KESENJANGAN SOSIAL DI INDONESIA

2017
06.12

Kesenjangan SosialIndonesia merupaka salah satu Negara yang masih mengalami peristiwa kesenjangan sosial. Kesenjangan sosial adalah gejala yang timbul dalam masyarakat dikarenakan adanya perbedaan batas kemampuan financial dan yang lainnya diantara masyarakat yang tinggal disuatu wilayah/lingkungan. Kesenjangan sosial yang besar merupakan salah satu indicator yang menunjukan pertumbuhan ekonomi yang belum dinikmati secara merata oleh masyarakat Indonesia. Kesenjangan sosial bukanlah permasalahan yang dapat diatasi dengan mudah, seperti yang kita tahu bahwa kesenjangan sosial menyangkut keberadaan banyak individu maupun komunitas yang berada disana.

Untuk menanggulangi kesenjangan sosial diperlukan peran pihak-pihak yang berwenang seperti pemerintah dan tokoh-tokoh masyarakat. Banyak factor yang menyebabkan kesenjangan sosial ini. Factor yang pertama adalah pembangunan infrastruktur yang hanya terpusat di Jawa. Hal ini membuat terjadinya kesenjangan sosial. Dimana seperti yang kita tahu bahwa pembangunan di luar Pulau Jawa lambat, karenana pembangunan yang tidak seimbang maka tingkat kesenjangan sosial meningkat. Perlu peran pemerintah untuk mengatasi maslaah ini solusinya adalah dengan tidak memfokuskan pembangunan itu sendiri di Jawa tapi lebih memfokuskan pembangunan di luar Pulau Jawa.

Factor yang kedua adalah Terpusatnya lapangan pekerjaan. Banyak mahasiswa khususnya yang fresh graduate menginginkan kerja dikawasan ibu kota. Secara otomatis lapangan pekerjaan menjadi terpusat. Terpusatnya lapangan pekerjaan mengakibatkan factor pertama diatas yakni pembangunan infrastruktur yang tidak merata. Dari segi swasta, lebih baik kita membangun suatu fasilitas dimana terdapat banyak orang agar mendapat keuntungan yang maksimal daripada membangun suatu fasilitas dimana jumlah masyarakat yang ada sedikit. Dengan adanya hal ini maka terjadi lapangan pekerjaan yang terpusat. Perlu ada peranan mahasiswa untuk mengatasi ini dengan cara, peralihan mindset yang awalnya selesai kuliah mencari kerja menjadi setelah kuliah membuka lapangan perkerjaan.

Factor ketiga adalah factor lingkungan. Factor ini tidak kalah pentingnya dari factor-faktor diatas. Contohnya adalah sebagai berikut, tingkat kriminalitas yang tinggi mengakakibatkan terjadinya kesenjangan sosial. Tingkat kriminalitas ini terjadi dikarenakan kemiskinan yang melanda. Banyak masyarakat miskin yang menghalalkan berbagai macam cara untuk mendapatkan uang. Dengan tingginya tingkat kriminalitas maka akan menurunkan niat investor untuk membuka lapangan pekerjaan yang baru, dengan sedikitnya lapangan pekerjaan akan membuat tingkat kemiskinan dan tingkat pengangguran yang akan meningkat. Dengan meningkatnya kemiskinaan dan tingkat pengangguran makan akan menghambat pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Dengan meningkatkan tingkat pendidikan maka secara otomatis tingkat kemiskinan dan pengangguran akan terselesaikan.

Factor berikutnya adalah tingkat korupsi yang tinggi. Tingkat korupsi berakibat langsung dengan pembangunan infrastruktur. Dengan terhambatnya pembangunan infrastruktur maka secara tidak langsung terjadinya kesenjangan sosial. Upaya untuk menanggulanginya adalah dengan cara meminimalisasi KKN serta meningkatkan system keadilan di Indonesia serta melakukan pengawasan kepada setiap proyek pemerintah yang sedang berlangsung.

Dapat disimpulkan bahwa kesenjangan sosial di Indonesia disebabkan oleh kemiskinan dan tingkat pengangguran yang tinggi. Sebenernya Indonesia mampu mensejahterakan masyarakatnya dikarenakan sumber daya alam yang melimpah, akan tetapi untuk mensejahterakan rakyat melalui Sumber Daya Alam diperlukan juga peran Sumber Daya Manusia untuk mengelola hasil alam Indonesia. Sekian dan terima kasih #UASPerekonomianIndonesia

Potensi Ekonomi Kabupaten Jember

2017
05.25

Jember adalah salah satu kabupaten Di Jawa Timur. Kabupaten Jember berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo dan Bondowoso di utara, Kabupaten Banyuwangi di Timur, Samudera Hindia di selatan dan Kabupaten Lumajang di Barat. Jember merupakan salah satu kota penghasil tembakau terbaik di dunia, oleh karena itu tembakau merupakan potensi perekonomian di kota Jember. Berawal dari George Bernie yang memulai menanam tembakau jenis BNO setelah mendapat izin usaha di Jember, kemudian beralih kepemilikan kepada pemerintahan Belanda saat itu, lanjut dengan pendudukan Jepang dan dinasionalisasikan. Sengketa antara petani dengan pihak PT Perkebunan (PTP) XXVII yang merupakan pengelola dari perkebunan tembakau tersebut juga sempat terjadi, meskipun demikian permasalahan tersebut bisa diselesaikan dengan baik. Produk yang dibuat dari tembakau adalah cerutu, bisa dikatakan kualitas curutu Jember tidak kalah dengan cerutu-cerutu lain. Cita rasanya yang khas membuat cerutu jember dapat disejajarkan dengan cerutu Kuba yang notabene merupakah cerutu terbaik didunia ini.

Permasalahan di desa

2017
05.18

Banyak permasalah yang saya temui saatdi desa. Permasalahan tersebut timbul akibat kurangnya pengetahuan masyarakat desa. Kebanyakan masyarakat desa hanya berpendidikan SD-SMP. Permasalahan yang pertama adalah masyarakat desa masih bisa menerima system perbankan dimana mereka lebih memilih untuk menyimpan uangnya sendiri daripada dibank, seperti yang kita tahu bahwa menyimpan uang sendiri (tidak dibank) sangat beresiko. Butuh adanya penyuluhan mengenai fungsi perbankan dan program-program perbankan untuk masyarakat seperti ini. Permasalah yang kedua adalah kebanyakan masyarakat desa takut merantau. Penghasilan yang kecil dapat diatasi dengan melakukan upaya untuk bekerja diluar lingkungan saat ini. Salah satu alasana mengapa mereka tidak mau merantau adalah pesan orang tua mereka untuk tinggal didesa tersebut dan bertani. Permasalahan yang terakhir adalah tidak adanya tabungan. Kebanyakan masyarakat desa ini tidak memperhitungkan masa depan mereka. Mindset mereka hanyalah bagaimana untuk hidup saat ini dan berserah kepada nasib untuk hari esok. Butuh penyuluhan dari pemerintah tentang menabung untuk desa ini.

Report kegiatan di desa

2017
05.18

PEMBELAJAR DI DESA

Banyak hal yang saya dapatkan selama tinggal di desa. Masyarakat desa sangat ramah menyambut kami mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Pembelajaran yang saya dapatkan adalah bagaimana cara menghargai uang, sepertiyang kita tahu bahwa masyarakat didesa berpenghasilan sangat minim. Dari narasumber yang saya dapatkan penghasilan tiap harinya hanya sebesar 20 ribu rupiah. Jumlah tersebut sangat sedikit dibanding masyarakat kota. Tiap harinya mereka bekerja keras untuk mendapatkan uang tersebut dari pagi sampai sore. Menurut saya jumlah tersebut tidaklah banyak. Pelajaran berikutnya yang saya ambil adalah masyarakat desa adalah masyarakat yang tertib, dimana pola makan dan pola tidur diatur sedemikian rupa untuk menjaga kesehatan mereka. Tindakan ini jarang ditemukan pada masyarakat perkotaan dimana mindset masyarakat perkotaan hanyalah mencari uang sekeras mungkin tanpa memperhatikan kondisi kesehatan mereka. Di desa saya juga mendapatkan kesempatan untuk “Ngarit” (mencari rumput untuk pakan ternak). Dimana kegiatan ini dilakukan tiap pagi dan sore. Masyarakat desa melakukan kegiatan Ngarit 2 kali sehari dikarenakan tidak adanya kendaraan yang mampu mengangkut rumput dengan sekali jalan, mobilisasi ngarit menggunakan sepeda motor. Jumlah rumput yang dihasilkan pada saat ngarit sekitar 50-100 kg. jumlah tersebut merupakan jumlah yang ideal dikarenakan tiap sapi menghabiskan sekitar 30-40 kg rumput tiap harinya. IMG_3230

Desain Ekonomi Untuk Menyelesaikan Permasalahan Ekonomi Indonesia

2017
04.21

Permasalahan ekonomi di Indonesia adalah pengangguran, kemiskinan, inflasi, sumber daya manusia yang rendah. Butuh suatu desain ekonomi untuk menanggulanginya. Pengangguran merupakan salah satu masalah di Indonesia. pengangguran diangkibatkan karena tingkat pendidikan dan keahlian yang kurang. Salah satu cara menanggulanginya adalah dengan cara pemberian pelatihan kepada masyarakat agar skill yang dimiliki bertambah, dan pemberian kredit yang mudah agar mendorong masyarakat untuk membuka lahan pekerjaan. Masalah yang kedua adalah kemiskinan, dimana tingkat kemiskinan tiap tahunnya mengalami peningkatan. Maslaah kemiskinan hampir sama dengan masalah pengangguran. Cara menanggulanginya adalah dengan cara memberikan subsidi yang tepat sasaran, pemberian bantuan dana untuk berwirausaha dengan cara ini lapangan pekerjaan akan meningkat. Seperti yang kita tahu bahwa pemberian subsidi di Indonesia seringkali tidak tepat sasaran dimana masyarakat yang mampu kadang menerima ini, akibatnya adalah inefisiensi. Perlu desain perkonomian yang baru di Indonesia. desain yang saya miliki bernama Enterpreneurship economics, dimana desain ini condong kearah kewirausahaan. Desain ini mendorong agar masyarakat untuk berwirausaha. Dengan tercapainya program ini maka kita bisa mengurangi hampir seluruh masalah dalam perekonomian Indonesia saat ini yaitu pengangguran, kemiskinan, dan kesenjangan pendapatan. Dalam desain ini butuh program-program untuk mendukungnya. Program yang akan dilakukan adalah dengan

  1. Bantuan Pinjaman dengan administrasi yang mudah

Dengan kemudahan administrasi maka minat masyarakat untuk berwirausaha tinggi. Pada saat ini sudah ada program bantuan ini tetapi administrasinya masih rumit sehingga minat masyarakat kecil.

 

  1. Peningkatan PPP (Public Private Partnership)

Public Private Partnership merupakan kerjasama antara pihak swasta dan pihak pemerintah untuk membangun sarana public. Dengan dibangunnya program ini maka akan menyerap tenanga kerja yang ada, dengan ini maka masalah pengangguran akan menurun. Program ini juga akan meninngkatkan saran public di Indonesia.

Peran Sustainable Development Goverment (Pembangunan yang Berkelanjutan) dikaitkan dengan perekonomian Indonesia

2017
04.21

Pembangunan adalah proses perubahan yang terus-terus menerus untuk menuju keadaan yang lebih baik berdasarkan norma-norma tertentu. Pembangunan berkelanjutan adalah proses pembangunan (lahan, kota, bisnis, masyarakat, dsb) yang berprinsip “memenuhi kebutuhan sekarang tanpa mengorbankan pemenuhan kebutuhan generasi masa depan” (menurut Laporan Brundtland dari PBB, 1987). Pembangunan berkelanjutan adalah terjemahan dari Bahasa Inggris, sustainable development. Salah satu faktor yang harus dihadapi untuk mencapai pembangunan berkelanjutan adalah bagaimana memperbaiki kehancuran lingkungan tanpa mengorbankan kebutuhan pembangunan ekonomi dan keadilan sosial (Wikipedia). Secara tidak langsung pembangunan mempunyai peranan yang besar. Dalam segi ekonomi pembangunan berkelanjutan merupakan salah satu cara untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi ditandai dengan meningkatnya GDP suatu Negara, bertambahnya tingkat kemakmuran masyarakat dan penurunan tingkat employment. Untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutkan di Indonesia diperlukan komponen penduduk yang berkualitas, dimana peranan sumber daya manusia dapat mewujudkan pembangunan berkelanjutan ini. Jumlah penduduk yang besar dengan bertumbuhan yang cepat namun memiliki kualitas yang rendah kan memperlambat tercapainya program ini. Ini merupakan masalah yang dihadapi Indonesia dimana Indonesia merupakan Negara yang berpenduduk banyak dan pertumbuhannya cepat tapi berkualitas rendah.

Sistem Pemerintahan yang membuat angka kemiskinan semakin kecil

2017
04.21

Menurut saya system pemerintahan yang bisa menurunkan angka kemiskinan adalah system pemerintahan demokarasi liberal . Demokrasi Liberal adalah sistem politik yang melindungi secara konstitusional hak-hak individu dari kekuasaan pemerintah. Keputusan – keputusan mayoritas diberlakukan pada sebagian besar bidang-bidang kebijakan pemerintah yang tunduk pada pembatasan-pembatasan agar keputusan pemerintah tidak melanggar kemerdekaan dan hak-hak individu seperti tercantum dalam konstitusi. Sitem ini dianut oleh Negara seperti Amerika Serikat, Britania Raya dan Kanada. Ciri-ciri system pemerintahan ini adalah:

  1. Kekuasaan eksekutif dibatasi oleh peraturan perundang-undangan
  2. Kekuasaan eksekutif dibatasi secara konsitusional
  3. Control terhadap Negara, alokasi sumber daya alam dan manusia dapat terkontrol
  4. Kelompok minoritas boleh berjuang untuk memperjuangkan dirinya

 

System pemerintahan ini merupakan system yang ideal untuk menurunkan angka kemiskinan dikarenakan semua elemen pemerintahan dapat terkontrol dengan baik. Dari pembahasan diatas dapat dilihat bahwa Negara yang menganut system ini merupakan Negara-negara maju. Berikut ini adalah table angka kemiskinan di Amerika Serikat :

download

 

Dari table diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa tingkat kemiskinan di Amerika Serikat tidak bertambah. Dapat diambil kesimpulan bahwa system ini bisa menurunkan angka kemiskinan. Pada tahun 2000 terjadi persentase kemiskinan yang paling sedikit yaitu hanya sebesar 11,3%

Kontribusi Mahasiswa Sebagai Cendikiawan Untuk Permasalahan di Indonesia

2017
03.23

Mahasiswa mempunyai peran yang besar dalam pemerintahan suatu Negara, khususnya di Indonesia. Mahasiswa mempunyai peran antara lain agent of change, social control, dan Iron Stock. Permasalahan di Indonesia saat ini merupakan masalah yang serius, jika dibiarkan berlarut-larut kelangsungan Negara ini akan terganggu. Permasalahan yang ada contohnya adalah maraknya korupsi, tingkat kemiskinan yang tinggi, dll. Mahasiswa yang merupakan salah satu kaum cendekiawan seharusnya prihatin dengan kondisi bangsa ini. Coba kita flashback pada tahun 1998, dimana saat itu persatuan mahasiswa dapat meruntuhkan orde baru. Dari contoh diatas saja sudah bisa dilihat bahwa mahasiswa mempunyai power dalam pemerintahan ini.
Mungkin saat ini kita belum bisa member kontribusi untuk Negara, tapi semua hal besar berawal dari hal kecil. Untuk saat ini kita hanya bisa melakukan sesuatu yang berdampak positif bagi lingkungan sekitar. Salah satu contohnya adalah dengan cara menempuh ilmu setinggi mungkin sebagai pondasi untuk membangun negeri ini di masa datang.
Mari kita masuk ke pembahasan yang lebih mendalam. Seperti yang kita tahu bahwa tingkat penggangguran di Indonesia setiap tahunnya mengalami peningkatan. Penggangguran yang meningkat mengakibatkan dampak negatif bagi perekonomian Indonesia, contohnya adalah dengan meningkatnya pengangguran maka tingkat kemiskinan semakin tinggi, kemiskinan yang terjadi dikarenakan daya beli masyarakat yang menurun, daya beli menurun mengakibatkan tingkat saving yang menurun pula, ketika tingkat saving menurun makan pertumbuhan ekonomi akan menurun. Ini dinamakan lingkaran setan kemiskinan.
Pengganguran disebabkan oleh pertumbuhan penduduk yang tinggi tapi tidak bisa diimbangi dengan ketersedian lapangan kerja. Pola pikir mahasiswa perlu diubah. Secara general mindset mahasiswa adalah ketika lulus perguruan tinggi maka mahasiswa akan mencari pekerjaan (menjadi pegawai). Mindset tersebut salah, jika mindset tersebut diterapkan maka akan menaikan tingkat pengangguran. Mindset harus diubah dimana awalnya menjadi pegawai beralih menjadi entrepreneur. Menjadi entrepreneur secara tidak langsung mengurangi tingkat pengangguran yang ada, dengan demikian secara tidak langsung mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia kearah yang lebih baik.

Pengaruh Teknologi Terhadap Aktivitas Ekonomi

2017
03.16

Teknologi mempunyai peran besar dalam kehidupan manusia. Perkembangan teknologi yang pesat membawa dampak bagi kegiatan-kegiatan manusia saat ini. Melalui teknlogi hambatan-hambatan yang ada bisa diatasi oleh manusia. Perkembangan teknologi pun dirasakan oleh sector ekonomi saat ini. Awalnya produksi hanya dilakukan dengan tenaga manusia, contohnya adalah dalam hal memproduksi pakaian. Dalam memproduksi pakaian manusia menggunakan tenaga sendiri dari proses awal hingga menjadi pakaian jadi. Kemudian muncullah teknologi mesin pintal untuk mengelolah benang menjadi kain. Dengan adanya teknologi ini maka manusia tidak memerlukan tenaga yang cukup besar untuk memproduksi barang. Salah satu prinsip ekonomi yaitu efisiensi bisa diterapkan, ketika pada awalnya untuk memproduksi satu helai pakaian diperlukan waktu sekitar 3 jam dengan tenaga manusia tetapi dengan adanya teknologi maka waktu produksi satu helai pakaian bisa berkurang. Dampak perkembangan teknologi sebenarnya adalah mempermudah kegiatan manusia. Contoh lain perkembangan teknologi dalam ekonomi adalah dalam hal transaksi, seperti yang kita tahu pada saat ini perbankan diseluruh dunia mengadopsi system e-money, dimana pada system ini manusia tidak butuh membawa uang untuk bertransaksi. Pada awalnya sebelum system ini dipakai manusia cenderung membawa uang untuk membeli barang atau jasa yang diperlukan. Melalui system ini manusia bisa dengan mudah memantau aktifitas financialnya hanya menggunakan gadget yang dimilikinya tanpa perlu mendatangi bank. Teknlogi tidak hanya memberikan dampak yang positif, tetapi ada dampak negative yang dibawanya pula. Salah satu dampak negatifnya dalam perkonomian adalah timbulnya cyber crime. Pelaku-pelaku cyber crime ini kebanyakan mengincar sisi ekonomi contohnya adalah hacking system dimana pelak cyber crime ini melakukan kejahatan berupa pencurian uang dan informasi penting yang ada. .

Pertumbuhan Sektor Industri Pengolahan Indonesia periode 2010-2014

2017
03.09

adb-juga-revisi-target-pertumbuhan-ekonomi-ri-2016-KSC

Pertumbuhan Ekonomi merupakan sesuatu yang fundamental. Pertumbuhan ekonomi suatu Negara menunjukan kinerja pemerintah Negara tersebut, apakah perencanaan-perencanaan yang telah dilakukan Negara tersebut tercapai.  Salah satu cara yang dilakukan untuk meningkat perekonomian Negara adalah dengan cara memaksimalkan sector-sektor  ekonomi yang ada pada Negara tersebut. Sector-sektor perkonomian di Indonesia terdir dari 9 sektor yaitu sector industri pengolahan, sector pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan, sector perdagangan hotel dan restoran, sector pretambangan dan penggalian, sector jasa, sector konstruksi, sector keuangan, real estate, dan jasa perusahan, sector transportasi dan komunikasi, sector listrik, gas, dan air bersih. Kesembilan sector diatas merupakan sector perekonomian yang mendukung perekonomian Indonesia. Sektor yang akan dibahas pada artikel ini adalah sector Industri dan Pengolahan.  Tahun 2010 sektor yang berperan besar adalah sector industry dan pengolahan dimana sector ini berperan sebanyak 24,8 %. Sector industry pun mengalami penurunan di tahun berikutnya (2011) sebanyak 0,4% lebih tepatnya menjadi 23.94%. Penurunan sector industry ini pun terjadi pada 3 tahun berikutnya. Penurunan sector ini dikarenakan kurangnya sumber daya manusia yang ada, sedangkan sumber daya alam yang melimpah, selain itu pada tahun tersebut program KUR belum terlaksana sepenuhnya. Administrasi KUR pun pada tahun tersebut dibilang masih sulit dikarenakan belum adanya aturan yang resmi. Hukum yang mengatur tentang Kredit Usaha Rakyat baru ditetapkan pada tahun 2015. KUR merupakan sesuatu yang tidak bisa disepelekan. Pemerintah membuat kebijakan ini untuk mempercepat perkembangan sector rill di Indonesia, meningkatkan pembiayaan serta mendorong UMKM, dan memberantas kemiskinan serta pengangguran. Dengan adanya Program KUR diharapkan meningkatnya ketersediaan lapangan kerja. Salah satu cara mendorong program ini (KUR) adalah dengan adanya sosialisasi. Sosialisasi program ini sangat diperlukan untuk membuka pemikiran masyarakat tentang entrepreneurship.