Contoh Business Plan

Posted: 5th September 2014 by Aldi Rahman Untoro in Business
Tags:
Comments Off on Contoh Business Plan

2

Business Plan, Minuman Yang Menyegarkan

Business plan :
1. Judul Usaha :
• Es Blewah And Coconut

2. Latar Belakang :
• Setiap orang pasti membutuhkan minuman, apalagi ketika cuaca sedang panas. Pasti tenggorokan haus, membutuhkan minuman yang segar. Minuman ini dibuat dari blewah dan dicampur dengan kelapa, membuat es yang satu ini, pasti bisa menghilangkan dahaga.
• Terutama pada saat bulan Ramadhan. Pasti banyak orang yang menginginkan es, yaitu es blewah dan es kelapa. Cocok untuk orang yang sedang berpuasa. (Baca juga : Jingle Panglima )

3. Tujuan dan Manfaat Usaha :
• Tujuannya membantu orang yang sedang kehausan. Menciptakan lapangan kerja baru. Meningkatkan perekonomian bangsa. Mampu memproduksi minuman yang segar dan menyehatkan untuk masyarakat. Membuat masyarakat Indonesia cinta dengan produk sendiri.

4. Gambaran/deskripsi Usaha :
• Usaha ini menyajikan minuman yang segar dan menyehatkan. Sebagian besar masyarakat menyukai minuman yang dingin atau es. Masyarakat tentunya tidak mau dibohongi oleh minuman yang tidak sehat, seperti dicampur pewarna pakaian, zat kimia dan lain-lain.

• Disini kami menyajikan minuman yang sehat, campuran blewah dan kelapa, segar dan sehat, simple sekali untuk dibuat, jika ada yang tertarik membuat dirumah. Es blewah ini cocok sekali pada saat bulan Ramadhan, bisa disajikan untuk berbuka puasa. Minuman ini akan terasa segar ketika cuaca sedang panas, cocok dikota-kota besar, seperti jakarta, yang memiliki cuaca yang cukup panas.

• Minuman ini pasti disukai berbagai kalangan, targetnya anak-anak sampai remaja yang menyukai minuman dingin, tentunya dengan minuman yang segar dan menyehatkan, pasti banyak yang menginginkannya.

5. Proses Usaha :

Bahan-bahan : 1. ) 250 gram blewah cuci bersih, keruk dagingnya, 2.) 1 buah kelapa muda, keruk dagingnya, 3.) 250 ml sirup pandan atau sirup lainnya, 4.) Air, 5.) Jelly dari jus buah favourite anda, potong dadu, 6.) Es batu secukupnya, 7.) Susu kental manis dan buah buahan (Option)

Cara membuat :

a.) Dalam mangkuk besar masukkan potongan blewah, tambahkan daging kelapa muda dan jelly.

b.) Tuangkan air secukupnya, tambahkan sirup, kemudian aduk-aduk agar tercampur rata. Tambahkan es batu secukupnya.

c.) Boleh ditambah susu kental manis dan buah-buahan lainnya, sesuai selera.

d.) Simple sehat dan sedap.

6. Skema Profit :

Biaya pengeluaran a.) Biaya tidak tetap : 1 buah blewah : Rp. 10.000, 1 buah kelapa : Rp. 10.000, 1 botol sirup pandan : Rp. 15.000, Jelly : Rp : 10.000, Es batu : Rp. 2.000, Susu kental manis : Rp. 5.000, total biaya tidak tetap : Rp. 52.000
b.) Biaya tetap : Gaji karyawan : Rp. 10.000, Sewa tempat : Rp. 10.000, Listrik : Rp. 10.000, Air : Rp. 7.000, total biaya tetap : Rp. 37.000

Biaya pendapatan : Dari modal tidak tetap di dapatkan 5 buah es blewah.

Jadi modal per satu buah = Rp. 52.000 : 5 = Rp. 10.400
Harga jual Rp. 11.000

Maka untuk mendapat keuntungan, kita harus menjual :
Rp. 52.000 + Rp. 37.000 = Rp. 89.000 : Rp. 11.000 = 8 buah

Jadi kita harus menjual lebih dari 8 buah untuk mendapatkan keuntungan per hari.