Si Hitam Menguras Dompet

Setelah sekian lama menabung dan menahan pengeluaran, akhirnya saya dapat menebus gitar pengganti Ibanez GAX 010 LTD yang dilego ke teman pada tahun lalu, sebuah gitar Epiphone SG Special berwarna Ebony (hitam) yang dibeli di Wisma Melodia Surabaya. Berhubung pengeluaran untuk transportasi pembelian dialihkan untuk menambah dana, pembelian gitar ini saya titipkan lewat adik saya yang tengah berlibur di Surabaya. Awalnya target saya hanya sekedar gitar Squier Affinity atau Sterling SUB Silo 3, sayang sekali stoknya  saat itu tengah kosong. Target direvisi dan dipilihlah Epiphone SG Special Ebony meskipun harus menambah biaya dan membuat saya berhutang ke adik.

Gitar tanduk setannya Angus Young AC/DC

Gitar tanduk setannya Angus Young AC/DC

Gitar ini baru saya ulik sound-nya paska kepulangan dari Bandung seminggu setelah lebaran karena padatnya aktivitas. Dengan setting-an standar, gitar ini mampu menghasilkan suara seperti gitar-gitar mid-end yang menggunakan dua humbucker pickup bawaan pabrik. Pembeda gitar ini dengan gitar lain yang paling terlihat adalah fitur “KillPot” yang bekerja dengan memutus sinyal output dari gitar ke sound sehingga terdengar efek putus-putus  ketika dimainkan. Selebihnya dengan kualitas suara sedemikian rupa, penggunaan floor unit seperti pedal efek dan multiefek mutlak diperlukan untuk menghasilkan suara yang lebih bervariasi. Pada foto di bawah ini saya menggunakan pedal efek Boss Super Overdrive yang saya beli di Toko Nada Bandung dan dirangkai ke desktop ampli Ibanez DAG-1 dengan menggunakan kabel jumper PlanetWaves.

Desktop ampli Ibanez dan pedal efek Boss Super Overdrive

Desktop ampli Ibanez dan pedal efek Boss Super Overdrive

Knob yang lebih sedikit dan sederhana

Knob yang lebih sedikit dan sederhana

Mengingat kualitas sound yang didapat masih sederhana dengan menggunakan pedal efek jenis overdrive, kedepannya saya berencana untuk menambah beberapa pedal efek lain seperti wah pedal, octave shifter dan tuner seperti polytune2. Sembari pelan-pelan menyicil untuk melengkapi aksesoris lain seperti strap gitar  dan hardcase. Cukup membingungkan juga ketika dihadapkan dengan beragam perlengkapan gitar yang unik dan harga yang bervariasi. Sama saja seperti wanita yang kebingungan ketika harus menambah koleksi make-upnya. Hehehe…     

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*