Kontribusi Mahasiswa Sebagai Cendikiawan Untuk Permasalahan di Indonesia

2017
03.23

Mahasiswa mempunyai peran yang besar dalam pemerintahan suatu Negara, khususnya di Indonesia. Mahasiswa mempunyai peran antara lain agent of change, social control, dan Iron Stock. Permasalahan di Indonesia saat ini merupakan masalah yang serius, jika dibiarkan berlarut-larut kelangsungan Negara ini akan terganggu. Permasalahan yang ada contohnya adalah maraknya korupsi, tingkat kemiskinan yang tinggi, dll. Mahasiswa yang merupakan salah satu kaum cendekiawan seharusnya prihatin dengan kondisi bangsa ini. Coba kita flashback pada tahun 1998, dimana saat itu persatuan mahasiswa dapat meruntuhkan orde baru. Dari contoh diatas saja sudah bisa dilihat bahwa mahasiswa mempunyai power dalam pemerintahan ini.
Mungkin saat ini kita belum bisa member kontribusi untuk Negara, tapi semua hal besar berawal dari hal kecil. Untuk saat ini kita hanya bisa melakukan sesuatu yang berdampak positif bagi lingkungan sekitar. Salah satu contohnya adalah dengan cara menempuh ilmu setinggi mungkin sebagai pondasi untuk membangun negeri ini di masa datang.
Mari kita masuk ke pembahasan yang lebih mendalam. Seperti yang kita tahu bahwa tingkat penggangguran di Indonesia setiap tahunnya mengalami peningkatan. Penggangguran yang meningkat mengakibatkan dampak negatif bagi perekonomian Indonesia, contohnya adalah dengan meningkatnya pengangguran maka tingkat kemiskinan semakin tinggi, kemiskinan yang terjadi dikarenakan daya beli masyarakat yang menurun, daya beli menurun mengakibatkan tingkat saving yang menurun pula, ketika tingkat saving menurun makan pertumbuhan ekonomi akan menurun. Ini dinamakan lingkaran setan kemiskinan.
Pengganguran disebabkan oleh pertumbuhan penduduk yang tinggi tapi tidak bisa diimbangi dengan ketersedian lapangan kerja. Pola pikir mahasiswa perlu diubah. Secara general mindset mahasiswa adalah ketika lulus perguruan tinggi maka mahasiswa akan mencari pekerjaan (menjadi pegawai). Mindset tersebut salah, jika mindset tersebut diterapkan maka akan menaikan tingkat pengangguran. Mindset harus diubah dimana awalnya menjadi pegawai beralih menjadi entrepreneur. Menjadi entrepreneur secara tidak langsung mengurangi tingkat pengangguran yang ada, dengan demikian secara tidak langsung mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia kearah yang lebih baik.

3 Responses to “Kontribusi Mahasiswa Sebagai Cendikiawan Untuk Permasalahan di Indonesia”

  1. http://resco-sa.cl/aardvark/index.Php?a=stats&u=deneen0239

    Kontribusi Mahasiswa Sebagai Cendikiawan Untuk Permasalahan di Indonesia « yeremia alexander…

  2. Face Man says:

    When I initially commented I clicked the “Notify me when new comments are added” checkbox and now each time a comment is added
    I get three e-mails with the same comment.
    Is there any way you can remove me from that service?
    Thanks! http://bit.ly/2nj4nYt

  3. Peu de semaines apres la bataille de Bouvines, une femme, vetue d’habits
    de deuil, se precipitait aux pieds du roi de France: c’etait la comtesse de Flandre qui venait implorer la delivrance de Ferdinand.

    Feel free to surf to my web-site; massage lyon spa http://www.sophiechassat.com

Your Reply

CAPTCHA Image
*