Visi dan Misi TBM

Posted: 4th June 2015 by Aldi Rahman Untoro in Manajemen Layanan dan Jasa Informasi
Comments Off on Visi dan Misi TBM

Visi TBM

1. Menuju masyarakat Indonesia gemar membaca

2. Menanamkan nilai-nilai budi pekerti lewat bacaan

3. Mencerdaskan masyarakat Indonesia

 

Misi TBM

1. Memberikan layanan terbaik kepada masyarakat

2. Mengembangkan koleksi yang ada

3. Mengembangkan infrastruktur melalui penyediaan sarana dan prasarana serta kompetensi SDM

4. Mengembangkan layanan informasi Taman Baca Masyarakat berbasis teknologi informasi

5.

 

Stuktur Organisasi TBM

 

Manajer TBM

 

Koordinator Pengadaan dan Pengolahan

 

Koordinator Layanan Pengguna

 

Staf Pengadaan dan Pengolahan Koleksi

 

Staf Layanan Umum

 

Staf Layanan Sirkulasi

 

Departementasi

Departementasi adalah aktivitas untuk menyusun satuan-satuan organisasi yang akan diserahi bidang kerja atau fungsi tertentu. Sekelompok aktivitas yang sejenis berdasarkan kesamaan sifat atau pelaksanaannya

Bedasarkan jumlah :

Staf Layanan Sirkulasi tiga orang, Staf Layanan Umum dua orang, Staf Pengadaan dan Pengolahan Koleksi Lima orang.

Bedasarkan fungsi :

Staf Layanan Sirkulasi, Staf Layanan Umum, dan Staf Pengadaan dan Pengolahan Koleksi.

Bedasarkan pelanggan :

Pemustaka anak, maka ruangannya khusus untuk anak-anak. Pemustaka umum, maka desain ruangannya tetap.

 

Penentuan SDM

Sumberdaya manusia adalah faktor yang sangat penting di TBM. Apalagi jika sudah terotomasi. Untuk itu dalam penempatan tenaga TBM, tetnunya mereka yang berkompeten dalam urusan otomasi nantinya.

Sebab produktivitas tenaga kerja yang tinggi secara tidak langsung akan menghemat anggaran. Artinya, bahwa jumlah tenaga kerja yang optimal, dengan mengerjakan tugas-tugas secara maksimal akan memberikan hasil yang maksimal pula.

Sehingga anggaran yang dikeluarkan untuk pembiayaan staf bisa dikembalikan dalam bentuk hasil kerja yang memuaskan. Sebaliknya ketidak pastian atupun kesalahan dalam penempatan tenaga kerja dapat mengakibatkan kekecewaan secara tidak langsung.

Untuk melakukan penentuan SDM, ada beberapa hal yang perlu untuk dilakukan, yaitu : 1.) Penyusunan rencana ketenagaan, 2.) Rekrutmen, 3.) Seleksi dan penempatan, 4.) Penilaian.

Staf Layanan Sirkulasi tiga orang, Staf Layanan Umum dua orang, Staf Pengadaan dan Pengolahan Koleksi Lima orang. Jumlah SDM dapat berubah sewaktu-waktu.

 

 

Job Deskripsi

Manager

1. Mengontrol pelaksanaan Taman Baca Masyarakat

2. Memberikan motivasi kepada pustakawan untuk meningkatkan kinerja

3. Merencanakan program kerja

4. Mengontrol bagian layanan, keuangan dan sumber daya manusia

5. Mengontrol kinerja pustakawan

 

Layanan Sirkulasi

1.      Menyediakan layanan peminjaman bahan pustaka

2.      Menyediakan layanan pengembalian bahan pustaka

3.      Membuat statistik pengunjung

 

Layanan Pengadaan dan Pengolahan Koleksi

1.      Menyeleksi bahan pustaka yang akan diadakan

2.      Melakukan pembelian atau pengadaan buku baru

3.      Membuat laporan pengadaan

4.      Melakukan inventarisasi bahan pustaka

5.      Melakukan klasifikasi bahan pustaka

6.      Melakukan katalogisasi bahan pustaka