Jun

03

Pengertian dan Kriteria Backlink Bagus Bagi Pemula

Posted by : ai | On : 3 June 2017

Seringkali kita mendengar istilah “backlink” dalam dunia internet marketing. Lalu, apa sih pengertian backlink bagi pemula di dunia website?

Backlink bisa diibaratkan sebagai rekomendasi dari suatu website ke website lainnya. Backlink akan berpengaruh terhadap nilai SEO (Search Engine Optimization) pada suatu website. Memang tidak ada patokan yang jelas berapa kekuatan backlink terhadap nilali SEO. Namun demikian, para penggiat SEO sangat yakin bahwa backlink yang bagus akan mendongkrak posisi SERP (Search Engine Result Position).

Bentuk backlink adalah berupa tautan atau link atau hyperlink dari website asal. Tautan ini diarahkan ke website yang direkomendasikan.

Kriteria Backlink Bagus

Tidak semua backlink akan memberikan nilai yang tinggi ke suatu website. Bahkan, backlink dengan tipe Spam backlink bisa merontokkan posisi SERP suatu website.

Nah, berikut ini beberapa kriteria backlink yang bagus:

  1. Bersumber dari authority website
    Authority website adalah situs web yang sudah mendapat kepercayaan di mata mesin pencari (eg. Google, Yahoo, Bing). Contoh dari authority website ini antara lain: Detik.com, Kapanlagi.com, Kompas.com, ugm.ac.id, ub.ac.id. Mudahnya, authority website bisa diartikan sebagai website besar yang terpercaya.
    Adapun ciri-ciri dari authority website antara lain (bisa tunggal atau gabungan ciri ini):

    1. Memiliki usia yang cukup tua
    2. Memiliki konten terindeks yang cukup banyak
    3. Memiliki banyak konten yang menempati posisi SERP yang bagus
    4. Terkadang domain berupa domain pendidikan (.edu, ac.id) atau pemerintah (.gov, .go.id)
    5. Memiliki pengunjung yang banyak
  2. Memiliki niche yang sama
    Niche bisa diartikan sebagai jenis atau tema pembahasan. Backlink dari website yang memiliki niche atau pembahasan yang sama, dipercaya memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan backlink dari website tidak se-niche.
    Misalnya jika website Anda berupa website pertanian, silakan cari backlink yang berasal dari website yang membahas masalah pertanian lainnya.
  3. Terletak di artikel
    Posisi penempatan backlink di website perekomendasi juga dipercaya mempengaruhi nilai suatu backlink. Backlink yang terletak di artikel atau content, dipercaya memiliki nilai yang bagus dan lebih natural dibandingkan di tempat lain.
  4. Bersifat natural
    Backlink yang terlihat natural di mata mesin pencari akan memberikan efek aman dari penalti oleh mesin pencari. Jika backlink yang diberikan sangat banyak dalam waktu singkat (siram backlink), akanĀ  memicu alarm dari mesin pencari dan bisa terindikasi spam. Oleh karena itu, bijaksanalah dalam memilih strategi backlink untuk website Anda.
  5. Keragaman anchor text
    Anchor text bisa diartikan sebagai teks di mana tautan diberikan. Dengan menggunakan anchor text yang beragam, akan membuat backlink lebih terlihat natural.
    Jenis anchor text ini ada yang berupa naked url, brand, keyword, atau lainnya. Jika ada kesempatan, kapan-kapan kita akan bahas jenis anchor text ini.

Adapun beberapa hal lain yang harus dipahami oleh pemula internet marketing mengenai backlink adalah:

Lokasi atau Tempat Backlink

Lokasi backlink dipercaya memiliki pengaruh yang berbeda terhadap nilai SEO. Kita akan bahas nanti ya.

Jenis dan Persentase Anchor Text yang Bagus

Kita akan bahas nanti juga (nunggu ada waktu, hehe)

Jasa Backlink yang Bagus dan Terpercaya

Kita akan bahas lain kali juga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*