Apa itu LIFE MAPPING ?

Posted: 5th September 2014 by Aldi Rahman Untoro in Info Menarik
Tags:
Comments Off on Apa itu LIFE MAPPING ?

4

Apa itu yang dimaksud dengan LIFE MAPPING ?

Setiap orang pasti ingin sukses dan pastinya memiliki tujuan- tujuan hidup yang ingin dicapai. Tapi tidak semua orang bisa meraih apa yang dia inginkan. Banyak hal-hal yang dapat menghambat jalan mereka meraih cita- cita misalnya saja mereka kurang fokus terhadap suatu tujuan. Untuk itu diperlukan LIFE MAPPING !! life mapping inilah yang selalu ditekankan dan harus dimiliki setiap mahasiswa ketika saya menjadi mahasiswa baru di Universitas Brawijaya.

Mungkin teman-teman semua belum tahu apa itu Life Mapping? Life mapping adalah sebuah catatan yang berisikan apa tujuan kita selanjutnya atau target hidup yang akan kita capai. Dengan life mapping, apa yang kita inginkan akan lebih terencana dengan mantap. Life mapping juga dapat menjadi motivasi dalam hidup kita sehingga kita selalu semangat meraih apa yang kita inginkan walaupun itu sulit. Bahkan kita berpikir impian kita itu tidak mungkin tercapai. Tapi tak apa,cobalah tuliskan dalam life mapping kita dan lakukan usaha- usaha yang menjadikan kita semakin mudah untuk meraih tujuan itu. Masalah terwujud atau tidak, biarlah Tuhan yang mentakdirkan yang penting kita sudah berusaha semaksimal mungkin dan tidak putus asa.

Namun, kita tidak boleh hanya sekedar menulis harapan kita saja dalam life mapping, dan memandanginya saja. Tapi, kita harus melakukan usaha- usaha keras agar cita- cita kita dalam life mapping dapat terwujud.

Bagaimana cara membuat life mapping ? Dalam membuat life mapping, kita tidak perlu terpaku pada aturan, bentuk tulisan, cara penulisan atau gaya bahasa. Kita cukup menuangkan ide kita dalam bentuk apapun dan dimanapun. Eits tapi jangan nulis sembarangan ya,,jangan sampai nulis di tembok rumah, pakaian orang lain, atau tempat- tempat yang bukan tempat untuk menulis. Maksud saya, kita bias menulis life mapping di kertas folio, karton, kain putih,dsb. Isi life mapping dapat berupa daftar target hidup, bisa berupa gambar siklus hidup, paragraf narasi, urutan cita-cita dari nomor pertama sampai terakhir dan sebagainya. (Baca juga : Peran Menjadi Mahasiswa )

Setelah semua target tertulis, lanjut dengan melakukan aksi dalam mencapai cita-cita kita itu. Lakukan langkah- langkah yang mungkin akan membawa kita meraih cita- cita tersebut. Jika kita telah meraihnya, kita dapat mencoret atau menandai daftar target hidup yang telah kita tulis dalam life mapping. Hal itu menunjukkan bahwa kita telah meraih 1 hal yang kita impikan. Lanjutkan dan jangan berputus asa meraih cita-cita sampai semua daftar target yang kita inginkan tercoret seluruhnya atau telah tercapai seluruhnya.

Seorang pepatah pernah mengatakan bahwa, hidup ini bagaikan kita menggenggam pasir. Ada kalanya pasir itu terlepas dari genggaman kita dan ada pula yang berhasil kita genggam. Mungkin tidak seluruhnya cita- cita dan impian kita akan kita raih, tapi tidak ada salahnya kalau kita terus berusaha dan bersemangat dalam meraihnya. Karena tidak ada yang tidak mungkin dalam hidup ini. Kita juga harus berserah diri pada Allah SWT karena Dialah yang menakdirkan segala sesuatu. Jadi, jangan berhenti berdoa dan berusaha. Semangat ! Kejar mimpimu dan raih cita-citamu.