Desain Ekonomi Untuk Menyelesaikan Permasalahan Ekonomi Indonesia

2017
04.21

Permasalahan ekonomi di Indonesia adalah pengangguran, kemiskinan, inflasi, sumber daya manusia yang rendah. Butuh suatu desain ekonomi untuk menanggulanginya. Pengangguran merupakan salah satu masalah di Indonesia. pengangguran diangkibatkan karena tingkat pendidikan dan keahlian yang kurang. Salah satu cara menanggulanginya adalah dengan cara pemberian pelatihan kepada masyarakat agar skill yang dimiliki bertambah, dan pemberian kredit yang mudah agar mendorong masyarakat untuk membuka lahan pekerjaan. Masalah yang kedua adalah kemiskinan, dimana tingkat kemiskinan tiap tahunnya mengalami peningkatan. Maslaah kemiskinan hampir sama dengan masalah pengangguran. Cara menanggulanginya adalah dengan cara memberikan subsidi yang tepat sasaran, pemberian bantuan dana untuk berwirausaha dengan cara ini lapangan pekerjaan akan meningkat. Seperti yang kita tahu bahwa pemberian subsidi di Indonesia seringkali tidak tepat sasaran dimana masyarakat yang mampu kadang menerima ini, akibatnya adalah inefisiensi. Perlu desain perkonomian yang baru di Indonesia. desain yang saya miliki bernama Enterpreneurship economics, dimana desain ini condong kearah kewirausahaan. Desain ini mendorong agar masyarakat untuk berwirausaha. Dengan tercapainya program ini maka kita bisa mengurangi hampir seluruh masalah dalam perekonomian Indonesia saat ini yaitu pengangguran, kemiskinan, dan kesenjangan pendapatan. Dalam desain ini butuh program-program untuk mendukungnya. Program yang akan dilakukan adalah dengan

  1. Bantuan Pinjaman dengan administrasi yang mudah

Dengan kemudahan administrasi maka minat masyarakat untuk berwirausaha tinggi. Pada saat ini sudah ada program bantuan ini tetapi administrasinya masih rumit sehingga minat masyarakat kecil.

 

  1. Peningkatan PPP (Public Private Partnership)

Public Private Partnership merupakan kerjasama antara pihak swasta dan pihak pemerintah untuk membangun sarana public. Dengan dibangunnya program ini maka akan menyerap tenanga kerja yang ada, dengan ini maka masalah pengangguran akan menurun. Program ini juga akan meninngkatkan saran public di Indonesia.

Your Reply

CAPTCHA Image
*