Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Farmasi

Indonesia negeri yang pendidikannya sudah terlambat lebih dari 100 tahun, mempunyai bayak pulau yang banyak pula budayanya. Dalam kegiatan sehari – hari masyarakat sendiri sudah memulai hidup sehat sedari dulu. Indonesia juga merupakan negeri yang mempunyai banyak hutan yang menakjubkan, bahkan Indonesia dijuluki paru – paru dunia. Untuk kebersihan, Indonesia memang masih bahaya sampah plastik. Akan tetapi Indonesia juga memulai untuk mengurangi sampah plastik dengan menggunakan barang yang berbahan berulang kali pakai, contoh pipet alumunium. Jadi, untuk pendidikan kebersihan serta kesehatan salah satunya yaitu pendidikan di bidang farmasi. Bidang yang mempelajari kesehatan, kedisiplinan, serta kebersihan lingkungan hidup.

Farmasi memang lebih cocok untuk wanita, atau bisa dibilang jurusan SMK yang bagus untuk wanita. Sebenarnya jurusan farmasi bukan hanya ada di SMK, ada yang di perguruan tinggi maupun universitas.  Mengapa wanita lebih cocok untuk jurusan ini? Itu karena wanita memiliki intensitas pemikiran kesehatan diri relative lebih tinggi daripada pria. Tapi itu tidak menutup jika pria mempelajari ataupun mengikuti pendidikan farmasi. Jadi, apa itu jurusan farmasi itu? jurusan farmasi merupakan jurusan yang mempelajari mengenai hal yang berhubungan dengan obat-obatan. Mulai dari bagaimana obat bisa menyembuhkan? Bagaimana proses pengobatan? Bagaimana jalannya proses kimia pada obat-obatan? Bahkan sampai membuat obat herbal secara manual.

Jadi, apa saja kelebihan dan kekurangan jurusan farmasi? yaitu :

Kelebihan

  1. Masa depan terjamin

Mengapa demikian? Itu karena prospek kerja dari lulusan farmasi ini sering dicari. Maka dari itu masa depan untuk lulusan lebih terjamin.

  1. Gaji relative lebih tinggi

Prospek kerja farmasi sudah terjamin. Lalu tempat dari kerja lulusan farmasi biasanya mempunyai gaji yang relative lebih tinggi.

  1. Dipandang Memiliki etos kerja yang tinggi

Paradigma masyarakat tentang jurusan farmasi banyak menuai sisi positif. Ini menjadikan diri kita lebih termotivasi untuk menjalani kehidupan.

  1. Pendidikan Kesehatan

Hal yang merupakan kelebihan juga terdapat akan kesehatan tubuh yang terjamin. Karena lulusan farmasi mengetahui penyakit yang bisa menyerang tubuh dan cara mencegah penyakit tersebut.

Kekurangan

  1. Pendidikan yang cukup lama

Untuk jurusan farmasi pada perguruan tinggi atau sekolah tinggi, pelajaran yang diberikan relative memberikan waktu yang lama untuk pelajarannya. Mengapa demikian? Karena banyak hal yang dipelajari mengenai obat-obatan. Itulah yang membuat jurusan farmasi lebih lama memakan waktu.

  1. Menyiapkan tenaga untuk Lembur

Mengapa demikian? Karena pekerjaan seorang lulusan farmasi bisa memakan waktu hingga 24 jam, karena banyak yang membutuhkan obat pada jam yang tidak tertentu. Maka lembur menjadi hal yang tidak dapat dipungkiri.

  1. Menerima Banyak Tekanan

Hal yang sering membuat kita pusing ataupun stress yaitu adalah tekanan. Tekanan ini menjamah pada mental ataupun fisik seseorang. Dalam segi mental, tekanan dapat membuat stress yang berlebihan. Untuk segi fisik, tekanan dapat membuat tubuh lemas karena kebanyakan pikiran.  Tekanan ini bisa berasal dari keluarga ataupun lingkungan sekitar. Untuk keluarga biasanya tekanan bisa berupa pemikiran yang terbayang bagaimana jika lulus tidak bisa mendapatkan pekerjaan atau tidak berhasil di bidangnya.

  1. Biaya Pendidikan Relatif Mahal

Untuk jurusan ini, anda harus mempunyai biaya yang cukup. Karena banyak sekali pengeluaran untuk jurusan farmasi, mulai dari biaya sekolah, fasilitas belajar, hingga sistem pembelajaran.

Jika lingkungan kita bersih, maka banyak hal baik yang akan mendampingi kita juga. Kebersihan merupakan pangkal dari kesehatan. Pendidikan farmasi bisa jadi salah satu tempat belajar kebersihan yang tepat. Memang kebersihan tidak harus selalu berada ada jurusan farmasi. Karena kebersihan bersifat umum untuk seluruh pelajaran, pendidikan serta kedisiplinan.(Bintang)