PENGANTAR MANAJEMEN

2015
12.19

 

     ANALISIS MANAJERIAL

         BY: YEREMIA ALEXANDER

NIM: 155020107111035

Nama perusahaan : My Kopi O!

Narasumber             : Belina

Jabatan                      : Supervisor

Usia                             : 29 tahun

Chapter 6 (Manajer Sebagai Pembuat Keputusan)

My Kopi O! adalah jenis usaha yang berbentuk cafe. Perusahan ini didirikan pada tahun 2010. Cabang pertama terletak di Surabaya Town Square. Analisis yang saya buat berikut ini adalah tentang Keputusan Manajer yang berkaitan dengan Human Recruitment. Seperti yang kita ketahui bahwa dalam sebuah perusahaan pasti ada yang namanya Recruitment. Recreuitement bertujuan untuk menambah sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan lalu dikelompokan sesuai dengan Job Desknya masing-masing. Salah satu fungsi manajer adalah membuat keputusan tentang dibukanya lowongan pekerjaan atau bisa disebut human recruitment. Keputusan yang diambil manajer perusahaan ini adalah keputusan yang bersifat berdasarkan pengalaman. Berdasarkan pengalaman maksudnya adalah manjer melakukan pengambilan keputusan berdasarkan fakta yang pernah terjadi. Dalam hal ini manajer membuat kriteria-kritera yang cocok untuk Job desk yang kosong. Manajer menetapkan kriteria agar cocok dengan bagian pekerjaan tersebut. Tanpa kriteria yang ditetapkan oleh seorang manajer perusahan maka roda bisnis My Kopi O! tidak dapat berjalan dengan maksimal, tentunya hal ini akan berpengaruh pada keuntungan perusahaan dimana seperti yang saya tanyakan bahwa perusahaan ini berbasis Profit Oriented.

Chapter 7 (Dasar-Dasar Perencanaan)

Tugas lain dari seorang manajer adalah membuat rencana dan sasaran. Tanapa adanya sebuah rencana maka tujuan organisasi kedepannya dipertanyakan. Sebagai seorang supervisor My Kopi O! Mba Belina turut ikut campur dalam membuat rencana serta sasaran dalam perusahaan tersebut. Oleh karena itu kelompok saya bertanya tentang rencana kedepannya dari perusahaan ini. Rencana Perusahaan ini kedepannya adalah membuat cabang-cabang baru. Dalam waktu dekat My Kopi O! akan membuka cabang keduanya di Kota Malang. Untuk tempat sudah dipastikan di samping Mall Olympic Garden Malang. Rencananya akan dibuka pada pertengahan bulan Januari 2016 jika ada halangan. Tujuan pembuatan rencana pembukaan cabang baru adalah melebarkan bisnis di bidang cafe. Konsep cabang baru ini berbeda dengan cabang lain yang berada di Malang Townsquare. Pihak manajemen puncak merubah konsep dimana cabang baru ini akan diberi nama “My Kopi O! indonesia Bistro”.

Chapter 3 (Budaya dan Lingkungan Organisasi: Hambatan-Hambatan)

Budaya sangat berpengaruh dalam sebuah organisasi. Dimensi budaya organisasi ada 7 yaitu perhatian pada detail, orientasi hasil, orientasi orang, orientasi tim, keagresifan, stabilitas, inovasi dan pengambilan resiko. Budaya Organisasi satu organisasi berbeda dengan organisasi lain. Dalam sebuah organisasi pasti ditemukan kendala-kendala yang menghambat proses operasional suatu perusahan. Untuk di My Kopi O! sendiri hambatan-hambatan yang dialami manajer adalah dalam hal mengatur karyawan serta mengatur outlet dikarenakan cabang perusahaan ini ada sekitar 12 dan karyawan yang berjumlah ribuan. Untuk memecahkahkan masalah yang ada My Kopi O! mengadakan rapat evaluasi yang diadakan satu bulan sekali serta rolling karyawan. Pada rapat ini masalah-masalah yang ada dirundingkan dan dipecahkan. Jika masalah tersebut belum mendapat jalan keluar maka akan dibawa di rapat besar yaitu rapat dimana Top Management hadir. Rolling karyawan sendiri dilakukan untuk menigkatkan kompetensi kerja, meningkatkan motivasi pegawai, dan meningkatkan pengetahuan dan pengalaman kerja.

Your Reply

CAPTCHA Image
*