Kayu yang Digunakan untuk Furniture Jepara dan Spesifikasinya

Memilih furniture yang bagus untuk rumah merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Karena tidak hanya menyangkut penampilan rumah saja, tapi juga terkait dengan kenyamanan pemilik rumah. Salah satu furniture yang tidak hanya memberikan kesan mewah, tapi juga memberikan kenyamanan adalah furniture Jepara.

Furniture yang satu ini memang sudah sangat terkenal dikalangan masyarakat, hanya saja tidak banyak yang tahu jenis kayu apa yang digunakannya. Oleh karena itu pembahasan kali ini akan seputar kayu yang digunakan pada furniture ini.

Spesifikasi Kayu Jati Jepara

Pembahasan kali ini terkait dengan kayu yang menjadi penentu utama dari kualitas mebel Jepara ini. Kayu yang digunakan adalah kayu jati, dan untuk fakta baru harga kayu jati itu berdasarkan 3 hal utama, yakni ukuran diameternya, panjangnya dan daerah asal tumbuh.

Di Indonesia sendiri ada beberapa daerah yang merupakan penghasil kayu bagus diantaranya adalah blora, cepu, pacitan, gunung kidul, soppeng sulawesi dan masih banyak lain. Biasanya kayu jati itu dibedakan juga dari kayu perhutani, dan juga kayu yang dikembangkan oleh rakyat. Kedua kayu ini memiliki keunggulannya masing-masing.

Hanya saja kayu ini lebih baik yang berjenis kayu perhutani. Hal ini dikarenakan kayu jati perhutani di pelihara dengan baik sehingga menghasilkan kayu yang seratnya padat, lurus dan mata kayu nya sedikit. Kami hanya memakai kayu TPK untuk grade A, jadi jangan heran jika harganya hampir 2x Lipat dari Grade C.

Ukuran yang Dimiliki

Untuk ukurannya sendiri, kayu yang satu ini memiliki banyak sekali ukuran. Dari mulai diameter kecil yakni 15cm sampai 40cm. Tentu saja ukuran-ukuran ini memberikan pengaruh terhadap harga dari kayunya. Hal ini dikarenakan ukuran kayu jati dibedakan untuk penggunaan yang berbeda, tidak semuanya bisa digunakan.

Selain itu ukuran ini juga mempengaruhi berapa biaya yang dibutuhkan untuk melakukan pengecatan dan juga finishingnya. Jadi tidak heran jika ukuran juga memberikan pengaruh terhadap harga yang ditawarkan.

Jadi itulah tadi spesifikasi kayu yang digunakan untuk furniture Jepara dan juga ukuran yang dimilikinya. Sehingga jangan bingung lagi kenapa furniture ini memiliki harga yang lumayan, sebab memang kualitas yang dimiliki oleh kayunya tidak main-main.