Tujuan Pendidikan FPIK UB

Posted: 7th September 2014 by Aldo Rahmat Untoro in FPIK UB

Tujuan Pendidikan FPIK UB

Tujuan Pen­didikan di FPIK UB adalah :

Menyeleng­garakan pen­didikan menuju stan­dar inter­nasio­nal pada program studi S1, S2 dan S3 untuk men­jawab per­masalahan riil pem­bangunan di bidang per­ikanan dan kelautan serta per­kem­bangan ilmu per­ikanan dan ilmu kelautan.

Meng­em­bangkan ilmu pengetahuan dan tek­nologi di bidang per­ikanan dan kelautan yang ber­daya saing ting­kat nasio­nal, regio­nal dan global.

Meng­hasilkan lulusan yang ber­kualitas, ber­taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, ber­jiwa enterp­reuner­ship, ber­wawasan ling­kungan dan mampu ber­saing di ting­kat internasional.

Mem­punyai kemam­puan dalam pem­berdayaan masyarakat melalui pengem­bangan kon­sep pemecahan masalah.

Mem­publikasi hasil–hasil penelitian pengem­bangan IPTEK di bidang per­ikanan dan kelautan yang ber­man­faat bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Mem­bangun jejaring dan ker­jasama siner­gis dengan pemangku kepen­tingan eks­ter­nal dalam rangka pening­katan mutu pendidikan.

Sedangkan tujuan utama diben­tuk­nya lem­baga Gugus Jaminan Mutu (GJM) di FPIK, UB adalah untuk mewujudkan sebuah Sis­tem Pen­jaminan Mutu Akademik (SPMA). Yang diharapkan bisa men­jadi pedoman dalam usaha per­en­canaan dan pelak­sanaan akademik, pening­katan sum­ber daya, prosedur kegiatan dan prosedur evaluasi. Dengan tugas pokok dan fungsi seba­gai lem­baga yang memonitor dan mening­katkan mutu akademik FPIK, UB secara ber­kelan­jutan dalam rangka men­capai visi dan misi yang ditetapkan serta memenuhi kebutuhan masyarakat, dunia kerja dan kebutuhan profesio­nal melalui penyeleng­garaan Tridharma Per­guruan Tinggi. Penyusunan dokumen–dokumen akademik secara ber­kelan­jutan seba­gai suatu fon­dasi yang diharapkan akan men­jadi bagian sis­tem dan mekanisme kerja (kelem­bagaan) di FPIK UB seba­gai penun­jang SPMA yang ber­payung pada Univer­sitas Brawijaya.

(Jangan lupa baca juga artikel yang satu ini : Biografi tokoh yang menginspirasi).