Sistem Operasi Handphone

Posted: 25th May 2015 by Aldi Rahman Untoro in AKSO
Comments Off on Sistem Operasi Handphone

Kebanyakan orang saat ini kemungkinan besar hanya mengenal sistem operasi ponsel seperti Android, iOS, lalu juga Blackberry OS. Pada dasarnya, selama lebih dari 40 tahun perkembangan dunia ponsel, sampai saat ini ada banyak macam sistem operasi ponsel yang tersedia dan juga digunakan di berbagai tempat. Sayangnya memang tidak semua sistem operasi tersebut bisa dibilang sukses dan kemudian menjadi populer. Nah, apa – apa saja sistem operasi ponsel yang cukup dikenal sampai saat ini?

Sistem Operasi Handphone

Symbian

Secara resmi, sistem operasi ini merupakan milik Nokia. Symbian dikenal sebagai penerus sekaligus pengganti Java yang pada masanya menjadi sistem operasi paling banyak digunakan oleh ponsel. Namun, penurunan pengguna dan peminat menjadikan sistem operasi ini tidak lagi populer. Meskipun sudah diupgrade ke versi terbaru yaitu Symbian ANNA dan juga BELLE, popularitas Android serta iOS merupakan serangan telak bagi Symbian. Saat ini, Symbian masih bertahan namun hanya dalam ponsel – ponsel kelas menengah saja.

Android

Dimiliki oleh Google serta didukung oleh teknologi kernel Linux, Andorid merupakan sistem operasi open source yang banyak ditemukan di berbagai ponsel dan bahkan gadget seperti kamera serta tablet. Pengguna yang mempunyai kemampuan mengembangkan aplikasi dapat dengan mudah membuat aplikasi – aplikasi dan kemudian menampilkannya di Play Store untuk

dapat diunduh pengguna lain. Hal ini yang menjadikan Android sebagai sistem operasi paling dominan di dunia ponsel pintar saat ini. Kemungkinan kustomisasi serta personalisasi tampilan yang tanpa batas dengan dukungan berbagai aplikasi di Play Store yang sebagian besar gratis, membuat Android semakin berkembang.

Apple iOS

Sistem operasi besutan Apple ini merupakan satu sistem operasi yang mampu menjalankan multi-tasking dan juga mendukung fitur multi-touch. Digunakan pada perangkat – perangkat Apple seperti iPhone, iPod, serta iPad dengan satu versi khusus pada Apple Watch. Sistem operasi ini tidak bersifat open source sehingga sangat eksklusif dalam segi penggunaanya yang terbatas pada perangkat milik Apple saja. Berbagai macam aplikasi sudah tersedia seperti Safari untuk menjelajah internet serta Apple’s Mail unutk berkirim email. Tersedia juga banyak aplikasi pendukung yang bisa diunduh di App Store. Banyak orang yang menjadikan eksklusifitas Apple iOS sebagai alasan mereka menggunakan produk – produk Apple.

Blackberry OS

Serupa dengan Apple iOS, Blackberry OS mempunyai sisi eksklusif yang hanya terdapat pada perangkat – perangkat Blackberry besutan RIM. Dibuat pertama kali pada tahun 1999, Blackberry OS didesain secara khusus untuk lini ponsel pintar Blackberry dari RIM. Sampai saat ini ditengah bayang – bayang Android serta iOS, Blackberry OS terus bertahan dengan update – update terbarunya demi mengikuti perubahan yang dinamis dari dua kompetitornya.

Windows Phone

Pada tahun 2000, setelah merasa jauh tertinggal dari Android serta iOS, Microsoft meluncurkan Windows Phone sebagai sistem operasi khusus untuk ponsel pintar dengan desain dan fitur yang lebih disempurnakan lagi. Versi terbaru dari Windows Phone tersebut lebih berfokus kepada pengalaman pengguna dalam mengoperasikan Windows Phone. Tampilan khas kotak – kotak dengan dukungan fitur hubs yang menghubungkan foto – foto dari berbagai aplikasi sehingga mempermudah penggunaannaya merupakan hal yang diunggulkan dari Windows Phone. Seperti juga iOS, Windows Phone memiliki aplikasi – aplikasi pendukung sendiri seperti Internet Explorer untuk menjelajah dunia maya serta Exchange untuk akses email.

BADA

Pada dasarnya Samsung juga memiliki satu sistem operasi eksklusif yang bernama BADA. Mulanya sistem operasi ini didesain untuk digunakan pada ponsel – ponsel Samsung dari kelas menengah hingga high-end. Sayangnya BADA hanya digunakan terbatas pada edisi Samsung Wave saja sehingga tidak begitu dikenal. Bahkan, keputusan Samsung yang pada akhirnya memilih untuk menggunakan Android pada banyak ponselnya justru membuat BADA seolah menghilang. Satu fitur menarik BADA adalah dukungan untuk menggunakan Picasa.

Palm OS

Garnet OS merupakan nama lain dari sistem operasi ini yang dikembangkan oleh Palm Inc pada tahun 1996 dan dikhususkan untuk PDA buatan mereka. Beberapa tahun setelahnya, Palm OS mengalami upgrade yang membuatnya mampu digunakan untuk ponsel pintar. Sayangnya, tanpa adanya nama – nama besar yang mengusung sistem operasi ini, seperti Android yang diusung Samsung, membuat Palm OS kalah pamor. Update terakhir pada tahun 2007 yang juga belum diperbaharui lagi semakin menurunkan pamor Palm OS.

Open WebOS

Awalnya juga dikembangkan oleh Palm Inc namun pda akhirnya menjadi properti milik Hewlett Packard. Bisa dibilang kemudian WebOS merupakan sistem operasi eksklusif milik HP. Digunakan pada tablet serta ponsel pintar di awal kemunculanya pada 2009, HP mempromosikan sistem operasi ini dengan luar biasa. Beberapa ponsel serta tablet high-end menggunakan sistem operasi ini. Sayangya kemunculan serta kepopuleran Android menurunkan minat pengguna pada WebOS. Pada akhirnya WebOS dihentikan pengembanganya oleh HP namun pengguna WebOS akan dijamin untuk tetap memperoleh update.

Maemo

Sistem operasi ini merupakan kerja sama antara Nokia dengan Maemo Community yang diperuntukkan bagi ponsel pintar serta tablet. Memiliki desain antarmuka mirip dengan Android, maemo terbilang menjanjikan. Pada tahun 2010, proyek pengembangan Maemo diambil alih oleh Mobilin yang kemudian menciptakan MeeGo sebagai satu versi update dari Maemo itu sendiri.