Agdinal Brilliant Indra Kusuma

105100313111004

TIP – BIOINDUSTRI

Dosen – Nimas Mayang Sabrina S,TP , M.P

Kecap

Kecap adalah bumbu dapur atau penyedap makanan yang berupa cairan berwarna hitam yang rasanya manis atau asin. Bahan dasar pembuatan kecap umumnya adalah kedelai atau kedelai hitam. Namun ada pula kecap yang dibuat dari bahan dasar air kelapa yang umumnya berasa asin. Kecap manis biasanya kental dan terbuat dari kedelai, sementara kecap asin lebih cair dan terbuat dari kedelai dengan komposisi garam yang lebih banyak, atau bahkan ikan laut. Selain berbahan dasar kedelai atau kedelai hitam bahkan air kelapa, kecap juga dapat dibuat dari ampas padat dari pembuatan tahu. Kecap dibuat dengan proses fermentasi dari kapang Aspergillus wentii.

Kecap merupakan salah satu bumbu tradisional di Indonesia. Kecap digunakan sebagai bumbu wajib bagi masyarakat Indonesia. Oleh karena itu usaha dengan berbasis produk kecap sangat banyak di Indonesia. Dengan prospek pasar yang luas, pasar dari kecap juga di rambah oleh usaha (perusahaan) dari luar negeri.

Beberapa perusahaan yang memproduksi kecal adalah PT. Unilever, PT. Heinz, PT. Indofood, PT. Wings Food dan beberapa perusahaan kecil di daerah (Kecap Sawi, Kecap Onta. Untuk lebih lengkapnya akan saya bahas dan kupas satu per satu. Dimulai dari :

     

1.  PT. Unilever

PT. Unilever sebagai perusahaan multi nasional dengan berbagai merek dagang produk terkenal di Indonesia juga mempunyai produk kecap. Yakni kecap Bango. Dengan tag line “Karna Rasa Ga Bisa Bohong” , kecap Bango telah mempunyai pelanggan dari seluruh penjuru Indonesia. Dengan kata lain skala usaha kecap Bango telah mencapai skala Nasional. Dan yang paling baru PT. Unilever mengeluarkan produk kecap Bango Gold dengan harapan lebih tinggi dari kecap Bango yang telah sukses.

2. PT. Heinz

PT. Heinz mempunyai produk kecap ABC yang telah lama berkembang di pasar kecap Indonesia. PT. Heinz merupakan perusahaan multinasional yang berkonsentrasi di bidang makanan. Untuk skala usahanya juga telah berkembang hingga pelosok Indonesia, dengan kata lain produknya sudah mencapai skala Nasional. Untuk produk kecap ABC ada beberapa varians, yakni kecap manis dan kecap asin.

3. PT. Indofood

PT. Indofood tidak mau kalah dalam bersaing dengan beberapa perusahaan multinasional diatas. PT Indofood merupakan perusahaan nasional yang mempunyai produk kecap Cap Piring Lombok. Merek dagang ini sempat menguasai pasar kecap pada akhir 1990an. Hingga saat ini skala usaha nya telah mencapai tahap ekspor. Kecap cap Piring Lombok telah mencapai pasar ASEAN (Malaysia, Brunai dan Filipina). Kecap Piring Lombok mempunyai banyak varian rasa, Pedas, Manis dan Asin.

4. PT. Wings Food

PT. Wings Food mengeluarkan produk kecap dengan merek dagang Kecap Sedaap. Kecap Sedaap sudah mempunyai skala pasar Nasional. Untuk varians rasanya masih sekedar kecap manis saja.

5. Beberapa perusahaan kecil daerah

Di beberapa daerah kecil di Indonesia juga terdapat produk kecap lokal. Salah satunya Kecap Sawi dari Kediri dan Kecap Onta dari Banten. Kedua kecap ini menggambarkan mulai maraknya kecap lokal di daerah-daerah di Indonesia. Kecap ini mempunyai taarget pasar lokal dan regional (provinsi) saja. Jadi rasanya juga terbatas pada kecap manis.

Sumber :

-          www.wikipedia.co.id/kecap

-          www.heinz.com

-          www.wingsfood.com

-          www.indofood.com

-          www.unilever.com