Sistem Pelayanan Perpustakaan

Posted: 30th May 2015 by Aldi Rahman Untoro in Pelayanan Perpustakaan
Comments Off on Sistem Pelayanan Perpustakaan

SISTEM PELAYANAN PERPUSTAKAAN

 

Ada dua macam sistem pelayanan yang biasa dilakukan oleh perpustakaan yaitu

sistem pelayanan terbuka dan sistem pelayanan tertutup. Masing-masing sistem tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.

 

Sistem Pelayanan Terbuka (Open Access)

Dalam sistem pelayanan terbuka perpustakaan memberi kebebasan kepada

pengguna untuk dapat masuk dan memilih sendiri koleksi yang diinginkannya dari rak.

Petugas hanya mencatat apabila koleksi tersebut akan dipinjam serta dikembalikan.

 

Kelebihannya

· Pengguna bebas memilih bukunya sendiri

· Kebebasan ini menimbulkan rangsangan untuk membaca

· Kalau buku yang dikehendaki tidak ada, dapat memilih buku lain dengan subyek atau

topik yang sama.

 

Kekurangannya

· Susunan buku dalam rak menjadi sulit teratur.

· Kemungkinan banyak buku yang hilang.

 

Sistem Pelayanan Tertutup (Close Access)

Kebalikan dari sistem terbuka, pengunjung tidak boleh masuk ke ruangan koleksi,

tetapi yang dibutuhkannya harus diambilkan oleh petugas. Penelusuran / pencarian

koleksi harus melalui katalog. Petugas selain mencatat peminjaman dan pengembalian,

juga mengambilkan dan mengembalikan koleksi ke rak.

 

Kelebihannya

· Susunan dan letak buku terpelihara

· Tidak perlu ada petugas khusus untuk mengawasi pengguna.

 

Kekuranggannya

· Kebebasan melihat buku tidak ada, harus dicari melalui katalog

· Melihat dari katalog kadang-kadang mengesalkan, karena dalam katalog ada,

tetapi bukunya sering tidak ada, dan harus memilih lagi sampai berulang-ulang.

· Petugas harus mengambilkan dan mengembalikan buku

· Katalog harus lengkap.