompetitif:

Pada SI, Keunggulan Kompetitif mengacu pada penggunaan informasi untuk mempengaruhi pangsa pasar :

  1. Pruduksi dan pelayanan dengan harga murah,
  2. Produksi dan pelayanan berkualitas tinggi, atau mempertemukan kebutuhan khusus dari segementasi pasar tertentu.

Titik terpadalah manajemen perusahan menggunakan sumber daya  fisik dan konseptual untuk mempertemukan strategi yang objektif bagi perusahaanenting

3 Hal Penting Untuk  Mencapai Keunggulan Kompetitif

  1. Tidak ada perusahaan yg sukses yang hanya mengandalkan sumberdaya fisik, yang di maksudkan disini adalah tenaga fisik dari manusia itu sendiri. Sebab tenaga manusia akan kalah jika dibandingkan dengan mesin, tetpai jika hanya mengandalkan mesin saja juga tidak akan berjalan lancar.
  2. Tidak ada aplikasi komputer inovatif yg memberikan keunggulan kompetitif terus menerus bagi perusahaan pemakainya. Jadi maksudnya adalah SIM dan TI ini digunakan untuk mengembangkan dan mewujudkan kreatifitas kretifitas dari sumberdaya manusia sendiri agar tercipta inovasi baru yang dapat di terima konsumen.
  3. Bisnis berfokus pada pelanggan, yap mengapa begitu? Sebab tujuan utama dalam hal ini adalah konsumen, jika konsumen tidak berminat dengan apa yang kita pasarkan tidak akan ada untung dan penghasilan.

Mengelola Aliran Sumberdaya

Arus-arus yang sering terjadi :

  1. Arus informasi dari pelanggan
  1. Arus barang jadi ke pelanggan
  2. Arus uang ke pemegang saham
  3. Arus mesin dari pemasok
  4. Arus pekerja dari serikat buruh

Arus-arus yang jarang terjadi :

  1. Arus uang dari pemerintah
  1. Arus bahan baku ke pemasok
  2. Arus pekerja ke pesaing

TANTANGAN DARI PESAING GLOBAL

  1. Perusahaan Multinasional (Multinational Corporation) atau MNC adalah perusahaan yang beroperasi lintas produk, pasar, bangsa, dan budaya
  2. Kebutuhan khusus untuk pemrosesan informasi dalam MNC. Untuk meminimalkan ketidakpastian melibatkan informasi (perbedaan jumlah informasi yang dibutuhkan untuk melakukan tugas dibanding dengan informasi yang telah dimiliki), para manajer MNC dengan mudah dapat mengatasinya dengan menggunakan teknologi informasi
  3. Kebutuhan khusus untuk koordinasi dalam MNC. Munculnya kesulitan dari kenyataan bahwa sumber daya –sumber daya yang digunakan MNC tersebar luas, yang berakibat sulit melakukan pengawasan strategis atas operasi globalnya.

STRATEGI BISNIS GLOBAL

  1. Strategi Desentralisasi Pengendalian
  2. Strategi Sentralisasi Pengendalian
  3. Strategi Sentralisasi Keahlian
  4. Strategi Penyebaran Keahlian dan Sentralisasi Pengendalian

Ketika saya menjelaskan tentang startegi bisnis global ini di depan kelas banyak bermunculan pertanyaan pertanyaan. Mungkin ini juga bisa menjadi salah satu contoh dari beberapa strategi bisnis lobal tersebut.

Pertanyaan: “strategi desentralisasi pengendalian dan strategi sentralisasi pengendalian, jika di terapkan dalam dunia pendidikan contohnya bagaimana?”

Jawab: “jadi sesuai dengan namanya desentralisasi dan sentralisasi, tentu kalian semua sudah paham bagaimana arti dan maksud dari kata tersebut, jadi saya langusng menyebutkan contohnya saja, jadi penerapan strategi bisnis ini dalam dunia pendidikan terjadi pada organisasi besar yang ada dalam dunia pendidikan. Yaitu Kementrian Departemen Agama Republik Indonesia (Kemenag) dan Kemendikbud. Dari dua sistem organisasi ini, dapat dijadikan contoh bagaimana alur birokrasinya. Sebagaimana kita tahu, kemenag alurnya langsung pada pusat, yaitu di jakarta. tapi jika kemendikbud/dinas itu terbagi dalam berbabagai daerah. Jadi dinas ini birokrasinya dari yang paling bawah dahulu, lalu ketingkat atasnya, tingkat menengah, lalu pada tingkatan pusat. Begitulah kira kira jawaban saya tentang pertanyaan sentralisasi pengendalian dan desentralisasi pengendalian. Mungkin ada juga yang mengatakan bahwa organisasi pendidikan tidak termasuk dalam bidang bisnis. Namun perlu diingat mereka juga mengelola dalam istilah kasarnya menjual jasa dan pelayanan pendidikan, berusaha menjadi yang paling baik sehingga menjadi contoh bagi sekolah lain.”

Knowledge Management

  1. Knowledge Creation
  2. Knowledge Retention
  3. Knowledge Transfer
  4. Knowledge Utilization

Mohon maaf jika ada salah pembahasan dan ketikan, terimakasih!

https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi

http://idupagayatri.blogspot.com/2009/10/hubungan-sistem-informasi-dengan.html

 

 

 

Sistem Informasi Manajemen (SIM) dalam Dunia Pendidikan

February 7th, 2019

Apasih Sistem Informasi Manajemen itu?

Berikut adalah unsur SIM

Sistem Informasi Manajemen sekarang tidak lagi berkembang dalam bidang usaha saja tetapi sudah digunakan dalam berbagai bidang dari mulai kedokteran, industri dan pendidikan. Ini menandakan bahwa Informasi yang akurat dan cepat dibutuhkan di berbagai bidang. Karena juga informasi memberikan data-data yang dapat diolah untuk dijadikan bahan atau penelitian seseorang. Ngomong-ngomong, ada yang tau apa yang di maksud dengan sistem informasi manajemen itu?

Sistem Informasi Manajemen (SIM) atau dalam bahasa inggrisnya Management Information System (MIS) adalah Sistem Informasi Manajemen adalah suatu sistem perencanaan di dalam perusahaan yang melibatkan pengendalian internal seperti pemanfaatan sumber daya, dokumen, teknologi, dan akuntansi manajemen sebagai salah satu strategi dalam bisnis. (Dikutip dari maxmanroe.com)

Selain itu ada juga beberapa pengertian sistem informasi manajemen menurut para ahli:

  1. Bodnar dan Hopwood ; buku Accounting Information System : Kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mentransformasikan data dalam bentuk informasi yang berguna.
  2. Turban, McLean, dan Waterbe ; buku Information Technology for Management Making Connection for Strategies Advantages : Sistem yang mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik.
  3. James Havery ; Sistem merupakan prosedur logis dan rasional guna melakukan atau merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu sama lain. (Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)

Pada intinya, sistem informasi manajemen dalam bisnis atau perusahaan bertujuan untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan hingga menganalisa informasi dan kemudian disebarkan untuk tujuan yang spesifik. Manajemen sistem informasi berguna sebagai acuan untuk pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

Pengelolaan sistem informasi manajemen pendidikan idealnya adalah bagaimana para pengambil keputusan bidang pendidikan misalnya berapa jumlah sumber daya manusia pendidikan yang dibutuhkan, jenis sekolah, tingkatan sekolah, pelaksanaan kurikulum perkembangan lembaga pendidikan yang dapat memperbaiki proses manajemen pendidikan masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang. Dalam dunia pendidikan penggunaan dan pengelolaan sistem informasi manajemen pendidikan tidak dapat dipisahkan dari aktivitas pendidikan itu sendiri.

Kedua bidang ini saling membutuhkan satu sama lain. Dalam menggam­barkan hubungan kedua aspek tersebut manajemen menilai pendidikan sebagai penggerak pada sistem informasi manajemen pendidikan sekaligus sistem infor­masi manajemen pendidikan sebagai penentu proses manajemen pendidikan.

Selain itu sistem informasi manajemen di dunia pendidikan juga memiliki tujuan dan manfaat yaitu:

Tujuan dari dibangunnya informasi berupa aplikasi Sistem Informasi Pendidikan adalah:

  1. Membantu seluruh bagian yang berperan di dunia pendidikan dengan memberikan
    informasi yang menyeluruh tentang pendidikan dari tingkat sekolah dasar hingga
    sekolah menengah umum atau yang setara dengannya.
  2. Memberikan sarana agar seluruh bagian yang berperan dalam dunia pendidikan yang ada di propinsi / kota kabupaten agar dapat berperan aktif dalam usaha memajukan usaha pendidikan.
  3. Pertanggungjawaban publik yaitu dengan memberikan informasi secara trasparan tentang kebijakan dan pemakaian sumber daya yang dialokasikan untuk dunia pendidikan.
  4. Meningkatkan pengetahuan guru dan murid tentang dunia informatika serta manfaat yang dapat diambil melalui beberapa pelatihan.
  5. Memberikan akses informasi yang mudah dan lengkap bagi pendidik dan siswa mengenai ilmu (Ermila, Eis. Makalah SIM STIE, Jawa Tengah, 2015)

Manfaat Sistem Informasi dalam dunia pendidikan, yaitu:

  1. Pengelolaan kesiswaan

Pengolalaan kesiswaan adalah pengolahan data-data yang terkait dengan siswa, misalnya track record seorang siswa dalam melanggar kedisiplinan, data-data siswa berprestasi, data siswa yang mendapatkan beasiswa, pemindahan (mutasi) siswa, hingga data-data alumni sekolah.

  1. Pengelolaan akademik

Diantara manfaat dalam pengolaan akademik adalah penyediaan Laporan nilai hasil ujian secara periodik, data nilai KTSP, data nilai KBK, data absensi, data bimbingan dan penyuluhan, data kasus siswa, rencana pengajaran, pengelolaan mata pelajaran, penjadwalan, dan prestasi akademik.

  1. Pengelolaan data guru dan karyawan

Data-data yang masuk kategori ini adalah Manajemen biodata guru dan karyawan, data keluarga guru dan karyawan, riwayat pendidikan guru, pendidikan tambahan yang dibutuhkan oleh siswa maupun karyawan sekolah (kursus, training, seminar, workshop dsb).

  1. Pengelolaan keuangan sekolah

Pengolaan keuangan merupakan hal yang sangat urgen dalam suatu instansi. Persoalan dan penggunaan sumber dana juga merupakan hal yang sangat sensitive karena terkait dengan transparansi dan akuntabilitas sebuah instansi. Pengelolaan keuangan diantaranya manajemen pembayaran biaya pendidikan, administrasi dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah)dan penggunaannya, biaya tambahan, seperti : biaya praktikum, biaya ekstra, dll.

  1. Pengelolan dan penertiban administrasi perpustakaan

Pengelolaan buku (judul, kategori & deskripsi) sangat penting demi terjaganya data semua buku dan karya-karya yang dimiliki oleh perpustakaan sekolah sehingga bisa dimonitor dengan lebih mudah. Hal lain yang bisa dilihat dengan adanya SIM berkenaan dengan status keanggotaan dan peminjam, stock inventory, Jurnal keluar masuk buku, laporan-laporan terdiri dari : statistik peminjaman, statistik keluar masuk buku, rekap peminjaman, dan rekap pengembalian. (Pratiwi, Indah Karmelita, Makalah SIM STIE, Semarang, 2015)

 

Hello world!

February 7th, 2019

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!