Media Akses Kontrol sering disebut sebagai lapisan dari sub-layer OSI data Link Layer. Pada setiap adaptor card jaringan terdapat satu cip computer yang menangani komunikasi dengan media fisik (kabel tembaga, kabel serat optic atau udara) dengan mengendalikan sinyal komunikasi (listrik, cahaya atau frekuensi radio) melalui media listrik. Dalam bahasa inggrisnya , the computer chips thet control the electricity transmittied and received on a copper wire are MAC-related hardware , maksudnya Cip computer yang dapat mengontrol listrik kemudian ditansmisikan dan diterima pada kawat tembaga MAC yang terhubung oleh Hardware.

Alamat MAC didalam Pemberian alamat nomor unik untuk setiap card jaringan IP ,biasanya sebuah alamat MAC panjangnya adalah 48bit dengan penulisan sebagai urutan 12 digit heksadesimal sebagai seperti : 0000. 0C12. B1CF, 001F28-12B1CF atau 48-3F-0A-91-00-SM . Alamat MAC ini haruslah unik dangan uniknya alamat dapat mengidentifikasi spesifik jaringan perangkat dan alamat MAC pada LAN tertentu juga harus Unik (Jaringan perangkat computer tunggal dalam alamat IP). 6 heksadesimal pertama mengidentifikasikan vendor dan enam digit heksadesimal terakhir mengidentifikasikan kartu jaringan interface tertentu.

Alamat MAC unik ditetapkan oleh produsen network adapter terkadang disebut alamat fisik , beberapa penyedia layanan Internet melacak alamat MAC dari router rumah untuk tujuan keamanan. Banyak router mendukung proses yang disibut cloning yang memungkinkan alamat MAC uantuk disimulasikan sehingga cocok satu penyedia layanan harapkan.

Duplicate MAC Addresses
Dengan adanya duplikat/penggandaan alamat MAC sehingga memperkecil Kesamaan alamat MAC didalam dua Komputer yang berakhir pada jaringan yang sama . Agar perangkat jaringan tetap dapat berkomunikasi , alamat MAC itu harus unik, jika dua perangkat yang memiliki alamat MAC sama baik computer dapat komunikasi dengan benar tetapi dalam Ethernet LAN, ini akan menyebabkan tingginya jumlah collisions. Duplikat alamat MAC pada LAN yang sama menyebabkan masalah tetapi dupilkat alamat MAC yang dipisahkan oleh satu atau lebih router tidak menjadi masalah karena kedua perangkat tidak akan melihat satu sama lain dan akan menggunakan router untuk berkomunikasi.
Bidang-Bidang dalam dalam jenis network Interface minimal memiliki:

- MAC CONTROL
MAC control berisi semua informasi yang digunakan untuk control alur pembentukan koneksi dan teardown serta pengendalian kesalahan. Tidak semua protocol menyediakan untuk pembernukan ) teardown, alur control dan error recovery. Materi isian ini tergantung pada standar yang ditentukan untuk data link protocol lapisan tertentu.

- DESTINATION MAC ADDR / SOURCE MAC ADDR
Destination MAC ADDR berisi alamat MAC dari mesin sumber- perangkat transmisi (karena beberapa computer dengan alamat MAC yang tidak disebut computer- cell phone mempunyai alamat MAC), dan tujuan perangkat adalah penerima. Tujuan MAC adalah lebih dekat ke’depan’ (sisi kiri dalam diagram) dari fame untuk pemindaian lebih mudah, terutama karena itu adalah tujuan alat yang penting adalah perangkat kita coba untuk mencapainya .
Ketika penerima merespon frame, ia akan menggunakan alamat sumber untuk menghasilkan bagian tujuan dari fame. Dangan kata lain sumber MAC di frame yang diterima menjadi tujuan AMC di frame ditransmisikan sebagai tanggapan.

- LLC PDU

Komunikasi jaringan seperti Ethernet atau FDDI atau TokenRing , mereka digambarkan sebagai fisik protocol link layer dan data tersebut, melakukan fungsi yang dikatakan physical dan data link layer protocol berfungsi seperti yang di jelaskan dalam OSI Model jaringan. Untuk Ethernet dana Token Ring lapisan Data link digambarkan sebagai yang dibagi menjadi 2 sub lapisan MAC (fungsi dan Almat MAC) dan logical lonk Pengendalian Sublayer LLC.

- CRC Checksum field
Field ini berisi checksum , sebuah cek CRC adalah formula matematika yang menggunakan data sebagai input dan menghasilkan hasil numeric yang hampir sama unik sebagai input data. Menggunakan CRC checksum adalah mungkin untuk memverifikasi integritas dari fame. Sebelum mengirim Fame, sumber computer menghitung checksum dan menempatkan nilai checksum dibidang ini.

Referensi:

http://www.inetdaemon.com/tutorials/networking/lan/ethernet/mac.shtml